MANAJEMEN PELAKSANAAN UMRAH AKBAR SATU PESAWAT: SINERGISITAS TOUR LEADER DAN TOUR GUIDE
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.5026Keywords:
Manajemen, Umrah Akbar, Tour Leader, Tour Guide.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha biro perjalanan umrah dalam memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan serta dalam memberikan kesuksesan dalam pelaksanaan paket umrahnya kepada para jemaah, terlebih setelah menggeliatnya kembali keberangkatan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan spesifikasi pendekatan deskriptif-kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskripstif-interpretatif berdasarkan metode triangulasi. Penelitian dilakukan di PT Marco Tour & Travel Umrah & Haji Jakarta dengan objek penelitian khusus adalah jemaah Umrah Akbar ke-2 yang berjumlah 433 orang yang berangkat bersamaan dalam satu pesawat carteran pada tanggal 16-24 Januari 2023. Dari 433 jamaah, termasuk di dalamnya adalah 10 orang tour leader (TL) dan empat orang tenaga pendamping. Selain itu, di Mekah-Madinah sendiri telah ditunjuk 10 orang tour guide (TG); dimana 20 orang TL dan TG inilah yang menjadi objek penelitian sekaligus sebagai sumber data primer penelitian. Kepuasan pelayanan dan kesuksesan pelaksanaan umrah tersebut dikarenakan manajemen yang baik dan karyawan profesional yang dimiliki oleh biro perjalanan umrah, termasuk oleh PT Marco Tour & Travel. Di antaranya adalah pelayanan dan profesionalitas kerja yang diberikan oleh para TL dan TG yang telah ditunjuk untuk menyertai, melayani, dan membimbing para jemaah Umrah Akbar satu pesawat musim 1444 H/2023. Masing-masing TL dan TG sebenarnya memiliki tugasnya tersendiri dan mandiri sesuai tupoksinya, namun dalam pelaksanaan dan pelayanannya secara realitas seringkali dan bahkan sebagai keharusan bahwa para TL dan TG secara sinergis dituntut untuk bekerjasama dalam menjalankan tugas profesionalnya dalam memberikan kelancaran pelayanan dan demi kesuksesan program Umrah Akbar satu pesawat kepada para jemaah seperti yang ditemukan dalam penelitian ini.
References
Alda, Nirwana, Syarifuddin, Mustika, dan Kadir, Suryadi. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 pada Usaha Biro Perjalanan Haji dan Umrah di Kabupaten Pinrang. Shi’ar: Sharia Tourism Research, 01(01): 81-102. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/shiar/article/view/3262.
Alfiyah, Lailatussani dan Isa, Wibowo. (2020). Strategi Adaptasi Perusahaan Biro Tour and Travel dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada PT Amanu Izzah Zamzam Sakinah di Kota Surakarta. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 16(2): 113-127. https://www.neliti.com/publications/361417/strategi-adaptasi-perusahaan-biro-tour-and-travel-dalam-menghadapi-pandemi-covid.
Al-Khin, Mushthafâ, Al-Bughâ, Mushthafâ, dan Al-Syarîhai, ‘Alî. (1992). Al-Fiqh Al-Manhajî ‘alâ Madzhab Al-Imâm Al-Syâfi’î Vol. 2. Damaskus: Dâr Al-Qalam.
Al-Mûsâ, Muhammad ibn Ibrâhîm, Al-Muthlaq, ‘Abd Allah ibn Muhammad, dan Al-Thayyâr, ‘Abd Allah ibn Muhammad. (2012). Al-Fiqh Al-Muyassar: Mausû’ah Fiqhiyyah Hadîtsah Tatanâwalu Ahkâm Al-Fiqh Al-Islâmî bi Uslûb Wâdhih li Al-Mukhtashshîn wa Ghairihim Vol. 4. Riyadh: Madâr Al-Wathan.
Arini, Aisyah Puteri dan Bramayudha, Airlangga. (2022). Analisis Stres Kerja di Masa Pandemi Covid-19 pada Karyawan Mina Wisata Islami Tour and Travel Haji Umrah Surabaya. Journal of Islamic Management, 2(1): 25-46. https://doi.org/10.15642/jim.v2i1.677.
Bin Jamaludin, Mohd Sabri, dan Abu Bakar, Noor Raudhiah. (2022). Kompetensi dan Prestasi Mutawwif dalam Tugasan Membimbing Jemaah Umrah. 6th Muzakarah Fiqh & International Conference 2022, 13-14 December 2022.
Candra, Almun Wakhida dan Oktafia, Renny. (2021). Penerapan Manajemen Pelayanan Prima untuk Peningkatan Kepuasan Calon Jamaah Haji dan Umrah di PT Mabruro Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01): 10-16. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1811.
Darsih. (2022). Peran Muthawwif dalam Ibadah Haji dan Umrah. Skripsi. Program Studi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10244/1/skripsi%20darsi.pdf.
