PEMBERDAYAAN MEDIA SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN, DAKWAH ISLAM, DAN KESEHATAN LINGKUNGAN PADA ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rumba Triana STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ahmad Rustandi STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Daud Rahmat Efendi STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sabiq Al-Akhyar Hidayat STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v2i01.1478

Keywords:

media sosial, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dakwah, kesehatan lingkungan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) STAI Al-Hidayah dengan tema pemberdayaan media sosial masyarakat terhadap peningkatan pendidikan, dakwah islam, dan kesehatan lingkungan pada era pandemi covid-19 merupakan respon tim peneliti PkM terhadap dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi Covid-19. Mencermati kondisi masyarakat yang terdampak bahwa pembelajaran dan dakwah dilakukan secara online sehingga banyak siswa yang terlena dengan alat belajarnya yaitu handphone. Penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang muncul akibat pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif dimana tim mencoba menelaah secara mendalam masalah yang terjadi berdasarkan data dan fakta valid yang dapat dipertanggungjawabkan. Tim menggunakan pendekatan fenomenologis dan sosial ekonomi untuk memahami gejala sosial ekonomi yang muncul akibat pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen berupa sumber tertulis, film, gambar, atau foto. Hasil penelitian di bidang pendidikan dan dakwah adalah meningkatnya pemahaman agama dan ibadah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan PkM berdampak positif dan memberi kontribusi yang besar karena masyarakat mendapatkan edukasi tentang perilaku hidup sehat di masa pandemi.

References

Sadiman, Arif S. dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Bill Clinten. (2021). Pengguna Medsos di Indonesia Habiskan 25 Jam Per Bulan untuk Nonton YouTube. Kompas.com. Tersedia secara online di https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/17020027/pengguna-medsos-di-indonesia-habiskan-25-jam-per-bulan-untuk-nonton-youtube

Daryati, Sri. (2015). Strategi Perencanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Majalah Perencana Bapedda Kabupaten Blora Nomor 02/1.2/2015.

Kesi Widjajanti. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 12: 1 Juni, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Tersedia secara online di https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers

Kominfo. (2020). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Tersedia secara online di https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/kominfo+%3A+pengguna+internet+di+indonesia+63+juta+orang/0/berita_satker

 Kurniawan, Andre. Merdeka.com. 9 Manfaat Penghijauan bagi Lingkungan, Mampu Bersihkan Udara hingga Segarkan Mata. Tersedia secara online di https://www.merdeka.com/jabar/9-manfaat-penghijauan-bagi-lingkungan-bersihkan-udara-hingga-segarkan-mata-kln.html?page=3

Media Indonesia. (2020). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Tersedia secara online di https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa, Jurnal KWANGSAN Vol. 1 - Nomor 2, Desember 2013

Murwani, Endang. dkk. (2015). Sinergi perguruan tinggi dan dunia usaha untuk pemberdayaan masyarakat berkelanjutan: Buku prosiding kesehatan dan lingkungan hidup. Banten: UMN Press (Universitas Multimedia Nusantara). Tersedia secara online di https://www.pdfdrive.com/kesehatan-dan-lingkungan-hidup-d59076454.html

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sekolah Tingi Agama Islam (STAI) Bogor. 2021. Profil Prodi MPI. Tersedia secara online di https://staia.ac.id/manajemen-pendidikan-islam/

Swastika. Sri dkk. (2017). Petunjuk Teknis Budidaya Sayuran Hidroponik (Bertanam tanpa media tanah). Riau: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertania

Tim Editor Program studi Pendidikan FKIP Universitas Jember. (2015). PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Transformatif dan Tantangan Masa Depan Bangsa. Jember: UPT Penerbitan Universitas Jember.

Tim Kreatif. (2014). Al-Qur’an Terjemah Al-Ikhlas: Terjemah standar Kemenag RI. Jakarta: Samad.

Wikipedia: Pemberdayaan masyarakat. (2020). Tersedia secara online di https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberdayaan_masyarakat

Wikipedia: Pengabdian kepada masyarakat. Tersedia secara online di https://id.wikipedia.org/wiki/Pengabdian_masyarakat

Yudo Dahono dalam Berita satu. 2021. Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Terseia secara online di: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Triana, R., Rahman, R., Rustandi, A., Efendi, D. R., & Hidayat, S. A.-A. (2021). PEMBERDAYAAN MEDIA SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN, DAKWAH ISLAM, DAN KESEHATAN LINGKUNGAN PADA ERA PANDEMI COVID-19. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 92–108. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v2i01.1478

Citation Check