UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAIT RAUDHATUL ULUM CIGUDEG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Muhamad Chandra Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1007

Keywords:

ikhtiar, mentor tilawah, mhfudz Al-Qur’an.

Abstract

Al-Qur’an ialah petunjuk bagi umat ini. Semakin tinggi intensitas interaksi bersama Al-Qur’an, berbagai kemuliaan bisa diraih bagi siapa yang dekat dengannya. Di era modern ini masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya petunjuk hidup yaitu Al-Qur’an. Banyak lembaga pendidikan mulai menggalakkan berbagai program berkaitan dalam mempelajari petunjuk itu di antaranya Tahfidz. Salah satu lembaga yang antusias tinggi dalam melaksanakan program Tahfidz adalah Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Raudhatul Ulum yang berlokasi di Kampung Cijeuray RT 03/RW 14 Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan adalah (1) Agar mengetahui upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum. (2) Agar mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghalang upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum. Dan (4) Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghalang upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum Cigudeg Bogor. Merupakan jenis kualitatif. Dengan teknik analisis deskriptif interpretatif yang mana pengumpulan data melalui cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum yaitu memberikan motivasi, membuat target hafalan, program tasmi’, mengadakan dauroh Al-Qur’an, dan melakukan pengawasan. (2) Faktor pendukung upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum yaitu pembimbing menguasai ilmu tajwid dan memiliki hafalan, pembimbing yang menjiwai peran, dan adanya media pendukung. (3) Faktor penghalangnya yaitu kurang terevaluasi, kurangnya pembimbing, malas, dan belum baiknya bacaan. Dan (4) solusi untuk mengatasi faktor penghalang upaya guru Tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum yaitu melakukan evaluasi, melakukan rekrutmen guru Tahfidz yang lebih banyak, memberikan motivasi, dan memperbaiki bacaan.

References

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. 4(01).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 03(02).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah As-Syafi’i. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Wahidin, A. (2017). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 4(07).

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islam: Junal Pendidikan Islam. 5(09).

Wijaya, T. Hardi, Maya, R & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an siswa Kelas XI SMA Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Sumber dari Buku

Abdul Aziz, A. (2013). Hafal Al-Qur’an dalam Hitungan Hari. Bogor: CV Hilal Media Group.

Al-Qaththan, M. (2015). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Utsaimin, M. bin Shaleh. (2010). Ulasan Tuntas Tentang Pokok. Jakarta: Darul Haq.

Asmani, J Ma’mur. (2013). Tips menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayat, A. (2018). Muslim zaman now. Bekasi: Institut Quantum Akhyar.

Lexy J. Moleong.(2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Qosim, A. (2012). Hafal Al-Qur’an dalam sebulan. Madiun: Qiblat Press.

Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Chandra, M., Maya, R., & Priyatna, M. (2020). UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAIT RAUDHATUL ULUM CIGUDEG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 101–109. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1007

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>