Pendidikan Islam sebagai Pendekatan dalam Rehabilitasi Narkoba
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4959Keywords:
Pendidikan, Rehabilitasi, NarkobaAbstract
Penyalahgunaan narkoba merupakan masalah serius yang mempengaruhi individu dan masyarakat. Rehabilitasi narkoba membutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan aspek medis, psikologis, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan Islam sebagai pendekatan dalam rehabilitasi narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran penting dalam proses pemulihan pasien narkoba. Program pendidikan Islam dalam rehabilitasi narkoba menerapkan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang meliputi aspek spiritual, moral, dan sosial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pasien merespons positif terhadap pendekatan pendidikan Islam dan melaporkan perubahan positif dalam sikap, nilai, dan perilaku mereka. Pendekatan pendidikan Islam dalam rehabilitasi narkoba memberikan kontribusi yang signifikan dalam kesembuhan dan pemulihan pasien narkoba. Implikasi penelitian ini adalah perlunya pengintegrasian pendekatan pendidikan Islam dalam program rehabilitasi narkoba untuk meningkatkan efektivitas dan keberhasilan pemulihan pasien.
References
Ahmad, J., & Manusia, A. P. K. (2018). Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, 3, 320.
Aini, M. R., & Puspitasari, H. (2021). Terapi Menulis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pecandu Narkoba di Lapas Dewasa Kota Blitar. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 56–64.
Amin, N., Siswanto, F., & Hakim, L. (2018). Membangun Budaya Mutu yang Unggul dalam Organisasi Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 94–106.
AMIR, A. (n.d.). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKIDAH DAN AKHLAK PERSPEKTIF QURAN SURAH THOHA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
Amrillah, M. F. (2022). Rehabilitasi Santri Pengguna Narkoba Melalui Tirakat (Prihatin) Untuk Melatih Interaksi Sosial Di Panti Rehabilitasi Narkoba Nurul Hikmah Cilongok. Universitas Islam Negeri Prof. KH Saifuddin Zuhri Puwokerto.
Ansyari, M. R., Saputri, L. A., Zulfa, A., & Sa’diah, H. (2023). Penggunaan Narkoba sebagai “Trigger†dalam berkesenian menurut pandangan Islam. Islamic Education, 1(2), 184–190.
Arif, S. (2018). Peran Keluarga dalam Mebentuk Karakter Anak. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1(2), 131–141.
Arribathi, A. H., Supriyanti, D., Astriyani, E., & Rizky, A. (2021). Peran Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Menghadapi Tantangan Di Era Global Dan Generasi Z. Alfabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 55–64.
ASRIYANINGRUM, D. A. R. I. (n.d.). Implementasi pembinaan keagamaan pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang.
Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41.
Azizah, N. (2019). Layanan Konseling Berbasis Komunitas Bagi Klien di Balai Rehabilitasi Sosial. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 121–135.
Bashori, B. (2017). Paradigma baru pendidikan islam: konsep pendidikan Hadhari. Jurnal Penelitian, 11(1).
Budiman, M. A. (2017). Pendidikan Agama Islam. Grafika Wangi Kalimantan.
Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orangtua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 221–228.
Chanifudin, C. (2017). POTENSI BELAJAR DALAM AL-QU’RAN (TELAAH SURAT AN NAHL: 78). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).
Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133–144.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Eklesia, C. (2021). Strategi Coping Religius dan Dimensi Spiritual pada Remaja Yatim/Piatu (Sebuah Kajian Psiko-Spiritual).
Fadilah, N. (2021). Bimbingan dan Konseling Islam Oleh Resintel Community terhadap Perilaku Sosial Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang. IAIN parepare.
Fauzi, A. (2021). Urgensi dan Keutamaan Ilmu Serta Kedudukan Yang Bermanfaat Sebagai Aset Akhirat. Journal of Education and Teaching, 2(2), 128–139.
Haris, A. H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64–82.
Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish.
Hartanto, W. (2017). Penegakan hukum terhadap kejahatan narkotika dan obat-obat terlarang dalam era perdagangan bebas internasional yang berdampak pada keamanan dan kedaulatan negara. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 1–16.
Hasani, M. (2018). Urgensi Belajar Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Pustaka Tafsir Al-Mishbah). Universitas Islam Negeri" SMH" Banten.
Hawi, A., & Syarnubi, S. (2018). Remaja Pecandu Narkoba: Studi tentang Rehabilitasi Integratif di Panti Rehabilitasi Narkoba Pondok Pesantren Ar-Rahman Palembang. Tadrib, 4(1), 99–119.
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.
Husaini Usman & Purnomo Setiady Akbar. (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Irfangi, M. (2015). Implementasi Pendekatan Religius Dalam Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba Di Rumah Sakit Khusus Jiwa H. Mustajabah Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 3(2), 70–88.
Japri, M. A. Bin. (2017). Konsep khauf dan raja’imam al-ghazali dalam terapi gangguan kecemasan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Julaiha, S. (2014). Internalisasi multikulturalisme dalam pendidikan Islam. Dinamika Ilmu, 14(1), 109–122.
