Mitigasi Bencana di Madrasah Diniyah dengan Model Pembelajaran Katumbiri yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam

Authors

  • Helmi Aziz Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Dinar Nur Inten Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Dewi Mulyani Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Andalusia Neneng Permatasari Universitas Islam Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5676

Keywords:

Integrasi Nilai-Nilai Islam, Mitigasi Bencana, Model Katumbiri, Siswa Madrasah Diniyah

Abstract

Penerapan model pembelajaran katumbiri yang terintegrasi nilai-nilai Islam dilatar belakangi karena daerah lokasi penelitian merupakan daerah rawan bencana alam khususnya banjir dan longsor. Setiap bencana, korban yang paling banyak berjatuhan adalah anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan kepada para siswa Madrasah Diniyah terkait mitigasi bencana melalui model pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan bermakna untuk anak yaitu model Katumbiri. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian one group design yang diujikan pada sampel sebanyak 20 orang siswa Madrasah Diniyah yang diambil dengan purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui model pembelajaran katumbiri yang terintegrasi nilai-nilai Islam, siswa dapat memiliki karakter peduli lingkungan untuk mitigasi bencana yang menyenangkan dan syarat dengan nilai-nilai keislaman.

Author Biography

Helmi Aziz, Universitas Islam Bandung

Do The Best To Get The Best

References

Agustina, I. G. A. T., Wibawa, I. M. C., & Tika, I. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Terhadap Pemahaman Dan Ketahanmalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.

Al-Nashr, & Mohammad Sofyan. 2018. Integrasi Pendidikan Siaga Bencana Dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman. https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779

Annisa, A., & Sutapa, P. 2019. The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140

Antara, P. A. 2018. STIMULASI METODE PERMAINAN KREATIF BERDESAIN CREATIVE MOVEMENT DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL ANAK. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.122.11

Azis, D. M., Antara, P. A., & Handayani, D. A. P. 2022. Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42592

Aziz, H. 2018. KURIKULUM INTEGRATIF BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM (Penelitian di SMP IT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1535

Aziz, H., Inten, D. N., Mulyani, D., & Permatasari, A. N. 2022. Pendampingan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Mitigasi Bencana di Lembaga PAUD Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Aziz, H., Nursobah, A., Mahmud, M., & Mansyur, A. S. 2019. The Internalization of Islamic Values in Social Sciences Learning. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.64

Bigge, M. L. (1982). Learning Theories for Teachers. Harper & Row.

BNPB. (2023). Infografis Bencana tahun 2022. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. https://bnpb.go.id/infografis/infografis-bencana-tahun-2022

Devi, N. L. P. L. 2018. Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “ konservasi †berbasis kearifan lokal untuk mahasiswa jurusan Pendidikan IPA. Wahana Matematika Dan Sains; Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya.

Dewi, R. S., & Anggarasari, N. hudha. 2020. Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438

Firmansyah, Y., Gani, R. M. G., Mukti, I. J., & Sube, M. 2017. Pemberdayaan Anak Sekolah Guna Mewujudkan Tangguh Bencana Longsor Melalui Sosialisasi, Di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hafida, N., & Wahid, A. H. 2019. Pembentukan Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan bagi Peserta Didik di Madrasah melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(02). https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3295

Hasbi, A. N. M., Yuliantina, I., & Nurfadillah. 2019. Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD (Vol. 1). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Hendarman, et al. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Inten, D. N. 2017. Penanaman Kejujuran pada Anak dalam Keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/5907

Inten, D. N., Mulyani, D., & Hakim, A. 2022. Mitigation Literacy of Fire Disaster for Early Childhood by Integrating Islamic Values. Jurnal Pendidikam Islam Indonesia, 7(1), 49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/jpii.v7i1.460

Inten, D. N., Mulyani, D., Khambali, K., Tiwi, D., & Lichandra, F. 2021. Buku Panduan Pengajaran Mitigasi Katumbiri Bagi Guru Paud. Lekkas.

Khairoh, L., Rusilowati, A., & Nurhayati, S. 2014. Pengembangan Buku Cerita Ipa Terpadu Bermuatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Tema Pencemaran Lingkungan. Unnes Science Education Journal.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. 2021. Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Liu, Y., & Mattke, S. 2020. Association between state stay-at-home orders and risk reduction behaviors and mental distress amid the COVID-19 pandemic. Preventive Medicine. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2020.106299

Muhajir, Nurhayati, U., & Iman, F. 2022. Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332

Muhammad, A. 2022. Urgensi Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Al-Quran. Jurnal Perspective of Contemporary Islamic Studies, 13(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/7763

Mulyani, D., Nur Inten, D., & Khambali. 2021. Anak dan Bencana (Mengembangkan Resiliensi Anak Menghadapi Bencana). Lekkas.

Pahleviannur, M. R. 2019. Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Proulx, K., & Aboud, F. 2019. Disaster risk reduction in early childhood education: Effects on preschool quality and child outcomes. International Journal of Educational Development. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.01.007

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. 2020. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rahim, S., & Mus, S. F. 2020. Aktualisasi Ajaran Islam dalam Penerapan Akuntansi Lingkungan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.ja-mal.2020.11.3.39

Rahma, A. 2020. Pembelajaran Sains Untuk Mengenalkan Kebencanaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2124

Rahmat, H. K., Kasmi, & Kurniadi, A. 2020. Integrasi dan Interkoneksi antara Pendidikan Kebencanaan dan Nilai-Nilai Qur’ani dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah Menengah Pertama. Prociding Interkoneksi Islam Dan Sains. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/440

Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., Wahyuni, E. S., Islami, A. A., Utari, R., & Kholifah, E. N. 2022. Pemberdayaan Keterampilan Mitigasi Bencana Berbasis Project Based Learning. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7910

S.E. Putri, S.S. Zenien, & Amirullah. 2022. Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Integrasi Nilai Nilai Islam Dalam Mata Pelajaran Ipa Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56560

Sari, A. M., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Alat Peraga Pemanasan Global Berbahan Bekas Pakai untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(3), 616–622. https://doi.org/DOI 10.15294/USEJ.V3I3.4274

Sartika, S. B., Supriyadi, & Wiguna, A. 2022. Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Materi Perubahan Iklim dalam Perspektif Teknologi Pembelajaran. Procedia of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/https://pssh.umsida.ac.id/index.php/pssh/article/view/440

Spitzer, M. 2021. Open schools! Weighing the effects of viruses and lockdowns on children. Trends in Neuroscience and Education. https://doi.org/10.1016/j.tine.2021.100151

Taja, N., & Aziz, H. 2017. Mengintegrasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.131-03

Triana, P., Widowati, H., & Achyani, A. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4442

Published

12-02-2024

Citation Check