Peran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri

Authors

  • Yahsyalloh Al Mansyur Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Hakimuddin Salim Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5573

Abstract

Kesehatan mental mengacu pada kondisi seseorang yang terbebas dari segala bentuk gangguan mental. Kesehatan mental pada peserta didik perlu diperhatikan karena berkaitan dengan permasalahan yang terjadi pada siswa. Kesehatan mental terbagi atas 3 (tiga) komponen yaitu: mental, emosional dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menjaga kesehatan mental siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi dengan kelengkapan pengumpulan data, reduksi data, memilah data menyimpulkan serta menyajikan hasil penelitian. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah mampu mengoptimalkan potensi dan kemampuan siswa dalam menjaga kesehatan mentalnya. Pembinaan kesehatan mental pada siswa di SMP Negeri 2 Wonogiri dapat diketahui melalui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dengan tujuan terbentuknya akhlak mulia yaitu menciptakan suasana sekolah yang religius, memberikan teladan yang baik, bekerja sama dengan orang tua/ wali murid, saling memberikan nasehat, membiasakan siswa untuk taat beribadah

References

Dr. Mardan Umar, S.Pd.I, M.Pd. Dr. Feiby Ismail, S.Pd.I, M.Pd. 2020. “Buku Ajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Konsep Dasar Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum).†Cv. Pena Persada, 18.

Frimayanti, Ade Imelda. 2017. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): Hal. 240.

Hamed Hilal, AlYahmady, and Saleh Said Alabri. 2013. “Using NVivo for Data Analysis in Qualitative Research.†International Interdisciplinary Journal of Education 2 (2): 181–86.

Hamidah, Rizka Nur, and Noneng Siti Rosidah. 2021. “Konsep Kesehatan Mental Remaja Dalam Perspektif Islam.†Prophetic Guidance and Counseling Journal 2 (1): 26–33. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.5122.

Harmonika, Sri. 2019. “Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismael Raji Al-Faruqi.†At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (1): 30–43. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3411.

Henni, Purwaningrum. 2015. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMP Islam Ngadirejo Tahun Pelajaran 2014/2015,†46–103.

Hidayah, and Irwan Ruswandi. 2023. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Agama Dan Budaya Religius Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Kesehatan Mental Remaja (Penelitian Di SMP Manbaul Ulum Cirebon).†Rayah Al-Islam 7 (1): 231–44. https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.658.

HM, Manizar, E. 2017. “OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH Abstrak.†Tadrib 3(2) (1): 251–77.

Iredho Fani, Reza. 2016. “Efektivitas Pelaksanaan Ibadah Dalam Upaya Mencapai Kesehatan Mental.†Psikis : Jurnal Psikologi Islami 1 (1): 105–15. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/561.

J-bkpi, Jurnal. 2022. “1 , 2 *1†02 (01): 22–30.

K, Fatma, and Dewi Aisyah. 2021. “Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman.†Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3 (1): 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292.

Lestari, Prawidya. 2016. “Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Dan Hidden Curriculum Di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta.†Jurnal Penelitian 10 (1): 71. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367.

Mawangir, Muh. 2015. “Zakiah Daradjat Dan Pemikirannya Tentang Peran Pendidikan Islam Dalam Kesehatan Mental.†Muh. Mawangir Intizar 21 (1): 1–15.

Mubasyiroh, Rofingatul, Indri Yunita, and Surya Putri. 2017. “Mental Emotional Symptoms’ Determinants Of Junior-Senior High School Student In Indonesia 2015.†Buletin Penelitian Kesehatan 45 (2): 103–12.

Muhammad. 2013. “Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli.†Encephale. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001.

Muhammad Hilmi Jalil, Zakaria Stapa, and Raudhah Abu Samah. 2016. “Konsep Hati Menurut Al-Ghazali.†Jurnal Reflektika 11 (11): 59–71.

Muhyani, Muhyani, Ainiyah Hidayanti Yusup, and Yono Yono. 2022. “Hubungan Peran Guru PAI Dengan Kesehatan Mental Siswa Di SMK Negeri 1 Cibinong Selama Covid-19.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11 (02): 279–96. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2360.

Muvid, Muhamad Basyrul, Miftahuuddin Miftahuuddin, and Moh. Abdullah. 2020. “Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulung Dan Zakiah Darajat.†Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 6 (1): 115–37. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1703.

Pascasarjana, Sakir, and Unsiq Wonosobo. n.d. “PENDIDIKAN ISLAM.â€

Pendidikan, A Pengertian, and Agama Islam. n.d. “BAB III Pendidikan Agama Islam,†65–88.

Rahmadania, Sinta. 2021. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang * Corresponding Author . E-Mail : Sintarahmadania192609@gmail.Com Pendidikan Dalam Keluarga Merupaka.†Edumaspul 5 (2): 221–26.

Rohmatun, Siti. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Birokratis, Peraturan, Dan Kontrol Diri Terhadap Burnout Melalui Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Semarang).†Journal of Management 4 (4).

Sazali. 2016. “Signifikansi Ibadah Sholat Dalam Pembentukan Kesehatan Jasmani Dan Rohani.†Ilmu Dan Budaya 40 (52): 5899–5900.

Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami. 2020. “Pengembangan Kegiatan Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler.†Palapa 8 (1): 159–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705.

Suharjo, Susmita, and Farid Pribadi. 2022. “Berbagai Dampak Hukuman (Punishment) Dalam Pendidikan Terhadap Peserta Didik.†Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 3 (2): 161–74. https://doi.org/10.23960/jiip.v3i2.23232.

Urip Umayah, and Mawan Akhir Riwanto. 2020. “Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy Untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global.†JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar) 4 (1): 1--10. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308.

WHO. 2022. Kesehatan Mental. Early Childhood Education Journal. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/918/10/Daftar Pustaka.pdf.

Published

12-02-2024

Citation Check