Komarudin, D., & Halim, I. A. (2021). Terapi spiritual terhadap penyembuhan adiksi narkoba. Mahasiswa Peduli Masyarakat Jawa Barat.
Lakonawa, P. (2013). Agama dan pembentukan cara pandang serta perilaku hidup masyarakat. Humaniora, 4(2), 790–799.
Lasmawan, G. I. S., & Valentina, T. D. (2015). Kualitas Hidup Mantan Pecandu Narkoba yang Sedang Menjalani Terapi Metadon. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 112–128.
Machsun, T. (2020). Model Pendidikan Agama Islam dalam Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Pondok Pesantren Tetirah Dzikir Sleman Yogyakarta. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 109–127.
Majid, A. (2020). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Alprin.
Maruf, A. (2018). Pendekatan Studi Islam Dalam Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba. Jurnal Tawadhu, 2(1), 381–409.
Muarofah, B. (2014). Peran Agama Dalam Merehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika (Studi Kasus di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kediri). IAIN Kediri.
Muhtarom, A. (2016). Peningkatan Spiritualitas Melalui Zikir Berjamaah (Studi Terhadap Jamaah Zikir Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Jawa Tengah). ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 9(2), 247–267.
Mulyadi, M. (2017). Agama dan Pengaruhnya dalam Kehidupan. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2).
Mulyadi, S. A., & Adriantoni, S. P. I. (2021). Psikologi Agama. Prenada Media.
Munawaroh, A. (2014). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Proses Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Madani Mental Health Care.
Nazarudin, M., & Jumanah, J. (2019). Pendidikan Islam sebagai Terapi bagi Terpidana Pengguna Narkoba Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar-Rahman Palembang. Ta’dib, 22(2), 111–120.
Novitasari, D. (2017). Rehabilitasi Terhadap Terhadap Anak Korban Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Hukum Khaira Ummah, 12(4), 917–926.
Nur, M. H., & Sulastri, E. (2023). PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN: MENYONGSONG MASA DEPAN YANG BERKUALITAS. Maktabah Borneo, 2(1), 1–12.
Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237.
Pramesti, M., Putri, A. R., Assyidiq, M. H., & Rafida, A. A. (2022). Adiksi Narkoba: Faktor, Dampak, dan Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 355–368.
Qutub, S. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits. Humaniora, 2(2), 1339–1350.
Razak, A. (2013). Terapi Spiritual Islami Suatumodel Penanggulangan Gangguan Depresi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 141–151.
Rifki, M. (2017). Matsal serangga dalam al-quran (studi kritis tafsir kementerian agama). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ushuluddin, 2017.
Rismayanti, S., Sumijaty, S., & Sulthonie, A. A. (n.d.). Tabligh Terhadap Anak Bina di Pondok Remaja Inabah XX Putera.
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.
Saefulloh, A. (2018). Rehabilitasi Eks-Pecandu Narkoba Melalui Pendekatan Agama Islam. ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 43.
Saefulloh, A., & Syarif, M. (2019). Model Pendidikan Islam bagi Pecandu Narkotika (Vol. 1). Deepublish (CV. Budi Utama).
Sapada, A. O., & Arsyam, M. (2020). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Pandangan Islam.
Saputra, A., & Slamet, S. (2019). Upaya penanggulangan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kabupaten sukoharjo. Jurnal Hukum Pidana Dan Penanggulangan Kejahatan, 5(2), 273–286.
Setyani, W. (n.d.). Efektivitas Program Terapi Mental Spiritual Dalam Upaya Pemulihan Klien Penyalahguna NAPZA di BRSKPN Galih Pakuan Bogor. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….
Shodikun, S., Zaduqisti, E., & Subhi, M. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Humanisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Modern. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 13–21.
Siddik, H. (2018). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Subairi, A. (2022). PERINTAH MENUNTUT ILMU MENURUT HADITS. Iqra’: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 85–100.
Sumarno, S. (2016). Penanganan Korban Penyalahgunaan Napza Melalui Rehabilitasi Sosial Sibolangit Centre Drug Abused Victims Prevention Through Sibolangit Rehabilitation Centre. Jurnal Pks, 15(3), 245–256.
Suryati, A., Nurmila, N., & Rahman, C. (2019). Konsep Ilmu Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Surat Al-Mujadilah Ayat 11 Dan Surat Shaad Ayat 29. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(02), 216–227.
Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.
Tamam, A. M. (2017). Islamic World View Paradigma Intelektual Muslim. Spirit Media Press.
Tanjung, F. F. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Program Malam Ibadah di SMA Muhammadiyah 1 Medan.
Tarigan, I. J. (2017). Peran Badan Narkotika Nasional dengan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dalam Penanganan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika. Deepublish.
Uzlifah, T. (2019). Bimbingan Konseling dalam Menangani Penderita Skizofrenia Melalui Pendekatan Nilai dan Spiritual. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 91–108.
Yahya, M., & Novira, R. (2022). Spiritualitas dalam Pendidikan Islam.
Zulkarnain, Z. (2016). Penyalahgunaan narkoba dalam perspektif hukum Islam dan Hukum positif Indonesia. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).