IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA MUSLIM DI PESANTREN AL-HIDAYAH LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA BOGOR TAHUN 2019

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.572

Keywords:

proses pembelajaran, warga binaan pemasyarakatan, penjara.

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Bogor sebagai tempat pembinaan narapidana muslim wajib menyelenggarakan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya meningkatkan iman dan takwa narapidana muslim selama masa hukuman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran PAI bagi narapidana muslim, faktor-faktor pendukung, faktor-faktor penghambat serta solusi terhadap faktor penghambat implementasi sistem pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi sistem pembelajaran PAI bagi narapidana muslim di Pesantren Al-Hidayah sudah berjalan dengan cukup baik dengan adanya berbagai kegiatan pembelajaran yang telah terstruktur dan memenuhi seluruh komponen sistem pembelajaran. Faktor pendukung implementasi berasal dari internal dan eksternal pesera didik. Faktor penghambat implementasi pun berasal dari internal dan eksternal peserta didik. Solusi yang dilakukan terhadap faktor penghambat antara lain pemaksimalan proses pembelajaran, edukasi terhadap peserta didik, optimalisasi tenaga pendidik dan pemaksimalan sarana prasarana.

References

Al-Habib, R.A. (2017). Maximum Security Prison Design (Pendekatan Pada Humanis Desain dan Eko Arsitektur). Artikel Publikasi. Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Agama Islam (PAI) di Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Ginanjar, M.H. dan Wartono. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maulida, A. (2017). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(07).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhmammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2018). Implikasi Relasi Eksploratif (‘Alâqah Al-Taskhîr) dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis atas Pemikiran Mâjid ‘Irsan Al-Kîlânî. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Wahidin, U. dan Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01).

Sumber dari Buku

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daulay, H.P. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasih, A.M. dan Kholidah, L.N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama.

Subdirektorat Statistik Politik dan Keamanan. (2018). Statistik Kriminal 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sumber dari Dokumen

Undang-Undang No. 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Keputusan Menteri Kehakiman No. M.01-PR.07.03 tahun 1985 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemasyarakatan.

Sumber dari Internet

https://republika.co.id

http://ditjenpas.go.id

https://kbbi.web.id

Downloads

Published

2019-12-10

How to Cite

Supriyanto, S., Wahidin, U., & Ginanjar, M. H. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA MUSLIM DI PESANTREN AL-HIDAYAH LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA BOGOR TAHUN 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 186–201. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.572

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>