KOMPETENSI GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk)
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.2531Abstract
Pendidikan adalah penentu dalam perkembangan sebuah bangsa, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun politik. Dalam proses pendidikan guru adalah komponen yang sangat penting, ia berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan. Guru adalah tenaga profesional yang memiliki tugas memberikan bimbingan, arahan, dan binaan kepada peserta didik. Sebagai tenaga profesional maka dibutuhkan kumpulan kecakapan dan keterampilan yang mendukung profesinya, hal tersebut disebut dengan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kompetensi guru pada lembaga pendidikan Islam yang memiliki kekhasan dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya, khususnya tingkat sekolah dasar yang menekankan pada penanaman sikap dan karakter pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Al Kawaakib, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penilitian ini adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru. Sumber data sekunder adalah dokumen sekolah dan artikel artikel jurnal yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi guru di SDIT Al Kawaakib terbagi menjadi empat kategori, yaitu kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Hal tersebut sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah dalam UU Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005 dan Permendiknas nomor 16 tahun 2007, hanya saja terdapat perbedaan pada detail subkompetensi dimana kompetensi guru di Al Kawaakib lebih menitikberatkan pada nilai nilai Islam di kompetensi inti guru, nilai nilai Islam menjadi landasan pada seluruh proses pendidikan, termasuk pada kompetensi guru.
References
Abrasyi, Muhammad Athiyah al. n.d. At-Tarbiyyah Al Islamiyyah Wa Falasifatuha. Beirut: Daar Al Fikr Al Araby.
Afandi, Muhamad. 2014. “PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1 (1). https://doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19.
Akbar, T. Saiful. 2015. “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.†Jurnal Ilmiah Didaktika 15 (2): 222. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.582.
Aly, Hery Noer. 2010. “Arti Penting World View Pendidik Dalam Pendidikan.†Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam) 15 (01): 105–20. https://doi.org/10.19109/tjie.v15i01.69.
Andini, Deassy May, and Endang Supardi. 2018. “Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (1): 148. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9450.
Angelina, Putri, Sunaryo Kartadinata, and Nandang Budiman. 2021. “Kompetensi Pedagogis Guru Di Era Disrupsi Pendidikan Dalam Pandangan Islam.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10 (2): 305. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4863.
Badruzaman, Jajang. 2017. “Pemikiran Ahmad Tafsir Tentang Guru Dalam Pendidikan Islami Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10 (2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1166.
Dahyan, and Koswara. 2016. “Konsep Kompetensi Guru Menurut Imam Al-Ghazali.†Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4 (1): 1–20. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/12.
Djamarah, Syaiful Bahari. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: RIneka Cipta.
Ellyana, Veronika, Mintasih Idriayu, and Sudarno Sudarno. 2016. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Kristen 1 Surakarta.†BISE: Jurnal Pendidikan BIsnis Dan Ekonomi 2 (1): 1–16. https://doi.org/10.20961/bise.v2i1.17894.
Habibullah, Ahmad. 2012. “Kompetensi Pedagogik Guru.†EDUKASI 10 (3): 362–77. https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169.
Hanafi, M. Syadeli, and Henny Setiyani. 2021. “The Role of Teachers’ Competence to Achieve Effective Learning Management in Primary Schools.†Ilkogretim Online 20 (1): 2031–36. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.222.
Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. 2020. “PERILAKU DAN KARATERISTIK PESERTA DIDIK TUJUAN PEMBELAJARAN.†Manazhim: Jurnal Manajemendan Ilmu Pendidikan 2 (1): 105–17. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638.
Hartanti, Astrid Setianing, and Tjutju Yuniarsih. 2018. “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (1): 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Depok: Raja Grafindo Persada.
Helmi, Jhon. 2015. “Kompetensi Profesionalisme Guru.†Al Ishlah: Jurnal Pendidikan 7 (2): 318–36. https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43.
Hendrowibowo, L. 1994. “Kajian Ilmiah Tentang Ilmu Pendidikan.†Cakrawala Pendidikan 14 (2): 123–34. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9125.
Heriyansyah, Heriyansyah. 2020. “URGENSI KEPEMIMPINAN GURU YANG KOMPETEN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA.†Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 03 (01): 77–92. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.687.
Huda, Mualimul. 2017. “Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran PAI).†Jurnal Penelitian 11 (2). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170.
Idris, Fazilah, Zaharah Hassan, Azizah Ya’acob, Saran Kaur Gill, and Noor Aziah Mohd Awal. 2012. “The Role of Education in Shaping Youth’s National Identity.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 59: 443–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.299.
Inah, Ety Nur. 2013. “Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan.†Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6 (1): 176–88. https://doi.org/10.31332/atdb.v6i1.299.
Inanna, Inanna. 2018. “PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERMORAL.†JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 1 (1): 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press.
Izzah, Ismatul. 2018. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani.†Pedagogik : Jurnal Pendidikan 5 (1): 50–68. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.219.
Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Kamal, Hikmat. 2018. “Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 14 (1): 19–29. https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.670.
Kasmawati. 2017. “PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 ENREKANG.†JURNAL IDAARAH I (2): 181–90. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4262.
Kasmawati, Yuni. 2020. “Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 8 (2): 136–43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377.
Kosim, Mohammad. 2008. “GURU DALAM PERSPEKTIF ISLAM.†Jurnal Tadris 3 (1): 45–58. https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i1.223.
