PERAN MAJELIS TAKLIM QURAN PALACE DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAKUL KARIMAH JEMAAH MELALUI KAJIAN TAZKIYATUN NUFUS (Studi Kasus pada Majelis Taklim di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.420

Abstract

Salah satu peran majelis taklim sebagai lembaga non formal adalah mengembangkan akhlakul karimah masyarakat dengan memberikan pemahaman mengenai tazkiyatun nufus. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran majelis taklim dalam mengembangkan akhlakul karimah jemaah melalui kajian Tazkiyatun Nufus, faktor-faktor pendukung peran majelis taklim, faktor-faktor penghambat peran majelis taklim, dan solusi yang dilakukan majelis taklim dalam mengatasi faktor-faktor penghambat perannya tersebut.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi.Sedangkan tempat penelitian di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Adapun hasil penelitiannya adalah: Pertama, Majelis Taklim Quran Palace memiliki peran dalam mengembangkan akhlakul karimah jemaah, antara lain menjelaskan materi Tazkiyatun Nufus, sarana untuk menambah ilmu agama Islam, sarana untuk menambah dan memperkuat ukhuwah Islamiyah, dansarana menambah iman. Kedua, di antara faktor pendukung peran Majelis Taklim antara lain keinginan jemaah untuk mencari ilmu, meraih pahala dan ridho Allah, menjadi manusia yang berakhlakul karimah, adanya sarana prasarana yang memadai, motivasi dari pendidik, waktu luang, materi kajian yang menarik dan mudah dipahami, pendidik yang kompeten, metode pembelajaran yang sesuai, media pembelajaran yang baik, antusias jemaah, tempat tinggal jemaah yang dekat, dan adanya evaluasi. Ketiga, di antara faktor penghambat peran majelis taklim antara lain rasa malas, lelah, factor usia, kondisi kesehatan, cuaca, pekerjaan, ibu-ibu pengajian yang diperbolehkan membawa anak-anak yang sering membuat gaduh, ikhwan sering nongkrong di koridor saat pulang kajian, di koridor masjid dan parkiran banyak ikhwan yang tidak dapat menjaga pandangan, pintu masuk akhwat dan ikhwan mejadi satu, dan adanya fitnah yang disebarkan oknum tertentu. Keempat, solusi yang dilakukan majelis taklim antara lain pemberian nasehat, membuat live streaming kajian Tazkiyatun Nufus di berbagai media sosial, sabar, dan memberi penjelasan oleh pemateri dan DKM Al-Ikhlas.

References

Al-‘Abd Al-Lathif, A.M. (1993). Ma’alim fi Al-Suluk wa Tazkiyah Al-Nufus. Riyadh: Dar Al-Wathan.

Al-Hilali, S.B.I. (2010). Tazkiyatun Nufus Para Nabi. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Al-Jauziyyah, I.Q. (2009). Ad-Daa’ wa Ad-Dawaa’. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25.

Jawas, Y.B.A.Q. (2018). Manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam Tazkiyatun Nufus. Bogor: Pustaka Attaqwa.

Kamsi, N. (2017). Peranan Majelis Taklim dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam di Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau. Jurnal Manthiq, 02(1).

Masyhuri. (2012). Prinsip-Prinsip Tazkiyah Al-Nafs dalam Islam dan Hubungannya dengan Kesehatan Mental. Jurnal Pemikiran Islam, 37(2).

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(4).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Maya, R. (2018). IMPLIKASI RELASI EKSPLORATIF (ALAQAH AL-TASKHIR) DALAM PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH FILOSOFIS ATAS PEMIKIRAN MAJID IRSAN AL-KILANI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 245-264.

Sarbini, A. (2010). Internalisasi Nilai Keislaman Melalui Majelis Taklim. Jurnal Ilmu Dakwah, 05(16).

Sarbini, M., & Maya, R. (2019). MENGGAGAS PENDIDIKAN ANTI JAHILIYAH (KEBODOHAN, AL-JÂHILIYYAH). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 1-20.

Suhendra, D. (2015). Peran Majelis Taklim dalam Membina Akhlaq Remaja di Kampung Besar Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa.

Tim Penyusun. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Wahidin, U. (2014). Communication Training Learning Based Multimedia Development for Teachers of Pedagogy Competence. International Journal of Education and Management Studies. ISSN-p-2231-5632, ISSN-e-2321-3671, Volume 4, Issue 2. June-2014.

Downloads

Published

2019-04-16

How to Cite

Vathin, K., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). PERAN MAJELIS TAKLIM QURAN PALACE DALAM MENGEMBANGKAN AKHLAKUL KARIMAH JEMAAH MELALUI KAJIAN TAZKIYATUN NUFUS (Studi Kasus pada Majelis Taklim di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 144–156. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.420

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>