Struktur Keilmuan Buku Daras Filsafat Manajemen Pendidikan Islam: Tawaran Dalam Tema Pembahasannya
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5999Keywords:
filsafat, manajemen, pendidikan IslamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengajukan tawaran tentang tema pembahasan buku daras bagi Mata Kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan Islam, dimana berdasarkan rasionalitas ditemukan masih sedikitnya literatur dalam bentuk buku yang menjadi referensinya. Di samping itu, Mata Kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan Islam dinyatakan sebagai mata kuliah yang belum matang dan mapan serta tema-tema pembahasannya juga masih belum sistematis dan terarah sesuai dengan struktur bangunan keilmuannya. Penelitian artikel ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan teknik analisis datanya menggunakan content analysis. Dari hasil penelitian ini, diharapkan tema-tema pembahasan buku referensi atau buku ajar pada Mata Kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan Islam dapat lebih sistematis dan terarah sesuai dengan struktur keilmuannya, untuk kemudian dapat menjadi ide dasar dalam penyusunan tema pembahasan dan buku daras mata kuliah tersebut yang mengandung nilai kebaruan (novelty).
References
Amirudin. (2013). Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Filsafat Ilmu dan Al-Qur’an. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(2): 19-45. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya.
Arifin, Zaenal dan Turmudi, Moh. (2020). Struktur Bangunan Ilmu Pengetahuan Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(2): 96.108. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i2.1322.
Assegaf, Abd. Rachman. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Samapi Modern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Darussalim, et.al. (2023). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam: Dasar-dasar Filsafat dalam Manajemen Pendidikan Islam. Nganjuk: CV Dewa Publishing.
Fauzi, Ahmad. (2018). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Pengelolaan Pendidikan Islam dari Pendekatan Filosofis Menuju Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gade, Fithriani. (2021). Orientasi Sains dan Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Banda Aceh: Bandar Publishing.
Handrianto, Budi. (2010). Islamisasi Sains: Sebuah Upaya Mengislamkan Sains Barat Modern. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Irawan. (2016). Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2): 297-315. http://dx.doi.org/10.14421/manageria.2016.12-07.
Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khaeron, Muhammad. (2019). Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Islam Rekonstruksi Kritis Islamisasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Kekinian. JIEM: Journal of Islamic Education Manajemen, 3(1): 64-80. http://dx.doi.org/10.24235/jiem.v3i1.5430.
Khaidir, et.al. (2021). Teori Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kurniawan, Asep. (2019). Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Islam Rekontruksi Kritis Islamisasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Kekinian. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama, dan Kemanusiaan, 5(1): 16-41. https://dx.doi.org/10.24235/jy.v5i1.4511.
Marisa, Mira. (2021). Filosofi Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1): 44-64. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.210.
Maya, Rahendra, Sarbini, Muhammad, dan Sarifudin. (2019). Studi Literatur pada Buku Pemikiran Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 259-279. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2230 259.
Maya, Rahendra dan Lesmana, Iko. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02): 291-316. http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i2.281.
Maya, Rahendra, Saputra, Apud, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. (2023). Motivational Education in The Book Shalâh Al-Ummah fî ‘Uluww Al-Himmah By Sayyid Al-‘Affânî and Its Educational Implementation in Islamic University. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1): 51-72. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.230.
Maya, Rahendra, dan Sarbini, Muhammad. (2023). Analisis Publikasi Ilmiah Dosen STAI Al-Hidayah dalam Profil Google Scholar. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01): 1-16. http://dx.doi.org/10.30868/khidmatul.v4i01.4810.
Mulyana, Rohmat dan Umiarso. (2023). Epistemologi Pendidikan Islam: Ke Integralistik-Interkonektif dari Metode Parsialistik ke Teoantroposentris; dari Paradigma Teosentris. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurmayuli. (2021). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam Sebagai Ilmu. Al-Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 6(1): 35-49. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/issue/archive.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe: Studi Analisis Mata Kuliah Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2(2): 1-17. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah/issue/view/9.
Qomar, Mujamil. (2007). Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Qomar, Mujamil. (2008). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Qomar, Mujamil. (2012). Pemikiran Islam Metodologis: Model Pemikiran Alternatif dalam Memajukan Peradaban Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Qomar, Mujamil. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Malang: Jakarta: Penerbit Erlangga.
Qomar, Mujamil. (2021). Paradigma Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Qomar, Mujamil. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Mindhunnur. Malang: Madani Kelompok Intrans Publishing.
Ridla, Muhammad Jawwad. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.
Rokhmiyati, Sri. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Tinjauan Filsafat Ilmu dari Titik Nol. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengkajian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.
Saebani, Beni Ahmad dan Komaruddin, Koko. (2016). Filsafat Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Salamun, et.al. (2022). Filsafat Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sarifudin dan Maya, Rahendra. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (Mat) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(02): 135-153. http://dx.doi.org/10.30868/im.v2i02.513.
Sassi, Komaruddin. (2021). Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Syed Muhammad Naquib Al-Attas Jakarta: Kencana (Divisi Prenadamedia Group).
Satriyadi, et.al. (2023). Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01):169-183. http://dx.doi.org/10.30868/im.v4i02.3543
Septuri. (2016). Konsep Manajemen Pendidikan Islam: Sebuah Analisis Aspek Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Konsep Manajemen Pendidikan Islam. Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1): 62-93. https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.790.
Sowiyah, et.al. (2019). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan. Lampung: Magister Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Syihabuddin, Muhammad Arif. (2020). Manajemen Pendidikan Islam dalam Tinjauan Epistemologi. Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 04(01): 125-139. https://doi.org/10.33754/jalie.v4i01.238.
Tukiran, Martinus. (2020). Filsafat Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: PT Kanisius dan Cognoscenti Consulting Group Jakarta.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).