Paradigma Realis Dalam Penafsiran Hassan Hanafi

Authors

  • Amir Faishol Fath Sekolah Tinggi Agama Islam Dirosat Islamiyah Al-Hikmah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v7i01.2338

Keywords:

Methodology, Realist Interpretation, Thought, Hassan Hanafi

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang metodologi tafsir realis, tematis, temporal, transformatif, eksperimental yang dilakukan Hassan Hanafi. Metodologi tafsir yang ditawarkannya menunjukkan pembaruan pemikirannya yang mengarah kepada legitimasi proyek pembaruannya yang bercorak kiri. Ia menolak pretensi objektivistik sebagaimana lazim dalam hermeneutik al-Quran modern dan ia menegaskan subjektivitas dan kepentingan (ideologis) yang menjadi tujuan penafsirannya. Temuan dalam artikel ini adalah bahwa Hassan Hanafi membalik paradigma tekstualis hermeneutika klasik menjadi paradigma realis dan ia juga memiliki orientasi ilmiah objektif hermeneutik al-Quran modern yang dikembalikan kepada orientasi subjektif sebagaimana dalam hermeneutik klasik. Ini yang membuat kepentingan ideologisnya membuat pemikiran hermeneutikanya menjadi kontradiksi.

References

Abu Zaid, M. Nașr. Nayd Al-Khitab Ad-Dini. Kairo: Sina li Nashr, 1992.

Arkoun, M. Berbagai Pembacaan Al-Quran. Translated by Machasin. Jakarta: INIS, 1997.

Assaukani, Lutfi. “Ulumul Quran Edisi Khusus.†Hearing. 1994.

Aziz, Abd. “Al-Qur’an Dan Sastra: Antara Etika, Estetika, Dan Profetika.†Al-Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an 20, no. 1 (2020): 147–63. https://doi.org/https://doi.org/10.53828/alburhan.v20i1.159.

———. “Refresentasi Semiotika Al-Quran.†Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 5, no. 01 (2021): 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/mumtaz.v5i01.173.

Aziz, Abd, and Yuan Martina Dinata. “Bahasa Arab Modern Dan Kontemporer; Kontinuitas Dan Perubahan.†Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 3, no. 2 (October 21, 2019): 152–68. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.38.

Dzahabi, M. Husein. Al-Tafsir Wa Al-Mufassirun. Vol. 1. 1.1p: Tp, 1979.

Hanafi, Hassan. Al-Din Wa Ats-Tsaurah. Vol. VIII. Kairo: Maktabah Madlubi, 1981.

———. Dialog Agama Dan Revolusi. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1994.

———. Dirasat Falsafahiah. Kairo: Maktabah Anglo Misriyahı, 1988.

———. Islam in the Modern World: Tradition. Revolution and Culture. Vol. I. Kairo: Anglo, 1995.

———. Qadaya Mu’așirah Fi Fikrina Al-Ma’asir. Vol. II. Beirut: Dar al-Tanwir, 1983.

Harb, Ali. Naqd Al-Nas. Vol. II. Beirut: al-Markaz al-Thaqafi al-Arabi, 1995.

Jansen, J J G. Diskursus Tafsir Al-Quran Modern. Translated by Hairussalim and Syarif Hidayatullah. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997.

Kersten, C. “Democratisation and the Shari ’a: The Indonesian Experience.†The Shari’a: History, Ethics and Law, 2018. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=fbqKDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA173&dq=tafsir+realis+hassan+hanafi&ots=WZSIHC2xPq&sig=kgi0JRbHmV-YKBVfPkdJR515uGQ.

Muarif, A S, and M Yunus. “Tinjauan Teologi Islam Di Dunia:‘Isu Dan Prospek’ Frederick Mathewson Denny.†Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/462.

Muhaimin, H A. Transformasi Gerakan Radikalisme Agama. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=rTD3DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=tafsir+realis+hassan+hanafi&ots=g-t1Ik5Ucy&sig=2zU_wtU7p5NG9eN16TEDlT0Mbpk.

Muhtarom, A, S Fuad, and T Latif. Moderasi Beragama: Konsep, Nilai, Dan Strategi Pengembangannya Di Pesantren. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SdYeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tafsir+realis+hassan+hanafi&ots=4xcPz063Qs&sig=5t1BeW2DcrkKbjCjD9aZLJ9vZQA.

Rida, M. Rasyid. Tafsir Al-Manar. Vol. I. Kairo: t.p, 1961.

Shimogaki, Kazuo. Kiri Islam. Translated by M. Imam Aziz and M. Jadul Maula. Vol. III. Yogyakarta: LKiS, 1997.

Syafieh, S. “Islamic Renewal Project: Ḥassan Ḥanafī and Indonesian Intellectual Muslims.†Al-Lubb: Journal of Islamic Thought and Muslim …, 2020. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/lubb/article/view/8596.

Taufik, M. “KONTEKSTUALISASI TEOLOGI MODERN Kritik Hassan Hanafi Terhadap Teologi Tradisional.†Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 2020. http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/ref/article/view/2258.

Tika, R D. Reinterpretasi Hadis Tentang Muslim Yang Tinggal Di Negeri Non Muslim: Perspektif Teori Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. digilib.uinsby.ac.id, 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/48935.

Wahab, A J. Islam Radikal Dan Moderat Diskursus Dan Kontestasi Varian Islam Indonesia. books.google.com, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=69HGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tafsir+realis+hassan+hanafi&ots=pdL9P2NgjW&sig=c0zVU7DTEo-hZnSFa0vh3zjBSFA

Published

30-05-2022

How to Cite

Fath, A. F. (2022). Paradigma Realis Dalam Penafsiran Hassan Hanafi. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(01), 19–28. https://doi.org/10.30868/at.v7i01.2338

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.