Transformatif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6061Keywords:
Transformative leadership, Education QualityAbstract
Kepala sekolah dan guru diharapkan harus bisa meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Strategi yang dapat dilakukan oleh seorang kepala madrsah dalam berupaya meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah membentuk struktur kepengurusan dalam pelaksanaan program, kepemimpinan kepala sekolah yang tegas, luwes, bijaksana dan menjadi panutan serta dapat mendorong, mempengaruhi dan memotivasi seluruh anggota dalam pengembangan mutu dan mengatasi semua masalah yang ada dari program sekolah hingga mencapai tujuan bersama dan dapat dipercaya oleh golongan masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini, 1. untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2. untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan, pengorganisasian, untuk pelaksanaan dan 3. mengetahui hasil manajemen kepala madrsah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan reflektif tingking. Sedangkan penyajian datanya dengan menarik sebuah kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan validitas dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan transformatif kepemimpinan  dalam meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari penyusunan suatu rencana untuk mengubah status qou dan mewujudkan visi misi dengan cara mengejahwantahkan visi pada bawahannya dan menanamkan nila-nilai yang dapat membawa perubahan ke arah pengembangan lembaga pendidikan. Pengorganisasian transformatif kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara membentuk struktur kepengurusan dalam pelaksanaan program. Sedangkan pelaksanaan transformatif kepemimpinan  dalam meningkatkan mutu pendidikan diterapkan dengan meningkatkan kemampuan secara maksimal dalam pengelolaan pembelajaran yang meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kinerja sesuai bidangnya masing-masing. Adapun hasil dari transformatif kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah unggulnya pengelolaan pembelajaraan yang efisien serta melahirkan peserta lulusan yang berprestasi.
References
Cabang Bonsi. (2019). Basic Training Panduan Untuk Kader Himpunan Mahasiswa Islam, Cabang Bondowoso Situbondo
Andang. (2017). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Konsep:Strategi Dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif, Jokjakarta:Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Jakarta : PT Rineka Cipta
Prof. Dr. Lukmanil Hakim. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung:CV Wacana Prima
Asrori, Mohammad. (2012). Psikologi Pembelajaran, Bandung:CV Wacana Prima
Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta:PT Bumi Aksara
Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : CV Pustaka Setia
Edi azhari. (2014). INTELEKTUALITA “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Sekolah Tsanawiyah Swasta Babun Najah ( Darussalam-Banda Aceh, 2(1).
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Handoko, Hani, Manajemen , Edisi 2, Yokyakarta:BPFE-Yokyakarta
Prof. Dr. Ahmad Tafsir. (2017). Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munawwir, Imam. (2011). Dasar-Dasar Manajemen, Organisasi & Kepemimpinan. Surabaya: PT Bina Ilmu
Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Edward Sallis. (2010). Total Quality Manajement in Education. Yogyakarta: PT IRCisoD. 10.
Erjati Abas, 2017, Magnet Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta : Kompas Gramedia.
Hasan Basri, 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Pustaka Setia.
Husaini Usman,2013, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta Timur : Bumi Aksara.
Irham Fahmi, 2018,Pengantar Ilmu Kepemimpinan,Depok: Rajawali Pers.
Nurhanisa, Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 8 Banda Aceh (Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh : 2016
Satori, et.all, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Suheri, 2017, Teknis-teknis Menulis PTK, Skripsi dan Tesis, Surabaya: Imtiyas.
Subana, M. dan Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung:CV Pustaka Setia
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta
Suheri, 2017, Teknik-Teknik Menulis TPK, Skripsi dan Tesis, Surabaya: Imtiyaz
Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin, 2009, Psikologi Belajar, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Syaodih, Nana Sukmadinata, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya
Tisnawati, Ernie Sule dan Kurniawan Saefullah, 2013, Pengantar Manajemen, Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri
Wahyudi, 2015, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), Bandung: Alfabeta
Wardana, Yana, 2007, Manajemen Pendidikan Untuk Peningkatan Bangsa, Bandung:PT Pribumi Mekar
Yulaelawati, Ella, 2007, Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori Dan Aplikasi, Jakarta:Pakar Raya
Drs. Lukmanul Hakim, M.Pd, 2007, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).