LANDASAN PSIKOLOGIS DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN- KURIKULUM PENDIDIKAN

Authors

  • Lesca Kamalatul Isy UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1110-8901
  • Ahmad Syukrillah UIN Syarif Hiadayatullah Jakarta, Indonesia
  • Abd Rozak UIN Syarif Hiadayatullah Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Zuhdi UIN Syarif Hiadayatullah Jakarta, Indonesia
  • Agung Setiawan FITK Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i02.3565

Keywords:

Psikologi, Manajemen, Kurikulum,

Abstract

Perubahan perilaku peserta didik dipengaruhi oleh faktor kematangan dan faktor dari luar program pendidikan atau lingkungan. kurikulum diharapkan dapat menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan potensial menjadi kemampuan aktual peserta didik serta kemampuan-kemampuan baru yang dimiliki dalam waktu yang relatif lama. Pengembangan kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi yang berasal dari psikologi yang meliputi kajian tentang apa dan bagaimana perkembangan peserta didik, serta bagaimana peserta didik belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi pustaka atau library research. . Landasan psikologi dalam pengembangan manajemen kurikulum dilandasi pada dua teori, teori perkembangan dan teori pembelajaran. Teori perkembangan ada tiga fase, pertama fase prasekolah umur 0-6 tahun, fase sekolah dasar umur 6-12 tahun, fase sekolah menengah umur 12-18 tahun. Ada beberapa teori pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan kurikumum, teori behaviorisme perkembangan anak ditentukan oleh faktor-faktor yang berasal dari lingkungan, teori gestalt titik fokus teori ini adalah pada siswa, dan siswa dianggap memiliki sebuah pengetahuan yang perlu dikembangkan, teori kognitifisme menganggap bahwa cara belajar orang dewasa berbeda dengan dengan cara belajar anak, dimana cara belajar orang dewasa, teori konstruktivistik belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Dalam mengembangan kurikulum harus memperhatidan perkembangan dan pembelajaran seperti apa yang akan diimplementasikan. 

Author Biography

Lesca Kamalatul Isy, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional, Terjemah, Hariono S. Imam. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, 1997.

Hidayat, Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013.

Hude, M. Darwis. Emosi Penjelajahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Manusia Di dalam

Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga, 2006.

Idi, Abdul. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2011

Jalaludin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, danEtika. Yogyakarta: Tiara

Wacana, 2006.

Nasution, S Nasution. Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Ruhimat, Toto dkk. Kurikulm & Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Depok, 2017.

Rusman, Manajemen Kurikulum. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktik). Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya, 2015.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Published

2023-07-27

How to Cite

Isy, L. K., Syukrillah, A., Rozak, A., Zuhdi, M., & Setiawan, A. (2023). LANDASAN PSIKOLOGIS DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN- KURIKULUM PENDIDIKAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/im.v6i02.3565

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.