PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAMANTRI 03 DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Dede Ahmad Muhtarom Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.667

Keywords:

peran, pendidikan, solusi

Abstract

Perbincangan mengenai pendidikan siswa yang bisa membaca Al-Qur’an di Indonesia belakangan ini semakin menguat. Karena banyaknya anak yang memiliki kesulitan dalam hal membaca Al-Qur’an. Disini guru yang mengajar terutama yang mengajar pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam mengatasi siswa yang memilki kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertempatkan di SD Negeri Sukamantri 03 yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa Kelas V, mengetahui faktor-faktor pendukung terhadap peran Guru PAI dan Budi Pekerti, mengetahui faktor-faktor penghambat terhadap peran Guru PAI dan Budi Pekerti, dan untuk mendapatkan solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat terhadap peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa Kelas V di SDN Sukamantri 03 Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.

References

Sumber dari Jurnal/Penelitian

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Priyatna, M. (2014). Konsep Pendidikan Jiwa (Nafs) Menurut Al-Qur’an dan Hadits. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islami, 03(05).

Rahmat, H. dkk. (2018). Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. 03(02). Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B). hlm. 148.

Subekhan, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. PAI: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam.

Subekhan, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam.

Wahidin, U. (2012). Peran Strategis Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 01(02). Hal. 1.

Wahidin, U. 2012. Budaya gemar membaca sejak usia dini. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islami, 1(1).

Sumber dari Buku

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, B. (2009). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta. hlm. 123

Al-Qaththan, M. (2012). Pengantar Studi Ilmu AlQur’an. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Danim, S. (2013). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, A. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 143.

Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah. h. 17.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.

Website

https://m.dream.co.id/ amp/news/ironis-65-muslim-tak -bisa-baca-al-quran-di-indonesia 1510304.html, diakses pada Sabtu tangga 26 Oktober 2019 pukul 21:30 WIB

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Muhtarom, D. A., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAMANTRI 03 DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.667

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>