Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share

Authors

  • Retno Fatmawati Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Samsidar Samsidar Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia
  • Rini Agustini Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5491

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendidika Agama Islam, Model Kooperatif Tipe Think Pair Share

Abstract

Model kooperatif Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan melihat apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII 9 berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share menunjukkan adanya peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa yaitu siklus I diperoleh persentase sebesar 60,22%. Aktivitas belajar siswa siklus II diperoleh 91,47% maka keaktifan siswa selama proses tindakan mengalami peningkatan 31,25% dengan kategori sangat baik. Motivasi belajar siswa pada saat prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan persentase pra siklus sebesar 13,33% siswa kurang termotivasi dan meningkat pada siklus I mencapai persentase 30% dengan kategori termotivasi. Pada siklus II menunjukkan peningkatan persentase menjadi 63,33% kategori termotivasi. Berdasarkan hasil tersebut meningkat dari siklus I dan Siklus II secara signifikan sebesar 93,33% sehingga mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Think Pair Share secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam pengembangan model pembelajaran Think Pair Share khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Author Biographies

Retno Fatmawati, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Agama Islam

Samsidar Samsidar, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Agama Islam

Rini Agustini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Adiputra, Sofwan, and Mujiyati Mujiyati. 2017. “Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis.†Konselor 6 (4): 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00.

Agustini, Rini. 2019. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Smp Negeri 3 Padangsidimpuan.†Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 4 (1): 29. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.784.

Agustini, Rini, Rina Juliana, Rosmaimuna, Rawalan Harapan Gaja, and Dedi Yuisman. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Anak Pada Raudatul Athfal Arafah.†Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 7 (1): 99–114. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.99-114.

Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Cahyono, Dedi Dwi, Muhammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prahastiwi. 2022. “Pimikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar.†TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6 (1): 37–48. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767.

Elihami, Abdullah Syahid. 2022. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.†KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan 2 (3): 148–59. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408.

Idayani, Ni Putu. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Model TPS ( Think Pair Share ) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA.†Journal of Education Action Research 5 (3): 416–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index%0APembelajaran.

Julpia Agustin, Wirdati. 2022. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 8 Tarusan Julpia.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6: 1086–95.

Kartasiah. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pembelajaran PAI Di SMKN 1 Dadahup.†Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya 3 (1): 1373–82.

Koirudin, Supriyanah. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Think PAIR Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi 1 Tangerang, Banten.†Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa) 1 (2): 64–76. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820.

Lenni Fatimah Batubara, Rini Agustini, Jumaita Nopriani Lubis. 2023. “Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Cerita.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7, (5): 5961–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5336.

Mayangsari, Intan. 2022. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kd Memahami Asmaul Husna Melalui Permainan Smart Star Board.†Jurnal Ilmiah Pro Guru 8 (1): 92–99.

Rada, Martina, Ni Ketut Erawati, and Ni Ketut Erawati. 2021. “Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.†Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 11 (2): 237–42.

Sadipun, Berty. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdi Ende 14.†Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (1): 11–16. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1461.

Stit, Ayatullah, Palapa Nusantara, and Lombok Ntb. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara.†Jurnal Pendidikan Dan Sains 2 (2): 206–29. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Wafiroh, Lailatul, Muhtar Arifin, and Hidayatus Sholihah. 2019. “Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI Teacher Efforts to Increase Learning Motivation.†Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 1438.

Published

12-02-2024

Citation Check