Transformatif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember

Authors

  • Ainur Rofiq Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Erma Fatmawati Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Lailatul Usriyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6061

Keywords:

Transformative leadership, Education Quality

Abstract

Kepala sekolah dan guru diharapkan harus bisa meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Strategi yang dapat dilakukan oleh seorang kepala madrsah dalam berupaya meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah membentuk struktur kepengurusan dalam pelaksanaan program, kepemimpinan kepala sekolah yang tegas, luwes, bijaksana dan menjadi panutan serta dapat mendorong, mempengaruhi dan memotivasi seluruh anggota dalam pengembangan mutu dan mengatasi semua masalah yang ada dari program sekolah hingga mencapai tujuan bersama dan dapat dipercaya oleh golongan masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini, 1. untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah  dalam meningkatkan mutu pendidikan, 2. untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan, pengorganisasian, untuk pelaksanaan dan 3.  mengetahui hasil manajemen kepala madrsah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan reflektif tingking. Sedangkan penyajian datanya dengan menarik sebuah kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan validitas dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan transformatif kepemimpinan  dalam meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari penyusunan suatu rencana untuk mengubah status qou dan mewujudkan visi misi dengan cara mengejahwantahkan visi pada bawahannya dan menanamkan nila-nilai yang dapat membawa perubahan ke arah pengembangan lembaga pendidikan. Pengorganisasian transformatif kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara membentuk struktur kepengurusan dalam pelaksanaan program. Sedangkan pelaksanaan transformatif kepemimpinan  dalam meningkatkan mutu pendidikan diterapkan dengan meningkatkan kemampuan secara maksimal dalam pengelolaan pembelajaran yang meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kinerja sesuai bidangnya masing-masing. Adapun hasil dari transformatif kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah unggulnya pengelolaan pembelajaraan yang efisien serta melahirkan peserta lulusan yang berprestasi.

References

Cabang Bonsi. (2019). Basic Training Panduan Untuk Kader Himpunan Mahasiswa Islam, Cabang Bondowoso Situbondo

Andang. (2017). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Konsep:Strategi Dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif, Jokjakarta:Ar-Ruzz Media

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi, Jakarta : PT Rineka Cipta

Prof. Dr. Lukmanil Hakim. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung:CV Wacana Prima

Asrori, Mohammad. (2012). Psikologi Pembelajaran, Bandung:CV Wacana Prima

Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta:PT Bumi Aksara

Basri, Hasan. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : CV Pustaka Setia

Edi azhari. (2014). INTELEKTUALITA “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Sekolah Tsanawiyah Swasta Babun Najah ( Darussalam-Banda Aceh, 2(1).

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Handoko, Hani, Manajemen , Edisi 2, Yokyakarta:BPFE-Yokyakarta

Prof. Dr. Ahmad Tafsir. (2017). Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Munawwir, Imam. (2011). Dasar-Dasar Manajemen, Organisasi & Kepemimpinan. Surabaya: PT Bina Ilmu

Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Edward Sallis. (2010). Total Quality Manajement in Education. Yogyakarta: PT IRCisoD. 10.

Erjati Abas, 2017, Magnet Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Jakarta : Kompas Gramedia.

Hasan Basri, 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Pustaka Setia.

Husaini Usman,2013, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Irham Fahmi, 2018,Pengantar Ilmu Kepemimpinan,Depok: Rajawali Pers.

Nurhanisa, Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 8 Banda Aceh (Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh : 2016

Satori, et.all, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Suheri, 2017, Teknis-teknis Menulis PTK, Skripsi dan Tesis, Surabaya: Imtiyas.

Subana, M. dan Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung:CV Pustaka Setia

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta

Suheri, 2017, Teknik-Teknik Menulis TPK, Skripsi dan Tesis, Surabaya: Imtiyaz

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin, 2009, Psikologi Belajar, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Syaodih, Nana Sukmadinata, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya

Tisnawati, Ernie Sule dan Kurniawan Saefullah, 2013, Pengantar Manajemen, Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri

Wahyudi, 2015, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), Bandung: Alfabeta

Wardana, Yana, 2007, Manajemen Pendidikan Untuk Peningkatan Bangsa, Bandung:PT Pribumi Mekar

Yulaelawati, Ella, 2007, Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori Dan Aplikasi, Jakarta:Pakar Raya

Drs. Lukmanul Hakim, M.Pd, 2007, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima

Published

2024-01-30

How to Cite

Rofiq, A., Fatmawati, E., & Usriyah, L. (2024). Transformatif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6061

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.