IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI HOMESCHOOLING ISLAMI

Authors

  • Sadiah Sadiah manajemen pendidikan islam uika, Indonesia
  • H E Bahruddin Manajemen Pendidikan Agama Islam, UIKA Bogor, Indonesia
  • Maemunah Sadiyah Manajemen Pendidikan Agama Islam, UIKA Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4879

Keywords:

Management, Learning, homeschooling, Khoiru Ummah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan pembelajaran yang efektif di homeschooling Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah, Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan study kasus. Sumber datanya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriftif kualitatif dengan pengecekan keabsahan temuannya adalah trianggulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran homeschooling di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah, meliputi: (1) perencanaan pembelajaran, kurikulum yang digunakan mengacu pada Kemendikbud dan juga kurikulum yang berbasis aqidah islam; (2) pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah, yaitu siswa diberi kesempatan untuk bereksplorasi secara langsung berkaitan dengan sesuatu yang dipelajari; (3) evaluasi hasil pembelajaran siswa homeschooling di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah untuk kelulusan ditentukan dari nilai ujian kesetaraan; dan (4) faktor yang sangat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran homeschooling di Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah, yaitu keterlibatan dan kerjasama orang tua dalam mengikuti program pembelajaran yang telah disepakati.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569.

Bistari.Basyuni. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, Pp. 13–20).

Devrim, İ., & Bayram, N. (2020). Infection Control Practices In Children During Covid-19 Pandemic: Differences From Adults. American Journal Of Infection Control, 48(8), 933–939. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ajic.2020.05.022.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. Https://Doi.Org/10.32505/At.V11i1.529.

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas Teori Dan Aplikasinya. Rajawali Pers.

Hafizin Dan Herman. (2022). Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01).

Hamzah, B, U. (2017). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Bumi Aksara.

Indonesia, Negara Republik. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Permendikbud No 22 Tahun 2016, 147(March), 1–15.

Indonesia, R. (2003a). Sistem Pendidikan Nasional. Undang Undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional, 2(1), 1–20. Https://Doi.Org/10.24967/Ekombis.V2i1.48.

Indonesia, R. (2003b). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No. Pasal 27(2) Ayat 2, Tentang Sekolah Informal.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. 3(2), 19–25.

Kemenag. (2019). Al Quran.

Khoirin, A. Kusumastuti & A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Mahfud, M. N., & Darsinah, D. (2021). Manajemen Pembelajaran Di Homeschooling Kak Seto. Jamp : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(4), 292–299. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v4i42021p292.

Mayasari. (2015). Manajemen Homeschooling. 432–438.

Punaji, S. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Ri, N M. P. Dan K. (2014). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Ri No. 12 Tahun 2014 Tentang Sekolah Rumah.

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Cv Budi Utama.

Safi’i, A. (2020). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan, Gembira Dan Berbobot (Paikem Gembrot). Akademia Pustaka.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Cv Adanu Abimata.

Trisnantari, H. E., Mutohar, P. M., & ... (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa Dengan Sistem Fds (Full Day School). … Pendidikan Karakter. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpka/Article/View/21947.

Yamin, M. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Gaung Persada.

Yulianti, A., S, N., Syukur, Y., & Ahmad, R. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Psikologi Pendidikan Di Sekolah Tinggi Pekanbaru. Al-Irsyad, 11(1), 22. Https://Doi.Org/10.30829/Al-Irsyad.V11i1.9330.

Published

2023-07-27

How to Cite

Sadiah, S., Bahruddin, H. E., & Sadiyah, M. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI HOMESCHOOLING ISLAMI. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4879

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.