Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern

Authors

  • Matnur Ritonga Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Hasbi Indra Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Budi Handrianto Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605

Abstract

Eksistensi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam menjadi solusi kebutuhan masyarakat khususnya orangtua dalam membina dan mendidik akhlak dan karakter anak-anaknya. Apalagi belakangan tantangan dan situasi lingkungan sosial sangat mengkhawatirkan sehingga bila tidak waspada dapat mendistorsi perilaku anak. Untuk itu di dalam pondok pesantren dibutuhkan para musyrif yang berkarakter mandiri. Tujuan penelitian ini ingin membuat program penguatan karakter musyrif/musyrifah yang ideal di pondok pesantren. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penguatan karakter musyrif yang ideal di pondok pesantren adalah: a) Pengarahan ke-musyrifah-an di awal penugasan, b) Mukim di asrama harus secara ka>ffah, c) Alat transportasi dan telekomunikasi harus dibatasi,  c) Harus ada buku panduan musyrif, d) Rapat evaluasi mingguan dengan Pengasuh, e) Pendokumentasian reward and punishment, f) Uswatun-hasanah dari Pengasuh meliputi: Mengajar, mengimami shala>t jama’ah, sesekali berkegiatan bersama musyrif, berbahasa resmi saat berinteraksi dengan musyrif, bermukim dan berkantor di dalam pondok, hadir dalam berbagai macam kegiatan.

References

Abu Bakar, M. Yunus. (2007). Konsep Pemikiran Pendidikan K.H Imam Zarkasyi dan Implementasinya pada Pondok Pesantren Alumni, disertasi Doktor pada PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (pdf).

Ali, Mukti, etal. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: renebook.

Bungin, M. Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Fadjar Noegraha, Ridjaluddin. (2014). Kajian Sejarah Ki Hadjar Dewantara dan Karakter Bangsa. Ciputat.

Fadjar Noegraha, Ridjaluddin. (t.t). KH. Imam Zarkasyi dan Modern isasi Pendidikan. Jakarta: FAI UHMKA.

Fokus Media. (2010). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Halim, A. et.al. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara.

Husaini, Adian. (2016). 10 Kuliah Agama Islam (Panduan Menjadi Cendekiawan Mulia dan Bahagia). Yogyakarta: Pro-U Media.

Mafatihullah Kariem, Adrian. (2018). Suara Bestari Pesan-pesan Trendi (Surabi Pesantren). Jakarta: Republika.

Majid, Abdul, dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustakim, Bagus, 2011, Pendidikan Karakter, Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.

P. Chaplin, James. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemah Oleh: Kartini Kartono). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putro Widoyoko, S. EKo. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas, dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Siti Aisyah. (2016). Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Washliyah Gading Tanjungbalai. Medan: UIN Sumatera Utara, 2016, hlm. 33.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Syukri Zarkasyi, Abdullah. (2005). Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Syukri Zarkasyi, Abdullah. (2005). Manajemen Pesantren (Pengalaman Pondok Modern Gontor), Gontor: Trimurti Press.

Tim Penyusun PPK. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pdf).

Y. Suyitno. (2009). Tokoh-tokoh Pendidikan Dunia (Dari Dunia Timur, Timur Tengah dan Barat). Sekolah Pascasarjana UPI Bandung (pdf).

Published

2021-01-28

How to Cite

Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 176–187. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605

Citation Check