IMPLEMENTASI METODE AL MUYASSAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMPIT EL MA’MUR CIMANGGU KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Mutiara Mutiara Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.848

Keywords:

implementasi, metode Al Muyassar, hafalan, Al-Qur’an, siswa

Abstract

Banyaknya lembaga pendidikan yang memiliki program unggulan hafalan Al-Qur’an, namun dalam pemilihan metodenya belum tepat sehingga pencapaian target hafalannya tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Al Muyassar dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMPIT El Ma’mur Cimanggu Kota Bogor, mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambatnya, serta solusi terhadap hambatannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta teknik analisis data melalui metode deskriptif interpretatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi Metode Al Muyassar dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMPIT El Ma’mur dilakukan melalui pembelajaran Tahfidz dan Tahsin sehingga siswa dapat mencapai target hafalan dengan baik. (2) Faktor pendukungnya yaitu: peran kepala sekolah, guru profesional, perangkat pembelajaran, kerjasama sekolah, kemampuan siswa, dan irama. (3) Faktor penghambatnya yaitu: input siswa yang beragam, kualifikasi guru yang belum merata, dan minimnya peran orang tua. (4) Solusi input siswa yang beragam dengan adanya program klinik Al-Qur’an. Solusi hambatan kualifikasi guru yang belum merata dan minimnya peran orang tua dengan mengadakan pembinaan rutin.

References

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(01).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dan Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).

Maya, R. (2013). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-Ittiba’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Pane, A. dan M.D. Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitra: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(02).

Buku

Abdurrazaq, B. Y. (2014). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Adhim, S. A. (2013). Nikmatnya Membaca Al-Qur’an: Manfaat dan Cara Menghafal Bacaan Al-Qur’an Sepenuh Hati. Solo: Aqwam.

Al-Lahim, K. B. A. K . (2013). Mengapa Saya Menghafal Qur’an?: Metode Mutakhir dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Solo: Daar An-Naba.

Al-Muqrin, M. B. M. dan A. b. R. Ar-Ruwaisyid. (2010). Berkahnya Al-Qur’an dalam Kehidupan. Bogor: Pustaka Ibnu Umar.

Al-Qattan, M. K. (2012). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ash-Shiddiqy, H. (2012). Ilmu Alqur’an & Tafsir. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Hendra. (2014). Tahsin 1. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra. (2014). Tahsin 2. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2015). Jilid 1. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014).Jilid 2. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Jilid 3. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Jilid 4. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Jilid 5. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Tajwid. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Gharib. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan B. Feria. (2019). Muraja’ah Hafalan Al-Qur’an 2 Mushaf juz 30. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia

Hendra dan B. Feria. (2019). Al-Qur’an 2 Mushaf. Bogor: Yayasan Nurul Qur’an Indonesia.

Hendra dan Tim Al Muyassar. (2014). Modul Metode Al Muyassar. Bogor: Metode Al Muyassar Pusat.

Nazir. M. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanzih, A. (2009). Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Tim Prima Pena. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press.

Wiraatmadja, R. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zen, M. (2013). Tahfizh Al-Qur’an Metode Lauhun. Jakarta: Transpustaka.

Wawancara

Hasil observasi terhadap kegiatan proses pembelajaran di SMPIT El Ma’mur 30 Oktober 2019 pukul 07.00-12.30 WIB

Hasil wawancara dengan UAN pada hari Rabu, 20 November 2019 pukul 07.30 WIB.

Hasil wawancara dengan UJ pada hari Senin, 11 November 2019 pukul 11.07 WIB.

Hasil wawancara dengan UAL pada hari Senin, 11 November 2019 pukul 13.46 WIB.

Hasil wawancara dengan US pada hari Senin, 02 Desember 2019 pukul 09.30 WIB.

Downloads

Published

2020-07-08

How to Cite

Mutiara, M., Maya, R., & Maulida, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE AL MUYASSAR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMPIT EL MA’MUR CIMANGGU KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 36–48. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.848

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7