UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII SMP YAPSA GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Hari Prasetyo Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1002

Keywords:

Al-Qur’an, strategi guru, BTQ, metode Imla.

Abstract

Mempelajari baca tulis Al-Qur’an sangat urgen bagi umat muslim maka perlu adanya upaya guru BTQ dalam mengatasi kesulitan di dalamnya salah satunya yang ada di SMP Yayasan Pendidikan Islam Assa’adah (YAPSA). Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru antara lain: memilih metode yang tepat, motivasi, semangat, membuat kelompok belajar, dan memberikan tugas; (2) Faktor pendukung antara lain: fasilitas sekolah yang memadai, media belajar, guru yang aktif, dan dukungan keluarga ketika belajar BTQ di rumah; (3) Faktor penghambat  antara lain: siswa mempunyai beragam kemampuan dalam BTQ, media pembelajaran yang kurang bervariasi, dan siswa yang kurang percaya diri; dan kurang motivasi belajar dari keluarga (4) Solusi yang dilakukan antara lain: membuat kelompok belajar, menggunakan media pembelajaran lain, memberikan motivasi kepada siswa, dan keluarga yang membimbing siswa belajar di rumah.

References

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan , dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi–Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibnu Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12).

Tajudin, A., Sarbini, M. dan Maulida, A. (2020). Peran Guru Tahfizh Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V SDIT Al Hikmah Depok Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Sumber dari Buku

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia.

Ghani, A. Amin Abdul. (2020). Panduan Lengkap Belajar Imla dan Menulis Arab Otodidak. Jakarta: PT. Rene Turos Indonesia.

Ghony, M. Djunaidi dan Almanshur, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumber dari Internet

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kesulitan, diakses pada hari Kamis 27 Februari 2020 pukul 16:49. WIB.

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam nusantara/18/01/17/p2oodi396-65-persen-masyarakat-indonesia-buta-huruf-alquran, diakses pada hari Selasa 18 Februari 2020 pukul 17:31 WIB.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Prasetyo, H., Maya, R., & Maulida, A. (2020). UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII SMP YAPSA GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 61–69. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1002

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7