STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQ LIL BANIN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI TINGKAT WUSTHO DI MADRASAH DINIYAH JAUHAR AWWAL CIJERUK KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Suratman Suratman Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Moch. Yasyakur Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1605

Abstract

Dalam proses pembentukan akhlak perlu dukungan dan kerja sama dengan lembaga pendidikan di luar sekolah, di antaranya melalui pendidikan pondok pesantren. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai strategi pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin dalam Pembinaan Akhlak Santri Tingkat Wustho di Madrasah Diniyah Jauhar Awwal Cijeruk Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta analisis data menggunakan metode deskriptif interpretatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran yang digunakan dalam pembinaan akhlaq yakni: a) praktek langsung; b) metode ceramah; c) melogat; d) memberikan ujian lisan; dan e) pembiasaan. 2) Faktor pendukung dalam proses pembelajaran adalah media belajar yang memadai, lingkungan madrasah yang nyaman, dorongan dari orang tua santri, dorongan dari masyarakat sekitar Desa Sukaharja. 3) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran kitab Akhlak lil Banin di antaranya adalah kurangnya sosialisasi peraturan madrasah, adanya santri yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan, adanya santri yang suka membangkang, dan belum adanya pagar pembatas madrasah. 4) Solusi dari hambatan dalam proses pembelajaran ialah: pihak madrasah memberikan penjelasan kepada orang tua santri mengenai tujuan dari penerapan aturan di pondok, melakukan pemeriksaan rutin dua kali dalam sebulan terhadap catatan santri, melakukan kerjasama antara guru pengajar dengan santri yang sudah dewasa dalam menegur dan menasehati santri tersebut, dan melakukan pemantauan oleh santri senior dan juga bekerja sama dengan masyarakat untuk menegur apabila ada santri yang bertindak kurang sopan.

References

Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Persona Dasar, 01(04).

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(02).

Rizal Mz, S. (2018). Akhlak Islam Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(01).

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Yusuf, U. A. (2017). Manajemen Pendidikan Akhlak Menurut ‘AbdullÄh NÄshih ‘UlwÄn (Studi Kitab Tarbiyah Al-AulÄd FÄ« Al-IslÄm). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Dari Buku

A.R., Zahruddin,. (2014). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdur Rahman, Jamaal. (2015). Tahapan Mendidik Anak. Bandung : Irsyad Baitus Salam.

Ahmadi, A. dan Joko T. P. (2013). Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ardani, M. (2015). Akhlak Tasawuf. Bandung: PT Mitra Cahaya Utama.

Baraja, U. A. (2012). Kitab Al-AkhlÄq lil BanÄ«n Jilid I, terj. Abu Musthafa. Surabaya: Yayasan Perguruan Islam.

Baraja, U. A. (2012). Kitab Al-AkhlÄq lil BanÄ«n Jilid II, terj. Abu Musthafa. Surabaya: Yayasan Perguruan Islam.

Baraja, U. A. (2012). Kitab Al-AkhlÄq lil BanÄ«n Jilid III, terj. Abu Musthafa. Surabaya: Yayasan Perguruan Islam.

Baraja, U. A. (2012). Kitab Al-AkhlÄq lil BanÄ«n Jilid IV, terj. Abu Musthafa. Surabaya: Yayasan Perguruan Islam.

Depag RI. (2013). Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Depag RI. h. 30.

Fathurrohman, P. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Adimata.

Muhammad bin Ibrahim Al-Hamad. (2017). Akhlak-akhlak Buruk, Fenomena Sebab-Sebab Terjadinya & Cara Pengobatannya. Bogor, Pustaka Darul Ilmi.

Poerbakawatja, S. (2016). Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. h. 9.

Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sunyoto, A. (2012). Atlas Walisongo: Buku Pertama yang Mengungkap Wali Songo sebagai Fakta Sejarah. Depok: Pustaka Iman.

Turmudi, E. (2014). Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. Yogyakarta: Pelangi Aksara.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Suratman, S., Maulida, A., & Yasyakur, M. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQ LIL BANIN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI TINGKAT WUSTHO DI MADRASAH DINIYAH JAUHAR AWWAL CIJERUK KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1605

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>