Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i001.5491Keywords:
Motivasi Belajar, Pendidika Agama Islam, Model Kooperatif Tipe Think Pair ShareAbstract
Model kooperatif Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan melihat apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII 9 berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Â angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share menunjukkan adanya peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa yaitu siklus I diperoleh persentase sebesar 60,22%. Aktivitas belajar siswa siklus II diperoleh 91,47% maka keaktifan siswa selama proses tindakan mengalami peningkatan 31,25% dengan kategori sangat baik. Motivasi belajar siswa pada saat prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan persentase pra siklus sebesar 13,33% siswa kurang termotivasi dan meningkat pada siklus I mencapai persentase 30% dengan kategori termotivasi. Pada siklus II menunjukkan peningkatan persentase menjadi 63,33% kategori termotivasi. Berdasarkan hasil tersebut meningkat dari siklus I dan Siklus II secara signifikan sebesar 93,33% sehingga mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Think Pair Share secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam pengembangan model pembelajaran Think Pair Share khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Â
References
Adiputra, Sofwan, and Mujiyati Mujiyati. 2017. “Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis.†Konselor 6 (4): 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00.
Agustini, Rini. 2019. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Smp Negeri 3 Padangsidimpuan.†Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 4 (1): 29. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.784.
Agustini, Rini, Rina Juliana, Rosmaimuna, Rawalan Harapan Gaja, and Dedi Yuisman. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Anak Pada Raudatul Athfal Arafah.†Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 7 (1): 99–114. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.99-114.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Cahyono, Dedi Dwi, Muhammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prahastiwi. 2022. “Pimikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar.†TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6 (1): 37–48. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767.
Elihami, Abdullah Syahid. 2022. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.†KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan 2 (3): 148–59. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408.
Idayani, Ni Putu. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Model TPS ( Think Pair Share ) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA.†Journal of Education Action Research 5 (3): 416–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index%0APembelajaran.
Julpia Agustin, Wirdati. 2022. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP N 8 Tarusan Julpia.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6: 1086–95.
Kartasiah. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pembelajaran PAI Di SMKN 1 Dadahup.†Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya 3 (1): 1373–82.
Koirudin, Supriyanah. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Think PAIR Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di SMA Kutabumi 1 Tangerang, Banten.†Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (JIKa) 1 (2): 64–76. https://doi.org/10.30656/jika.v1i2.3820.
Lenni Fatimah Batubara, Rini Agustini, Jumaita Nopriani Lubis. 2023. “Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Cerita.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7, (5): 5961–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5336.
Mayangsari, Intan. 2022. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kd Memahami Asmaul Husna Melalui Permainan Smart Star Board.†Jurnal Ilmiah Pro Guru 8 (1): 92–99.
Rada, Martina, Ni Ketut Erawati, and Ni Ketut Erawati. 2021. “Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.†Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 11 (2): 237–42.
Sadipun, Berty. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdi Ende 14.†Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (1): 11–16. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1461.
Stit, Ayatullah, Palapa Nusantara, and Lombok Ntb. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara.†Jurnal Pendidikan Dan Sains 2 (2): 206–29. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Wafiroh, Lailatul, Muhtar Arifin, and Hidayatus Sholihah. 2019. “Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI Teacher Efforts to Increase Learning Motivation.†Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 1438.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).