Didik, E. P., Iskandar, R., dan L. Luluk. (2022). Strategi Travel Haji dan Umrah Indonesia dalam Menghadapi Dampak Covid 19. Competence: Journal of Management Studies, 16(1): 80-86. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v16i1.15194.
Hamid, Noor. (2020). Manajemen Haji dan Umrah: Mengelola Perjalanan Tamu Allah ke Tanah Suci. Yogyakarta: Semesta Aksara dan Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Haskar, Edi. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Biro Perjalanan dan Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Ensiklopedia of Journal, 3(4): 114-118. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.810.
Herman, Murdiansyah, Normajatun, dan Rahmita, Desy. (2018). Kualitas Pelayanan Haji dan Umrah pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. As-Siyasah: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1): 1-8. http://dx.doi.org/10.31602/as.v3i1.1722.
Johari dan Arifin, Johar. (2019). Tuntunan Manasik Haji & Umroh: Menuju Kesempurnaan Ibadah Sesuai Sunnah Rasulullah SAW. Yogyakarta: Istana Publishing.
Lesmana, Meichio, et.al. (2022). Studi Literatur: Manajemen Pembinaan Jamaah Haji dan Umrah Melalui Kementrian Agama Indonesi pada Masa Pandemi Covid-19. Multazam: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah, 2(2): 138-150. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Multazam/article/view/5650.
Lestari, Heni Dwi, Irawati, Novi, dan Santoso, Herry Teguh. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Tour Guide di Destinasi Wisata Benteng Marlborough Bengkulu. Kepariwisataan: Jurnal Jurnal Ilmiah, 16(1): 28-39. http://dx.doi.org/10.47256/kji.v16i1.139.
Maya, Rahendra. (2018). Pemikiran Al-Sa’dî Tentang Kriteria Pegawai Profesional: Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-hadits Terkait, dan Kajian Lainnya. Ad-Deenar: Jurnal Perbankan Syariah, 2(01): 1-23. http://dx.doi.org/10.30868/ad.v2i01.236.
Maya, Rahendra dan Lesmana, Iko. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajamen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2): 291-316. http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i2.281.
Mustofa, et.al. (2021). Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah di Agen PT Tauba Zakka Atkia Kabupaten Musi Rawas dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 01(02): 13-22. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v1i2.456.
Permadi, Muhammad dan Muqoffa, M. (2020). Analisis Manajemen Risiko PT Amanu Zamzam Sakinah Solo Menghadapi Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2): 279-294. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/3174.
Putri, Sintya Yusvika. (2021). Peran Muthawwif dalam Memberikan Bimbingan Manasik Umrah di PT BIB Tour and Travel Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasin Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/49841/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20V.pdf.
Riandy, M. Dede, Erida, dan Nifita, Ade Titi. (2021). Analisis Kepuasan dari Perspektif Tingkat Kepentingan Layanan Jamaah Ibadah Umrah PT Attin Tour Travel Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(3): 163-176. https://online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/17159.
Simbolon, Nisya Nainita dan Imsar. (2021). Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh di Kantor Kementerian Agama Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3): 8929-8936. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2401.
Surur, Fadhil. (2020). Wisata Halal: Konsep dan Aplikasi. Gowa: Alauddin University Press.
Susilawati, Dita. (2022). Manajemen Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah: Studi pada PT Mastour Travel Cabang Mataram. Al-Ijtima: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1): 29-58. https://lampu.or.id/journal/index.php/ijtima/article/view/15.
Tim Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Tim Penyusun. (2020). Tuntunan Manasik Haji dan Umrah. Jakarta: Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia.
Tim Penyusun. (2022). Moderasi Manasik Haji dan Umrah. Jakarta: Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia.
Triani, Anita Rahayu, Purnama, Ridwan, dan Setiyorini, Heri Puspito Diyah. (2014). Kinerja Tour Leader dalam Meningkatkan Perilaku Pasca Pembelian di Masa yang Akan Datang
paket Wisata di Marga Tour: Survei terhadap Wisatawan yang Menggunakan Paket Wisata Marga Tour Bandung. Tourism and Hospitality Essentials Journal, IV(2): 764-782. https://doi.org/10.17509/thej.v4i2.1985.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. https://kepri.kemenag.go.id/public/files/180920171131581385529231.pdf.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. https://haji.kemenag.go.id/v4/node/966349.
Wulandari, dan Utami, Kartika. (2022). Evaluasi Pelayanan Tour Leader PT Al Hijaz terhadap Jamaah Umrah pada PT Al Hijaz Tahun 2019. Multazam: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah, 2(1): 91-103. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/Al-Munazzam/article/view/3589/1679.
Yuliana, Vena, Aminudin, dan Samsuri. (2021). Manajemen Pelayanan Umrah Masa Pandemi Covid-19 di PT Nur Rahma Al-Jami Tour & Travel Kendari. Al-Munazzam: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah, 1(2): 272-288. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/Al-Munazzam/article/view/3589/1679.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).