UPAYA GURU PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK YATIM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Marhamah Lil Aitam Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor)

Authors

  • Afif Khariri Shofa Alumni Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogo, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.296

Abstract

Anak yatim sama halnya dengan anak lain pada umumnya, yaitu membutuhkan perhatian orangtuanya termasuk membutuhkan pendidikan. Berdasarkan rasionalitas tersebut, tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan dan menjelaskan kurikulum yang diterapkan guru  pendidikan akhlak, mendiskripsikan dan menjelaskan upaya-upaya guru pendidikan akhlak, serta untuk mendiskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan prestasi belajar  anak yatim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sedangkan tempat penelitian di Pesantren Darul Marhamah Lil Aitam Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: Pertama, kurikulum pembelajaran di Pesantren Darul Marhamah Lil Aitam menggunakan kurikulum mandiri. Kedua, upaya guru Pendidikan Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar anak yatim antara lain menggunakan metode-metode yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran, memotivasi dengan memberikan kisah-kisah teladan para nabi dan sahabat, membuat halaqah (kelompok belajar), memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang keaktifan siswa, dan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) minimal tujuh koma lima (7,5). Ketiga, faktor pendukung yang mempengaruhi prestasi belajar anak yatim antara lain prasarana yang memadai, dan adanya tambahan jam belajar. Keempat, faktor penghambat yang mempengaruhi prestasi belajar anak yatim antara lain terbatasnya tenaga pengajar, sarana yang belum memadai, dan masalah psikologis anak.     

Kata kunci: upaya guru, pendidikan akhlak.

References

Aziz, Hamka Abdul. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta Selatan: Al-Mawardi Prima.

Fitriyani. (2008). Metode Bimbingan Islam dalam Pembinaan Akhlak Anak Yatim di Panti Asuhan Yakiin Larangan Tangerang. “Skripsi Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islamâ€. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khalifah, Mahmud dan Qutub, Muhammad. (2016). Menjadi Guru Inspiratif. Sukoharjo: Mumtaza Memang Istimewa.

Majid, Abdul dan Andayani, Dian (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulida, Ali. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Muslihah, Eneng. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Diadit Media.

Surayin. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Syah, Muhibbin. (2014) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-10-02

How to Cite

Shofa, A. K., Maya, R., & Sarifudin, S. (2018). UPAYA GURU PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK YATIM (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Marhamah Lil Aitam Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.296

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5