Urgensi Pendidikan Islam Dan Kemandirian Finansial Terhadap Ketahanan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i01.4816Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Situ Daun, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada warga desa terkait pentingnya pendidikan Islam, kemandirian ekonomi untuk meningkatkan ketahanan keluarga. Metode penelitian menggunakan participation action research (PAR) dimana Tim PkM berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi yang ril terkait dengan permasalahan yang dihadapi. Hasil pengabdian kepada masyarakat menyimpulkan bahwa semangat keIslaman warga Desa Situ Daun sangat baik, hal itu dibuktikan dengan aktifnya kegiatan pengajian-pengajian di masjid-masjid, namun jika dilihat dari sisi gender, kegiatan keIslaman lebih didominasi oleh kaum ibu. Adapun terkait dengan ekonomi sebagian kecil warga masih berada digaris kemiskinan. Kemudian dari sisi ketahanan keluarga dinilai cukup baik, tidak terlalu banyak kasus perceraian yang terjadi di sana. Tim PkM menyarankan agar pembinaan pendidikan keIslaman, penguatan kemandirian ekonomi terus dilaksanakan sebagai program unggulan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan serta kesejahteraan warga. Dengan demikian diharapkan akan terwujud masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri.Â
References
Katili, M., Katili, M. R., Suhada, S., & Amali, L. N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 8(2), 187–197. https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i2.7847
Kholiq, A. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Kebudayaan Masyarakat Kalang. At-Taqaddum, 7(2), 327–345. https://doi.org/10.21580/AT.V7I2.1210
Modernisasi, J. E., Graha, A. N., Fakultas, D., Universitas, E., & Malang, K. (2009). Pengembangan Masyarakat Pembangunan Melalui Pendampingan Sosial dalam Konsep Pemberdayaan di Bidang Ekonomi. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 5(2), 117–126. https://doi.org/10.21067/JEM.V5I2.243
Putri, S. U., & Aswar, A. (2020). Implementasi Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid untuk Muslimah di Desa Mattoanging Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 129–141. https://doi.org/10.36701/WAHATUL.V1I2.254
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V5I2.1978
Sarifudin, S., Wahidin, U., Sarbini, M., Bafadhal, I., Utami, S., & Mayasri, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kemandirian dan Kebangkitan Umat Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Sukadami, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 143–160. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V3I02.3911
Solahudin, S., Rosyid, A., Yusuf, R., & Rahman, R. (2022). Bimbingan Al-Qur’an dan Ilmu-Ilmu Keislaman Untuk Memperkuat Peradaban Islami di Masyarakat. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 1–14. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V3I01.2832
Suretno, S., Mailana, A., Kohar, A., Setiawan, B., & Al-Hidayah Bogor, S. (2022). Membangun Sinergitas dan Kolaborasi Dalam Memaksimalkan Pembinaan Keislaman Masyarakat. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 15–34. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V3I01.2833
Wartono, M., Zakaria, A., Maulida, A., Yusuf, U. A., Al-Hidayah Bogor, S., & Kirim, D. (2023). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan dengan Mengeksplorasi Potensi Kekayaan Lokal Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 133–142. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V3I02.3910
Zakaria, A., Suretno, S., Wahidin, U., Sekolah, H., Agama, T., & Al-Hidayah, I. (2022). Pemberdayaan Industri Rumahan Sandal dan Sepatu Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor). Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 141–156. https://doi.org/10.30868/KHIDMATUL.V2I02.2075
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.