MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4898Keywords:
Management, ExtracurricularAbstract
Penelitian membahas pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam pendidikan formal, khususnya di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Pendidikan merupakan proses pengajaran yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anak-anak. Pendidikan formal dilakukan di sekolah, sementara pendidikan informal terjadi di lingkungan keluarga. Baik pendidikan formal maupun informal berusaha mengarahkan perkembangan anak dengan membimbing pertumbuhan fisik dan intelektual mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tentang manajemen ekstrakurikuler non-akademik siswa di SMA Negeri 4 Bukittinggi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi peran serta, dan dokumen. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari tulisan ini Kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi daya tarik utama bagi siswa dan memberikan pengalaman berharga di luar lingkungan akademik. Dengan memahami dan menerapkan manajemen yang baik, sekolah dapat meningkatkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Bangun, Sabaruddin Yunis. 2019. “Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik.†Jurnal Prestasi 2 (4): 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913.
Dakir, D. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah Dan Madrasah.
Efrina, Lisa, and Andi Warisno. 2021. “Meningkatkan Mutu Melalui Implementasi Manajemen.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3 (2): 214–19.
Eka Mulyani, S.Pd. 2023. “Wawancara.†SMA Negeri 4 Bukittinggi.
Fitri, Eka, Nindiatus Sholehah, Sitti Widatul Hasanah, Riska Ahwa Anggraeni, Ummi Rusdiana, and Universitas Jember. n.d. “Peran Orang Tua.â€
Inriyani, Yayan, Wahjoedi, and Sudarmiatin. 2020. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips.†PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING 8: 274–82.
Manajemen, Prinsip-prinsp Utama, and George R Terry. 2023. “Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry†1 (3).
Muyasaroh, Siti. 2019. “Pengelolaan Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif.†Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4 (1): 1–20. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58.
NAJAH, Y. A. 2018. PENGARUH KETERLIBATAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERILAKU KEPEMIMPINAN SISWA KELAS VII DI MTsN 5 NGANJUK. Kediri: (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Nasional, Departemen Pendidikan. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan. Jakarta: Depdiknas.
Nora Endrita, S.Pd. 2018. “Wawancara Pembina OSIS.â€
Supeni, S., Handini, O., & Al Hakim. 2022. Supeni, S., Handini, O., & Al Hakim, L. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah. Unisri Press.
U.H. Saidah. 2016. Pengantar Pendidikan (Telaah Pendidikan Secara Global Dan Nasional). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).