Kurnaengsih. 2015. “KONSEP SEKOLAH ISLAM TERPADU, (Kajian Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia).†Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1 (1): 78–84. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.14
.
Lestari, Wiwi Okta. 2017. “Pengaruh Keteladanan Orang Tua Dan Guru Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Bengkulu Selatan.†Al-Bahtsu 2 (1): 185–93. https://doi.org/10.29300/btu.v2i1.333.
Maya, Rahendra. 2017. “KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 21–43.
Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: Pusat Studi Agama, Politik dan Masyarakat (PSAPM).
Mukhtar, Afiah, and Luqman MD. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar.†Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4 (1): 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899.
Mulyasa, Enco. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
———. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawwaroh, Azizah. 2019. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.†Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363.
Musyahadah, Arsyis, Anung al Hamat, and Endin Mujahidin. 2017. “Kompetensi Pendidik Dalam Al Quran Dan Relevansinya Terhadap PP No 74 Tahun 2008.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10 (1): 1–21. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1150.
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Nugroho, Puspo. 2018. “Tripusat Pendidikan Sebagai Basis Sosialisasi Dan Pembentukan Karakter Siswa.†Ijtimaiya: Journal of Social Science 2 (1). https://doi.org/10.1234/ji.v2i1.4292.
Palunga, Rina, and Dan Marzuki. 2017. “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DEPOK SLEMAN.†Jurnal Pendidikan Karakter 8 (1): 109–23. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858.
Prastowo, Andi. 2018. “PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH BERBASIS PEMBERDAYAAN PIKIRAN BAWAH SADAR.†Journal of Islamic Primary Education 1 (2): 54–64. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3525.
Putra, Nusa, and Santi Lisnawati. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmadi, Rahmadi. 2016. “KONSEP GURU DAN MURID MENURUT ULAMA ABAD PERTENGAHAN (KOMPARASI ANTARA AL-MAWARDI DAN AL-GHAZALI).†Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 14 (2): 37–58. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1561.
Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rasyid, Ramli, Marjuni Marjuni, Andi Achruh, Muhammad Rusydi Rasyid, and Wahyuddin Wahyuddin. 2020. “IMPLIKASI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.†AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7 (2): 111. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a1.2020.
Rosdiana. 2020. “PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASIWA POLITEKNIK PGRI BANTEN.†Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 266–75. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.832.
Sa’diyah, Maemunah. 2019. “Menggagas Model Implementasi Kompetensi Leadership Guru Pai Dalam Mengembangkan Budaya Religius Sekolah.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2682.
Saepudin, Didin, and Saifudin Saifudin. 2019. “Visi Pendidikan Islam: Perspektif Ibn Khaldun.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2). https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2688.
Samsinar. 2019. “URGENSI LEARNING RESOURCES (SUMBER BELAJAR) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN.†DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan 13 (2): 194–205. https://doi.org/didaktika.v13i2.959.
Sufiati, Vivi, and Sofia Nur Afifah. 2019. “Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Anak 8 (1): 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.
Supriadi, Udin, Usup Romli, Mohammad Rindu Fajar Islamy, Muhamad Parhan, and Nurti Budiyanti. 2021. “The Role of Islamic Education Teachers in Preventing Radicalism at Madrasa Aliyah.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 74–90. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1073.
Suryadi, Edy. 2010. “Model Komunikasi Efektif Bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak.†Jurnal Ilmu Komunikasi 8 (3): 263–79. https://doi.org/10.31315/jik.v8i3.135.
Suyatno, Suyatno. 2015. “SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.†Al-Qalam 21 (1): 1–10. https://doi.org/10.31969/alq.v21i1.213.
Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, Desi Sukenti, and Abd. Rahman bin Abd. Ghani. 2020. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5 (2): 79–96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tantowi, Hilman, Hasbi Indra, and Muhyani Muhyani. 2017. “Pengaruh Kompetensi Personal Guru Dan Iklim Sekolah Terhadap Islamic Worldview Siswa.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 10 (1): 35–54. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1572.
Usman, Moh. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Vandenberghe, R. 1984. “Teacher’s Role in Educational Change.†British Journal of In-Service Education 11 (1): 14–25. https://doi.org/10.1080/0305763840110103.
Wahyudi, Tian. 2017. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membangun Dan Menguatkan Worldview Islam PadaMasyarakat Muslim Di Tengah Arus Globalisasi.†Cendekia: Journal of Education and Society 15 (2): 319. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1053.
Warsita, Bambang. 2009. “Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran.†Jurnal Teknodik XIII (1): 64–76. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.440.
Wenglinsky, Harold. 2000. “How Teaching Matters Bringing the Classroom Back Into Discussions of Teacher Quality.†New Jersey. www.ets.org/research/pic.
Widiyastuti, Wahyuning. 2014. “Evaluasi Sistem Pembelajaran:Telaah Landasan Filosofis Evaluasi Pembelajaran Di STAIN Kudus.†Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9 (2): 237–52. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.774.
Zein, Muh. 2016. “PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN.†Jurnal Inspiratif Pendidikan 5 (2): 274–85. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480.
Zola, Nilma, and Mudjiran. 2020. “Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru.†EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6 (2): 22–93. https://doi.org/10.29210/120202701.
Zulkapadri, Syahrial. 2014. “Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak (Studi Perbandingan).†At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education 9 (1): 110–25. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i1.305.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).