PENINGKATAN KUALITAS PARA PENGAJAR AL-QUR`AN DALAM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BACA AL-QUR`AN DI KELURAHAN GUNUNG BATU

Authors

  • Rumba Triana Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Hasnil Hasyim Prodi PS STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Nisrina Nisrina Prodi IAT STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Anggita Triya Ramadhani Prodi PAI STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i01.981

Keywords:

Pendidikan, pemberdayaan, Pengajar, Al-Qur’an

Abstract

Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gunung Batu pada Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor melalui program peningkatan kualitas pera pengajar Al-Qur`an adalah bentuk pembinaan masyarakat untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an di masyarakat. Diantara Bentuk-bentuk program pendampingan yang dilakukan pada PkM kali ini diantara lain: (1) Guru Bantu Al-Qur`an TPA/TPQ Kelurahan Gunung Batu, (2) Festival Anak Sholeh Lomba Antar TPQ, (3) Seminar Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur`an Kelurahan Gunung Batu, (4) Wakaf Al-Qur`an, Iqra` dan Buku Pembelajaran Al-Qur`an Metode Imam Syafi’i. Melalu observasi didapatkan bahwa pada Kelurahan Gunung Batu, didapati anak-anak yang belum dapat membaca dan menulis Al-Qur’an, selain itu juga tidak dapati sarana-prasana yang memadai, dan itu disebabkan imbas dari kurang memadainya guru-guru Al-Qur`an yang berkompeten dalam bidang baca, tulis dan keilmua Al-Qur`an. Maka untuk  membantu memecahkan masalah sosial tersebut, maka dirasa perlu memberikan pelatihan dalam bidang Al-Qur`an dengan tujuan di peningkatan SDM yang akan menjadi motor ditengah-tengah masyarakat. Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gunung Batu melalui program peningkatan kualitas pera pengajar Al-Qur`an telah melahirkan perubahan perilaku positif pada penerima manfaatnya dan berimplikasi pada meningkatnya kemampuan kemampuan membaca Al-Qur`an bagi warga Kelurahan Gunung Batu

References

Hanafi, Yusuf. (2019). Literasi Al-Qur`an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid. Sidoarjo: Delta Fajar Khatulistiwa.

Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01 (01), 2.

Neolaka, Armos. (2019). Isu-isu Kritis Pendidikan Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta: Prenamedia Grup.

Kusdian, Ading. (2014). SEJARAH PESANTREN: Jejak, Penyebaran, dan Jaringannya di Wilayah Priangan (1800-1945). Jakarta: 2014.

Raja, Suku AR. (2018). Panduan Cepat dan Mudah Membaca Al-Qur`an. Yogyakarta: Penerbit Kaktus.

Asy-Syafi’I, Imam. (2013). Kitab Al-Umm Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Al-Majdi, Abdussalam Al-Muqbil. (2008). Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Al-Qur`an Kepada Para Sahabat. Jakarta: Darul Falah.

Dahlan, R.M. (2018). Menjadi Guru Yang Bening Hati: Strategi Mengelola Hati di Abad Modern. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ali, Imran. (2012). 33 Amalan Penarik Berkah dan Rezeki. Jakarta: Penerbit Kalil.

Downloads

Published

2020-06-20

How to Cite

Triana, R., Hasyim, H., Nisrina, N., & Ramadhani, A. T. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PARA PENGAJAR AL-QUR`AN DALAM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BACA AL-QUR`AN DI KELURAHAN GUNUNG BATU. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 14–25. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i01.981

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)