Kontsruksi Makna Taaruf Dalam Al-Qur’an (Upaya Membangun Harmonisasi Kehidupan Sosial)
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3180Keywords:
Taaruf, Surat al-Hujarat ayat 13, Konstruksi, Kehidupan sosialAbstract
Taaruf merupakan salah satu wahana untuk membangun persaudaraan antar umat manusia tanpa memamdang ras, suku, agama ataupun bangsa. Ironinya, dalam kehidupan sosial masyarakat muslim Indonesia taaruf  hanya dimaknai dengan sebuah prosesi perkenalan antara keluarga calon suami dan keluarga calon isteri untuk melakukan persiapan sebuah pernikahan. Tulisan ini berusaha untuk mekonstruksi kembali makna taaruf yang terdapat dalam surat al-Hujarat ayat 13 dengan menggunakan metode komparasi (muqÄran) dari pendapat ahli tafsir yang bersunber dari kitab tafsir klasik dan modern dengan pendekatan tafsir maqÄá¹£idi, yaitu penafsiran dengan landasan utama al-Qur’an untuk melihat maksud maqÄá¹£idu-al-Syari’ah secara holistik dan komprehensif guna menangkap pesan dan konteks ayat tersebut. Penulis menemukan bahwa prasa taaruf dalam ayat tersebut memiliki makna saling memahami dan menerima perbedaan karakter, pikiran dan budaya guna membangun kehidupan sosial yang harmonis. Selain itu, penulis juga berkesimpulan bahwa terdapat distorsi makna taaruf dalam pemahaman mayoritas masyarakat muslim Indonesia sehingga pesan (maqÄá¹£id) al-Qur’an yang terdapat pada ayat tersebut menjadi bias.
References
Abercrombie, N. (2006). The Pinguin Dictonary of Sociologi. California: Penguin.
al-Asfahani, A. Q. (2008). Mu’jam al-Mufrodât li Alfâzh Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Atsqalani, I. H. (1379 H). Fath al-Bârî bi al-Syarh Imam al-BukhÄri. Bairut: Dar al-Ma'arif.
al-Buthi, M. S. (2019). Fikih Sirah Nabawiyah. Libanon: Dar al-Fiqr.
al-Ghazali, A. H. (T.th). Ihyâ' 'Ulȗm ad-Dîn. Kairo: Dar al-Ihya al-Kutub.
al-Maraghi, A. M. (1974). TafsÄ«r al-MarÄghi. Mesir: Mustafa al-Bab Wa Auladuh.
al-Mubarukfuri, S. (2013). Rahiq al-Makhtum. Riyadh: Muntaha al-Saqafah.
al-Nahlawi, A. R. (1996). al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah fī al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Jakarta: Gema Insani Press.
al-Naisabury, A. H. (1991). AsbÄb al-NuzÅ«l. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Qardhawi, Y. (1999). Fiqh al-ZakÄh,. Jakarta: Pustaka Litera Antarnusa.
al-Qurthubi, A. A. (2006). Al-JÄmi' Li AhkÄm al-Qur'an. Bairut: Muassasah al-Risalah.
al-Razi, F. M. (1994). TafsÄ«r al-KabÄ«r wa MafÄtih al-Ghaib. Bairut: Dar al-Fiqr.
al-Shabuni, A. (t.th). Shofwah al-TafÄsri. Bairut: Dar al-Qur'an.
al-Shalabi, U. M. (2002). Al-Rukhash al-Syar’iyyah AhkamuhÄ wa DhawÄbithuhÄ. Alexandaria: Dar al-Imam.
al-Syazili, I. H. (1995). Fî Zhilâl Al-Qur’an. Bairut: Dar al-Kutub.
al-Thabari, M. I. (1999). JÄmi‘ al-BayÄn fÄ« Ta’wÄ«l Al-Qur’Än. Bairut: Dar Kutub ilmiyah.
al-Thahlan, M. (2008). UmahÄt Al-Mu’minÄ«n Fi al-Madrasah an-Nubuwah. jakarta: Pustaka Fatimah.
al-Zuhailiy, W. (2008). UsÅ«l al-Fiqh al-IslÄmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.
al-Zuhri, M. S. (2001). ThabaqÄt,. Qahirah: Maktabah al-Khanaji.
Arabi, A. B. (1996). Ahkâm Al-Qur’an. T. tp: T.th.
Asyur, I. (t. th). Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunisia: Daar Sunnah.
Beierhoff. (2022). Prosocial Behavior. New York: Taylor & francis.
Byrne, B. d. (2005). Social Psychology. Jakarta: Erlangga.
David O. Sears, e. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Dhaif, S. (2011). Al-Mu'jam Al-Wasîth. Mesir: Maktabah Syuruq.
Hamka. (2000). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Panji Mas.
Hana, L. (2012). Ta’aruf Proses Perjodohan Sesuai Syari Islam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Handayani. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Relesiensi Siswa Akselerasi. Thesis. Malang: Unioversitas Negeri Maulana Maliok Ibrahim.
Hasan, T. (1979). Al-Lughatu al-Arabiyyah Ma’nÄhÄ wa MabnÄhÄ. Mesir: Haiah al-Mishriyah.
Humaid, S. b. (2006). Mausu’ah Nadhrah al-NaÄ«m fî MakÄrim al-AkhlÄk al-RasÈ—l al-KarÄ«m. Jeddah: Dar al-Wasilah.
Kardjono. (2019). Pengendalian Emosi Melalui Relaksasi Aktif di Alam Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 21-27.
Katsir, I. A. (1994). Tafsīr Al-Qur’anal-‘Azīm. Riyadh: Maktabah Darussalam.
Linngs, M. (2007). Muhammad : Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik. Jakarta: Serambi.
Maskawih, I. (1999). Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung: Mizan.
Miswari, Z. (2007). Al-Qur’anKitab Toleransi. Jakarta: Fitrah.
Mussen, E. &. (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children. Cambrige: University Press.
Najib, M. S. (1985). Mu’jam al-MusthalÄhÄt an-Nahwiyah wa Sharfiyah. Bairut: Muassasah al-Risalah.
Nasih, A. (1999). Tarbiyah al-AulÄd fî al-IslÄm. Bairut: Dar al-Salam.
Pillavin, J. A. (1990). Altrusim: A Review of Recent Theory and Research, University of Wisconsin. University of Wisconsin (hal. 30). Universiti of Wisconsin.
Rahman, F. (1982). The Islamic Concecpt of State"Islam in Transsition, Muslim Perspectives. Doversity Press.
Rakhmat. (1999). Meraih Cinta Ilahi Pencerahan Sufistik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Reber, A. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritzer. (2014). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo.
Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. .. (2002). Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. jakarta: Raja Grafindo.
Suhud, A. (2008). Pra Kondisi Kebangkitan Dakwah di Makkah: Kajian Terhadap Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam. Media Pemikiran dan Pengembangan Masyarakat, 52.
Yucel, S. (2014). The Notion of Husnudzan or Positive Thinking in Islam: Medieval Perspective. Humanities and Social Sciences, 106.
Zuhaily, W. (2008). UsÅ«l al-Fiqh al-IslÄmiy. Damaskus: Dar al-Fiqr.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).