Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile

Authors

  • Indah Wahyu Ningsih Universitas islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Sarbini STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5666

Keywords:

Transformasi, Digital, Pembelajaran, Al-Qur’an, Tilawati Mobile

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi digital media pembelajaran membaca Al-Qur’an pada aplikasi Android Tilawati Mobile yang menjadi penunjang pembelajaran membaca Al-Qur’an karena memiliki fitur audio-visual di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Data pada penelitian diperoleh dari berbagai artikel jurnal, buku, webb dan berbagai dokumentasi yang menunjang serta media lain yang ada relevansi dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa transformasi digital media pembelajaran membaca Al-Qur’an pada dasarnya muncul karena empat sebab yang menjadi latar belakang. Adanya aplikasi Android Tilawati Mobile merupakan upaya menjawab tantangan dinamika perkembanagn zaman sekaligus sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran membaca Al-Qur’an yang efektif dan efisien, aplikasi ini memiliki berbagai keunggulann seklaigus juga terdapat kekurangan.

 

Author Biography

Indah Wahyu Ningsih, Universitas islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Chakim, Luqman, D. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati. Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.

Hernawan A. H., & Andriyani, D., (2014). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Modul Pembelajaran.

Hadi, A. (1998). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159

Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (n.d.). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. 22–27.

Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Quran Dalam Literasi Global. Al Marhalah, 3(2).

Majit, A., & Miski. (2023). Pembelajaran Al-Qur’an Secara Digital: Pergeseran Sistem Isnad dan Peneguhan Otoritas Baru. Jurnal SMart, 09, No.01, 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1795

Muhammad Aman Ma’mun. (2019). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31

Mulyadi, Inayati, M., & Hasan, N. (2023). Revitalisasi Pendidikan Islam Tradisional Dalam Era Transformasi Digital. Al Qodiri Jurnal Penidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 486–500. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.486-500

Ningsih, I. W. (2022). Manajemen Diklat Tilawati Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Qur’an di Jawa Barat (Studi Penelitian Tilawati Center Jabar 1). JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Papadakis, Kalogianakis, & Zaranis. (2018). Educational apps From The Android Google Play for Greek Preschooler: A Systematik Review. Computer and Education, 116. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131517302117

Penggunaan, P., Android, A., & Appsgeyser, B. (2021). JPE : Journal of Primary Education. 1.

Rahmayani, T., & Adisucipto, J. L. (2018). Pergeseran Otoritas Agama dalam Pembelajaran Al-Qurán. 3(2), 189–201. https://doi.org/10.24090/maghza.v3i2.2133

Sofian Efendi. (2021). Sejarah Dan Perkembangan Metode Pembelajaan Al-Qur’an di Indonesia.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru.

Suryati, S. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca A l-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an. PROMUSIKA, 5(1). https://doi.org/10.24821/promusika.v5i1.2286

Tim Penerbit Cemerlang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. Cemerlang.

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Yunus, M. (1990). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Hida Karya Agung.

Additional Files

Published

12-02-2024

Citation Check