Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial)

Authors

  • Ahmad Kamaluddin Institut PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3180

Keywords:

Taaruf, Surat al-Hujarat ayat 13, Konstruksi, Kehidupan sosial

Abstract

Taaruf merupakan salah satu wahana untuk membangun persaudaraan antar umat manusia tanpa memamdang ras, suku, agama ataupun bangsa. Ironinya, dalam  kehidupan sosial masyarakat muslim Indonesia taaruf  hanya dimaknai dengan sebuah prosesi perkenalan antara keluarga calon suami dan keluarga calon isteri untuk melakukan persiapan sebuah pernikahan. Tulisan ini berusaha untuk mekonstruksi kembali makna taaruf yang terdapat dalam surat al-Hujarat ayat 13 dengan menggunakan metode komparasi (muqÄran) dari pendapat ahli tafsir yang bersunber dari kitab tafsir klasik dan modern dengan pendekatan tafsir maqÄá¹£idi, yaitu penafsiran dengan landasan utama al-Qur’an untuk melihat maksud maqÄá¹£idu-al-Syari’ah secara holistik dan komprehensif guna menangkap pesan dan konteks ayat tersebut. Penulis menemukan bahwa prasa taaruf dalam ayat tersebut memiliki makna saling memahami dan menerima perbedaan karakter, pikiran dan budaya guna membangun kehidupan sosial yang harmonis. Selain itu, penulis juga berkesimpulan bahwa terdapat distorsi makna taaruf dalam pemahaman mayoritas masyarakat muslim Indonesia sehingga pesan (maqÄá¹£id) al-Qur’an yang terdapat pada ayat tersebut menjadi bias.

References

Abercrombie, N. (2006). The Pinguin Dictonary of Sociologi. California: Penguin.

al-Asfahani, A. Q. (2008). Mu’jam al-Mufrodât li Alfâzh Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Fiqr.

al-Atsqalani, I. H. (1379 H). Fath al-Bârî bi al-Syarh Imam al-BukhÄri. Bairut: Dar al-Ma'arif.

al-Buthi, M. S. (2019). Fikih Sirah Nabawiyah. Libanon: Dar al-Fiqr.

al-Ghazali, A. H. (T.th). Ihyâ' 'Ulȗm ad-Dîn. Kairo: Dar al-Ihya al-Kutub.

al-Maraghi, A. M. (1974). TafsÄ«r al-MarÄghi. Mesir: Mustafa al-Bab Wa Auladuh.

al-Mubarukfuri, S. (2013). Rahiq al-Makhtum. Riyadh: Muntaha al-Saqafah.

al-Nahlawi, A. R. (1996). al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah fī al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Jakarta: Gema Insani Press.

al-Naisabury, A. H. (1991). AsbÄb al-NuzÅ«l. Bairut: Dar al-Fiqr.

al-Qardhawi, Y. (1999). Fiqh al-ZakÄh,. Jakarta: Pustaka Litera Antarnusa.

al-Qurthubi, A. A. (2006). Al-JÄmi' Li AhkÄm al-Qur'an. Bairut: Muassasah al-Risalah.

al-Razi, F. M. (1994). TafsÄ«r al-KabÄ«r wa MafÄtih al-Ghaib. Bairut: Dar al-Fiqr.

al-Shabuni, A. (t.th). Shofwah al-TafÄsri. Bairut: Dar al-Qur'an.

al-Shalabi, U. M. (2002). Al-Rukhash al-Syar’iyyah AhkamuhÄ wa DhawÄbithuhÄ. Alexandaria: Dar al-Imam.

al-Syazili, I. H. (1995). Fî Zhilâl Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Kutub.

al-Thabari, M. I. (1999). JÄmi‘ al-BayÄn fÄ« Ta’wÄ«l Al-Qur’Än. Bairut: Dar Kutub ilmiyah.

al-Thahlan, M. (2008). UmahÄt Al-Mu’minÄ«n Fi al-Madrasah an-Nubuwah. jakarta: Pustaka Fatimah.

al-Zuhailiy, W. (2008). UsÅ«l al-Fiqh al-IslÄmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.

al-Zuhri, M. S. (2001). ThabaqÄt,. Qahirah: Maktabah al-Khanaji.

Arabi, A. B. (1996). Ahkâm Al-Qur’an. T. tp: T.th.

Asyur, I. (t. th). Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunisia: Daar Sunnah.

Beierhoff. (2022). Prosocial Behavior. New York: Taylor & francis.

Byrne, B. d. (2005). Social Psychology. Jakarta: Erlangga.

David O. Sears, e. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.

Dhaif, S. (2011). Al-Mu'jam Al-Wasîth. Mesir: Maktabah Syuruq.

Hamka. (2000). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Panji Mas.

Hana, L. (2012). Ta’aruf Proses Perjodohan Sesuai Syari Islam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Handayani. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Relesiensi Siswa Akselerasi. Thesis. Malang: Unioversitas Negeri Maulana Maliok Ibrahim.

Hasan, T. (1979). Al-Lughatu al-Arabiyyah Ma’nÄhÄ wa MabnÄhÄ. Mesir: Haiah al-Mishriyah.

Humaid, S. b. (2006). Mausu’ah Nadhrah al-NaÄ«m fî MakÄrim al-AkhlÄk al-RasÈ—l al-KarÄ«m. Jeddah: Dar al-Wasilah.

Kardjono. (2019). Pengendalian Emosi Melalui Relaksasi Aktif di Alam Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 21-27.

Katsir, I. A. (1994). Tafsīr Al-Qur’anal-‘Azīm. Riyadh: Maktabah Darussalam.

Linngs, M. (2007). Muhammad : Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik. Jakarta: Serambi.

Maskawih, I. (1999). Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung: Mizan.

Miswari, Z. (2007). Al-Qur’anKitab Toleransi. Jakarta: Fitrah.

Mussen, E. &. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. Cambrige: University Press.

Najib, M. S. (1985). Mu’jam al-MusthalÄhÄt an-Nahwiyah wa Sharfiyah. Bairut: Muassasah al-Risalah.

Nasih, A. (1999). Tarbiyah al-AulÄd fî al-IslÄm. Bairut: Dar al-Salam.

Pillavin, J. A. (1990). Altrusim: A Review of Recent Theory and Research, University of Wisconsin. University of Wisconsin (hal. 30). Universiti of Wisconsin.

Rahman, F. (1982). The Islamic Concecpt of State"Islam in Transsition, Muslim Perspectives. Doversity Press.

Rakhmat. (1999). Meraih Cinta Ilahi Pencerahan Sufistik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Reber, A. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ritzer. (2014). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo.

Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.

Shihab, M. .. (2002). Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. jakarta: Raja Grafindo.

Suhud, A. (2008). Pra Kondisi Kebangkitan Dakwah di Makkah: Kajian Terhadap Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam. Media Pemikiran dan Pengembangan Masyarakat, 52.

Yucel, S. (2014). The Notion of Husnudzan or Positive Thinking in Islam: Medieval Perspective. Humanities and Social Sciences, 106.

Zuhaily, W. (2008). UsÅ«l al-Fiqh al-IslÄmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.

Published

30-11-2022

How to Cite

Kamaluddin, A. (2022). Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(02). https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3180

Citation Check