POTENSI DAN KONTRIBUSI ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DALAM PENINGKATAN EKONOMI DAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di Wilayah Kota Bogor)

Authors

  • Muhajirin Muhajirin

DOI:

https://doi.org/10.30868/am.v4i07.154

Abstract

Hakikat zakat, infaq dan shadaqah pada dasarnya adalah ajaran keruhanian (spiritual

dan moral) yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kaum muslimin dan sebagai salah satu pendapatan negara. Namun cakupan infaq dan shadaqah lebih luas karena memasukkan segala perbuatan baik.

Tehnik pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) di Baznas kota Bogor dengan cara melaksanakan program-program di bidang pengumpulan tersusun ke dalam 5 aktivitas utama yaitu: Mengkomunikasikan kegiatan BAZNAS secara intensif, Merekrut muzakki baru, Menggemakan ZIS Ramadhan, Merawat muzakki existing, dan Menguatkan struktur jaringan UPZ Masjid (FORSIL) dan Gebu Cinta.

Konsep atau aturan distribusi ZIS kota Bogor adalah mengalokasikan dana ZIS kepada pihak mustahiq namun lebih mengarah pada zakat produktif seperti dialokasikan untuk bantuan pendidikan siswa atau mahasiswa berperestasi namun tidak mampu secara ekonomi, bantuan kepada guru ngaji, bantuan modal bagi pedagang baik dengan sistim mudharabah maupun atas nama mustahiq, bantuan kesahatan serta pengembangan dakwah di kota Bogor.

Kontribusinya bagi perbaikan ekonomi dan pendidikan bagi kaum muslimin khususnya waraga kota Bogor adalah terealisasinya program zakat produktif baik dalam bidang keagamaan, pendidikan, sosial maupun ekonomi, hal ini bisa dilihat dari berjalannya semua program yang sudah direncanakan pada tahun sebelumnya yang sudah banyak membantu program-program pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

 

 

Kata Kunci: ZIS, muzakki existing, mustahiq dan zakat produktif.

Downloads

Published

2017-10-31

How to Cite

Muhajirin, M. (2017). POTENSI DAN KONTRIBUSI ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH DALAM PENINGKATAN EKONOMI DAN PENDIDIKAN (Studi Kasus di Wilayah Kota Bogor). Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 4(07). https://doi.org/10.30868/am.v4i07.154

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)