IMPLEMENTASI METODE AT-TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PADA TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) HUNAFA ANAK SHALEH DAN SHALEHAH KECAMATAN JAGARKARSA KOTA JAKARTA SELATAN

Authors

  • Syarif Hidayat Alumni Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Dosen Tetap STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.298

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak pada saat sekarang ini, khususnya pada daerah perkotaan, dimana masih terdapat anak yang belum bisa membaca Alquran. Kalau sejak dini masih belum bisa membaca Alquran, maka akan sulit juga untuk memahami isi kandungan dari kitab suci Alquran. Maka dari itu banyak orangtua menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Alquran (TPA) untuk belajar agama, khususnya cara membaca Alquran. Pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) Hunafa Anak Shaleh dan Shalehah Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan memakai suatu metode untuk memudahkan anak di dalam membaca Alquran, yaitu metode At-Tahsin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode At-Tahsin, serta faktor yang menjadi penunjang dan penghambat pembelajaran membaca Alquran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptive interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada metode At-Tahsin terbagi menjadi enam jilid yang setiap jilidnya berbeda pokok pembahasannya sesuai dengan tingkatannya. Pada setiap bukunya yang tipis namun berukuran agak besar sehingga menarik anak-anak untuk membacanya dan juga agar anak tidak merasa bosan ketika belajar membaca Alquran. Faktor yang menjadi penunjang di dalam pembelajaran Alquran yaitu (a) Tempat; dan (b) Sarana dan prasarana. Kemudian faktor yang menjadi pengahambatnya yaitu (a) Orangtua; dan (b) Pengajar (internal).

Kata kunci: implementasi, metode At-Tahsin, membaca Alquran.

References

Al-Makky, Hisyam bin Mahrus Ali. (2013). Bimbingan Tahsin Tilawah Alquran. Solo : Zam-Zam.

Al-Jaza ‘iri, Abu Bakar Jabir. (2011). Minhajul muslim.Konsep Hidup Ideal dalam Islam. Jakarta: Darul Haq.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Almanshur, M. Djunaidi Ghony Fauzan. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruz Media.

Sarifudin, S., & Halimah, H. (2018). MANAJEMEN FACEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Hamid, Moh. Sholeh. (2014). Metode Edu Tainment. Yogyakarta: Diva Press.

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Mushaf Al-Kamil. (2012) Alquran dan terjemahnya. Jakarta: CV Darus Sunnah.

Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab.

Yogjakarta: DIVA Press.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Ramayulis. (2012). Metologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Prenadia media.

Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2018-10-02

How to Cite

Hidayat, S., Maya, R., & Sarifudin, S. (2018). IMPLEMENTASI METODE AT-TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PADA TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) HUNAFA ANAK SHALEH DAN SHALEHAH KECAMATAN JAGARKARSA KOTA JAKARTA SELATAN. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 76–87. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.298

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5