IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH GUNUNGSINDUR KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Zainul Mutaqin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1024

Keywords:

pendidikan, pembelajaran, akhlak, pembentukan, karakter religius

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menangani masalah dekadensi moral bangsa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai implementasi pendidikan akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa Kelas VIII di MTs Al Falah Gunungsindur Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta analisis data menggunakan metode deskriptif interpretatif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, proses implementasi pendidikan akhlak di MTs Al Falah Gunungsindur Bogor yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pembinaan akhlak dan pembentukan karater Islami siswa. Kedua, faktor-faktor pendukung dalam implementasi pendidikan akhlak antara lain: peraturan yang baik dan tegas, sanksi yang tegas terhadap siswa yang melanggar, fasilitas sekolah yang memadai, tenaga pengajar yang kompeten, dan lingkungan sekolah yang baik. Ketiga, faktor-faktor penghambat dalam implementasi pendidikan akhlak antara lain: kehidupan siswa di luar sekolah yang tidak terkontrol, lingkungan sekolah dekat dengan wilayah perkotaan, adanya siswa dari keluarga bermasalah (broken home), dan adanya siswa yang menyalahgunakan alat komunikasi di kelas. Keempat, solusi atas faktor-faktor penghambat antara lain: pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua siswa dalam memantau anak-anaknya ketika di luar sekolah, mengerahkan pihak keamanan untuk melakukan pengawasan di lingkungan sekitar sekolah, memaksimalkan peran guru BK (Bimbingan dan Konseling) terhadap siswa dari keluarga bermasalah, dan melakukan pemeriksaan (razia) secara rutin terhadap barang bawaan siswa.

References

Bafadhol, I. (2015). Sanksi dan Penghargaan dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(08).

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(02).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab), Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Maya, R., dan Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Yusuf, U. Andi. (2017). Manajemen Pendidikan Akhlak Menurut ‘AbdullÄh NÄshih ‘UlwÄn (Studi Kitab Tarbiyah Al-AulÄd FÄ« Al-IslÄm). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Muflihaini. (2017). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Sholichah, A. Siti. (2018). Teori-teori Pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(01).

Sumber dari Buku

Ilyas, Y. (2012). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.

Majid, A., dan Andayani, D. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah

Depdiknas. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia.

Mujib, A., dan Mudzakkir, J. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Mustofa, A. (2014). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rahmat, M. (2016). Filsafat Akhlak: Mengkaji Ontologi Akhlak Mulia dengan Epistimologi Qurani. Bandung: Celtics Press.

Tim Penyusun Mushaf Al-Kamil. (2015). Mushaf Al Kamil: Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: CV Darus Sunnah.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Mutaqin, Z., Maya, R., & Maulida, A. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH GUNUNGSINDUR KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 132–142. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1024

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>