Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor

Authors

  • Nuridin Nuridin Pascasarjana Universitas Ibn Khladun Bogor, Indonesia
  • H E Badrudin UIKA Bogor, Indonesia
  • Maemunah Sa'diyah UIKA Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5836

Keywords:

pendidikan, kurikulum islami, STP MI Khoiru Ummah Bogor

Abstract

Kurikulum pendidikan Islam memainkan peran kunci dalam pengembangan sistem pendidikan yang holistik dan berdaya guna. Dengan memadukan ajaran agama Islam dan pendidikan umum, kurikulum ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan nilai-nilai keagamaan, moral, dan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki komponen-komponen kurikulum islami diantaranya adalah kurikulum dasar, kurikulum inti, kurikulum penunjang dan ekstrakurikuler yang semuanya memiliki kontribusi dalam rangka membangun karakter islami pada jiwa pesrta didik. Kedua, STP MI Khoiru Ummah Bogor memiliki metode pembelajran secra khusus yaitu Metode Talqiyyan Fikriyyan. Ketiga, STP MI Khoiru Ummah Bogor juga menerapkan pendidikan karakter islami karena pendidikan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga tentang membentuk karakter islami yang kuat dan baik.

Author Biography

Nuridin Nuridin, Pascasarjana Universitas Ibn Khladun Bogor

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

References

Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.23

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Indie Publishing.

Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. In Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 1). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Kencana.

Fathurrohman, A. A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam Sebuah Pengantar (Dengan Pendekatan Teologis Dan Filosofis). Pustaka Al-Kasyaf, 404.

Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. IAIN Antasari Press.

Hasbullah. (2019). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.

Hilabi, A. (2019). Evaluasi kurikulum*). Maslahat Umat Indonesia.

Iskandar, W., & Mulyadi, U. (1988). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bina Aksara.

Natta, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289–1298. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2160

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Nasional, (2003).

Saputra, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. In JPI FIAI Jurusan Tarbiyah: Vol. IX (Issue Vi). Yayasan Penerbit Muhamad Zaini. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum. Deepublish.

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum; Kajian Teori dan Praktik. Mulawarman University Press.

Sugiyono. (2016). metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suni, S. M. (2023). Sosains jurnal sosial dan sains. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 148–167.

Published

2024-01-29

How to Cite

Nuridin, N., Badrudin, H. E., & Sa’diyah, M. (2024). Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam di STP MI Khoiru Ummah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5836

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.