PELAKSANAAN PEMBELAJARAN METODE LURING PADA MASA PANDEMI DI MI MUHAMMADIYAH CARUBAN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i02.3914Keywords:
Daring atau E-Learning, Metode LuringAbstract
Dalam penilitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran metode luring pada masa pandemi di MI Muhammadiyah Caruban Kendal. Sudah 2 tahun lebih pendidikan di Indonesia ini mengalami kemudurkan yang disebabkan oleh wabah Covid-19 yang datang dari negeri Cina ini. Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa mengubah sistem pembelajaran yang awal mulanya dilaksanakan secara luring kini disebut belajar daring atau E-Learing. Namun adapun faktor-faktor kendala yang sering terjadi pada saat pembelajaran daring yaitu belum terbiasanya anak menggunakan handphone, berkurangnya anak dalam memahami materi yang diajarkanya. Metode pelaksanaan dalam kegiatan program kreatif mahasiswa ini adalah dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pendekatan ini adalah sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Jenis penelitian ini menampilkan hasil data apa adanya tanpa proses manipulasi/perlakuan lain. Pendekatan deskriptif-kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanakan pembelajaran dengan metode luring di MI Muhammadiyah Caruban Kendal dianggap lebih efektif dan efisien dalam menggali data secara dalam.
References
Agus, Manaji. 2013. Jurnal Ilmiah Guru: Pemanfaatan Film An Inconvenient Truth Dalam Pembelajaran IPA DI SMK. SMKN 3 Yogyakarta, Volume (02), November.
Agusmanto, Hutauru, Ropinus. Sidabutur. 2020. Journal Of Mathematics Education And Applied: Kendala Pembelajaran Daring Selama Massa Pendemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas hkbp Nommensenpematang Siantar. Pematang. Volume (02). No(01).
Cholifah Tur, Ida Sulisty, Achmad Fanani Dan Pana Pramulia. 2021. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya. Volume.2 No 3.
Indra. Joni, Syahril. Ramadhan, Rundi, Ayu. P, Parlindungan. S. 2020. Jurnal Pendidikan Guru: Respon Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Pada Masa Pendemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Sultan. Riau. Volume 5 No (01).
Jone. Gresia Akolo, Meike Elsa. Toisuta. 2020. Jurnal Pendidikan Agama Kristen: Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaan Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Dimasa Pendemi Covid 19. LAKN Ambon. Ambon. Volume VI. No 02.
Mirzon. Daheri, Juliana, Deriwanto, Ahmad, Dibul Amda. 2020. Jurnal Basicedu: Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Bengkulu. Volume 4 No (04).
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian,1(3).
Patria, L., dan Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT. 2011. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2305
Putri Natalia Harefa. 2021. Wajah pendidikan Indonesia ditengah Pandemi saat ini dimata peserta didik. Universitas Negri Medan.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhilah, N., 2020. Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi Covid-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesia Journal Of Science Learning, 1 (1).
Suherly, Trimadi. Jaya Putra, Jasmalinda. 2020. Jurnal Inovasi Penelitian: Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Clasroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perdagangan; Padang Selatan, Volume 1 (03).
Sunendar, Dadang, Dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Ke 5. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Syahriani, Tambak. 2014. Jurnal Tarbiyah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Riau (UIR). Pekanbaru. Volume(21), No 02.
Teddy Meilwansyah. 2020. Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Dinas Pendidikan.
Thityn. Ayu Nengrum, Najamuddin. Peta, M. Nur Iman, Jurnal Pendidikan:Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai,Gorontalo, Volume (30) No. 1, Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.