Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5666Keywords:
Transformasi, Digital, Pembelajaran, Al-Qur’an, Tilawati MobileAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi digital media pembelajaran membaca Al-Qur’an pada aplikasi Android Tilawati Mobile yang menjadi penunjang pembelajaran membaca Al-Qur’an karena memiliki fitur audio-visual di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Data pada penelitian diperoleh dari berbagai artikel jurnal, buku, webb dan berbagai dokumentasi yang menunjang serta media lain yang ada relevansi dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa transformasi digital media pembelajaran membaca Al-Qur’an pada dasarnya muncul karena empat sebab yang menjadi latar belakang. Adanya aplikasi Android Tilawati Mobile merupakan upaya menjawab tantangan dinamika perkembanagn zaman sekaligus sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran membaca Al-Qur’an yang efektif dan efisien, aplikasi ini memiliki berbagai keunggulann seklaigus juga terdapat kekurangan.
Â
References
Chakim, Luqman, D. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati. Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.
Hernawan A. H., & Andriyani, D., (2014). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. Modul Pembelajaran.
Hadi, A. (1998). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (n.d.). Revolusi industri 4.0 dan tantangan perubahan sosial. 22–27.
Majid, Z. A. (2019). Refleksi Al-Quran Dalam Literasi Global. Al Marhalah, 3(2).
Majit, A., & Miski. (2023). Pembelajaran Al-Qur’an Secara Digital: Pergeseran Sistem Isnad dan Peneguhan Otoritas Baru. Jurnal SMart, 09, No.01, 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1795
Muhammad Aman Ma’mun. (2019). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31
Mulyadi, Inayati, M., & Hasan, N. (2023). Revitalisasi Pendidikan Islam Tradisional Dalam Era Transformasi Digital. Al Qodiri Jurnal Penidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 486–500. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.486-500
Ningsih, I. W. (2022). Manajemen Diklat Tilawati Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Qur’an di Jawa Barat (Studi Penelitian Tilawati Center Jabar 1). JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Papadakis, Kalogianakis, & Zaranis. (2018). Educational apps From The Android Google Play for Greek Preschooler: A Systematik Review. Computer and Education, 116. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131517302117
Penggunaan, P., Android, A., & Appsgeyser, B. (2021). JPE : Journal of Primary Education. 1.
Rahmayani, T., & Adisucipto, J. L. (2018). Pergeseran Otoritas Agama dalam Pembelajaran Al-Qurán. 3(2), 189–201. https://doi.org/10.24090/maghza.v3i2.2133
Sofian Efendi. (2021). Sejarah Dan Perkembangan Metode Pembelajaan Al-Qur’an di Indonesia.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Sinar Baru.
Suryati, S. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca A l-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an. PROMUSIKA, 5(1). https://doi.org/10.24821/promusika.v5i1.2286
Tim Penerbit Cemerlang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya. Cemerlang.
Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399
Yunus, M. (1990). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Hida Karya Agung.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).