MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor)

Authors

  • Ade Wahidin STAI AL-HIDAYAH BOGOR, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v2i02.391

Abstract

Abstract

This study aims to determine the extent to which the theory of management according to William Spriegel which includes Planing, Organizing, Controlling or abbreviated POC harmoniously applicable to the management of Islamic Primary School Unified Islamic School (SUIS) Bogor.

The research was conducted with qualitative inductive methodology, and the main subjects were Headmaster, Deputy Head of Curriculum and teacher/ homeroom teacher. The data were collected through observation and interviews and document analysis.

The result of the research proves that POC theory is aligned with the management of SD IT SUIS in curriculum aspect. But not completely aligned in aspects of Human Resources, Facilities And Infrastructure, and Financing.

Keywords: Management, Islamic School

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana teori manajemen menurut William Spriegel yang mencakup Planing (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Controlling (pengendalian) atau disingkat POC selaras secara aplikatif dengan manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor.

Penelitian dilakukan dengan metodologi kualitatif induktif, dan yang menjadi subjek utama adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang Kurikulum dan guru/wali kelas. Data itu dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta analisis dokumen.

Hasil penelitian membuktikan bahwa teori POC selaras dengan manajemen SD IT SUIS dalam aspek Kurikulum. Akan tetapi tidak sepenuhnya selaras dalam aspek Sumber Daya Manusia, Sarpras, dan Pembiayaan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’ân al-Karîm dan terjemahannya.

Arifin, Zainul, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, (Jakarta: Alvabet, Cetakan Kedua, 2003).

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga, 2008).

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, (Depok: PT Raja Grafindo Persada, Cetakan Kesepuluh 2017).

Hery, Soal Jawab Manajemen: Memahami Konsep dan Teori Manajemen secara Lebih Cepat, Mudah, dan Praktis, dengan Soal Tanya Jawab, (Jakarta: PT Grasindo, 2016).

M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, Cetakan Keduapuluh tiga, 2015).

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, Cetakan Pertama, 2005).

____, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cetakan Kelima, 2012)

Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cetakan Ketiga 2009).

Qomar, Mujamil, Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, (Tanpa Kota: Emir, 2015).

Rahim, Husni, Pengantar Kuliah Manajemen Pendidikan Islam, SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1 Maret 2018, Pukul 08.00-10.15 WIB.

Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang SISDIKNAS, (Jakarta: Sinar Grafika, 2009), v.

Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Aksara, Cetakan Kesebelas, 2015).

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islami, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cetakan Kelima, 2012).

Tanthowi, Jawahir, Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran al-Qur`an, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983).

Tony Bush dan Marianne Coleman, Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan, Terj. Fahrurrozi, (Jogjakarta: IRCiSoD, Cetakan Pertama, 2012).

Wahidin, Ade, Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma wa Sifat, (Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 03, Juli 2014), 575.

Internet

http://sekolahunggulanislami.com/

https://www.alhudabogor.org/

http://sekolahunggulanislami.com/ppdb-sdit-suis-tp-20172018/

https://jsit-indonesia.com/sample-page/makna-terpadu-pada-sit/, diakses pada hari Rabu, 25 April 2018 pukul 11.42.

Wawancara

Hasil wawancara dengan kepala sekolah SD IT SUIS Bapak Kukuh Irawan, S.Ud., Selasa 24 April 2018, pukul ) 08.33.

Hasil wawancara dengan dengan WAKA Kurikulum SD IT SUIS Bapak Ahmad Romdoni, S.Ud., Selasa 24 April 2018, pukul 19.59 WIB.

Hasil wawancara dengan dengan salah satu Guru al-Qur`an SD IT SUIS Bapak Andri Ruyatman, S.Pd.I, Rabu 25 April 2018, pukul 09.21 WIB.

Published

2019-07-31

How to Cite

Wahidin, A. (2019). MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 207–224. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.391

Issue

Section

Artikel

Citation Check