UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK AL-KARIMAH SISWA KELAS XI SMA KORNITA IPB DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Subrowi Subrowi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.694

Keywords:

teacher, akhlak al-karimah, budi pekerti, upaya.

Abstract

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Petama, (a) kegiatan pembinaan harian, mingguan, bulanan, dan kondisional, (b) kegiatan keagamaan seperti tilawah, lomba ceramah, cerdas cermat, (c) memberikan nilai-nilai keteladanan, persaudaraan, kekeluargaan, kesadaran, kesabaran, (d) melaksanakan kewajiban shalat tepat waktu, menutup aurat sesuai syariat, berakhlakul karimah, (e) menanamkan akhlak yang baik seperti sikap jujur, tanggung jawab, amanah, taat, patuh, dan (f) penanaman nilai seperti pendekatan, perkembangan, dan pembelajaran berbuat. Kedua, faktor pendukung (a) program karakter religius, (b) SDM baik, unggul dan (c) lingkungan yang sudah baik. Ketiga, faktor penghambat (a) faktor keberagaman suku, bahasa, dan (b) faktor siswa pindahan. Keempat, solusi atas faktor penghambat (a) melakukakn pembelajaran akhlak atau karakter religius untuk memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik dan (b) solusi dari peserta didik pindahan dari sekolah lain, maka mengadakan perhatian khusus untuk memberikan hasil yang baik dengan melibatkan pengurus rohani Islam.

References

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Halimah, S., Fahrudin, & Asari, H. (2017). Iplementasi Kurikulum 2003 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanmkan Akhlakul Kharimah. Edu Religi: 1 (4).

Maulida, A., Sarbini, M., & Hidayat, R. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1b).

Maulida, A. (2017). Kurikulum Pendidikan Akhlak Keluarga dan Masyarakat dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(06).

Maulida, A., Priyatna, M,. & Wahidin. U,. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02).

Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan, 18(1).

Mz, Syamsul Rizal. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01).

Rahmawati, N., Munadi, M. (2019). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02).

Yasyakur, M. (2017). Model Pembelajaran Berkarakter dalam Perspektif Al-Qur’an (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Sumber dari buku

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

HASMI, Lajnah Ilmiyah. (2010). Sirotulmustaqim Jalan Yang Lurus. Bogor: Pustaka Marwah Indo Media.

Husaini, A. (2012). Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Musfah, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Abu Arrad, S.A. (2015). Pengantar Pendidikan Islam. Bogor: PT Marwah Indo Media.

Samsul, N. & Ramayulis. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

UU RI No. 14 Tahun 2005. (2014). Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Sumber dari internet/Wabsite

https://majalahpendidikan.com/ akhlak-definisi-dan-macam- macam-akhlak/ (diakses pada tanggal 23 september 2019 pukul 06.30).

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Subrowi, S., Maulida, A., & Priyatna, M. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK AL-KARIMAH SISWA KELAS XI SMA KORNITA IPB DRAMAGA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 32–42. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.694

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7