PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMK M BENDA CICURUG KABUPATEN SUKABUMI TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Fisal Ibnu Suhan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.878

Keywords:

hasil belajar siswa, model pembelajaran problem based learning

Abstract

Skripsi ini dirumuskan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di kelas XII SMK M Benda Cicurug Sukabumi Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui analisis statistik berupa angka-angka yang diperoleh dari temuan di lapangan. Penelitian ini juga digolongkan sebagai penelitian korelasional. Teknik analisis data yang digunakan di antaranya yaitu korelasi product moment yang meliputi uji koefisien korelasi, uji taraf signifikansi, dan uji koefisien determinasi; dan analisis regresi yang meliputi uji analisis persamaan regresi, uji linearitas persamaan regresi, dan uji keberartian persamaan regresi. Dalam penelitian ini, diperoleh hasil penelitian yaitu: ada pengaruh yang positif (r hitung 0,842) dan signifikan (t hitung 6,621) antara penggunaan model pembelajaran problem based learning (X) terhadap hasil belajar siswa; dan terdapat persamaan regresi (Y= -28,72+1,27X) dengan koefisien arah regresi positif yang nyata dan regresinya linear. Nilai koefisien korelasi dan signifikansi tersebut semuanya lebih besar dari r tabel (0,444) maupun t tabel (2,101). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara variabel X dan variabel Y. Persamaan regresi yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar (variabel Y) jika model pembelajaran problem based learning (variabel X) ditingkatkan

References

Maya, R. (2017). Pemikiran Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Nelidar. (2016). Model Pembelajaran Make A Match dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 200 Jakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Sutjipto. (2014). Pendidikan Budi Pekerti dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 02(14).

Sumber dari Buku

Amir, M.T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asy-Syalhub, F.b.A.A. (2015). Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah. Jakarta: PT Darul Haq.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodeis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imron, I. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Model of Teaching: Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchsin. B. S. M., & Wahid, A. (2010). Pendidikan Islam Humanistik: Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak. Bandung: PT Refika Adimata.

Ramayulis (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Predana Media Group.

Usman, H. & Akbar, P. S. (2015). Pengantar Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

https://www.slideshare.net/rizka_safa/regresi12

https://news.detik.com/dw/d-4811907/ peringkat-6-terbawah-indonesia-diminta-tinggalkan-sistem-pendidikan-feodalistik

https://fin.co.id/2019/12/04/kemampuan-siswa-indonesia-masih-di-bawah-rata-rata

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Suhan, F. I., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMK M BENDA CICURUG KABUPATEN SUKABUMI TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 127–141. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.878

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>