MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v2i02.391Abstract
Abstract
This study aims to determine the extent to which the theory of management according to William Spriegel which includes Planing, Organizing, Controlling or abbreviated POC harmoniously applicable to the management of Islamic Primary School Unified Islamic School (SUIS) Bogor.
The research was conducted with qualitative inductive methodology, and the main subjects were Headmaster, Deputy Head of Curriculum and teacher/ homeroom teacher. The data were collected through observation and interviews and document analysis.
The result of the research proves that POC theory is aligned with the management of SD IT SUIS in curriculum aspect. But not completely aligned in aspects of Human Resources, Facilities And Infrastructure, and Financing.
Keywords: Management, Islamic School
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana teori manajemen menurut William Spriegel yang mencakup Planing (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Controlling (pengendalian) atau disingkat POC selaras secara aplikatif dengan manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor.
Penelitian dilakukan dengan metodologi kualitatif induktif, dan yang menjadi subjek utama adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang Kurikulum dan guru/wali kelas. Data itu dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta analisis dokumen.
Hasil penelitian membuktikan bahwa teori POC selaras dengan manajemen SD IT SUIS dalam aspek Kurikulum. Akan tetapi tidak sepenuhnya selaras dalam aspek Sumber Daya Manusia, Sarpras, dan Pembiayaan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’ân al-Karîm dan terjemahannya.
Arifin, Zainul, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, (Jakarta: Alvabet, Cetakan Kedua, 2003).
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga, 2008).
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, (Depok: PT Raja Grafindo Persada, Cetakan Kesepuluh 2017).
Hery, Soal Jawab Manajemen: Memahami Konsep dan Teori Manajemen secara Lebih Cepat, Mudah, dan Praktis, dengan Soal Tanya Jawab, (Jakarta: PT Grasindo, 2016).
M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, Cetakan Keduapuluh tiga, 2015).
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, Cetakan Pertama, 2005).
____, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cetakan Kelima, 2012)
Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cetakan Ketiga 2009).
Qomar, Mujamil, Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, (Tanpa Kota: Emir, 2015).
Rahim, Husni, Pengantar Kuliah Manajemen Pendidikan Islam, SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1 Maret 2018, Pukul 08.00-10.15 WIB.
Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang SISDIKNAS, (Jakarta: Sinar Grafika, 2009), v.
Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Kesebelas, 2015).
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cetakan Kelima, 2012).
Tanthowi, Jawahir, Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran al-Qur`an, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983).
Tony Bush dan Marianne Coleman, Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan, Terj. Fahrurrozi, (Jogjakarta: IRCiSoD, Cetakan Pertama, 2012).
Wahidin, Ade, Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma wa Sifat, (Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 03, Juli 2014), 575.
Internet
http://sekolahunggulanislami.com/
http://sekolahunggulanislami.com/ppdb-sdit-suis-tp-20172018/
https://jsit-indonesia.com/sample-page/makna-terpadu-pada-sit/, diakses pada hari Rabu, 25 April 2018 pukul 11.42.
Wawancara
Hasil wawancara dengan kepala sekolah SD IT SUIS Bapak Kukuh Irawan, S.Ud., Selasa 24 April 2018, pukul ) 08.33.
Hasil wawancara dengan dengan WAKA Kurikulum SD IT SUIS Bapak Ahmad Romdoni, S.Ud., Selasa 24 April 2018, pukul 19.59 WIB.
Hasil wawancara dengan dengan salah satu Guru al-Qur`an SD IT SUIS Bapak Andri Ruyatman, S.Pd.I, Rabu 25 April 2018, pukul 09.21 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).