Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Islami di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5050Keywords:
Nilai-nilai, karakter, islamiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguraikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis islami di Sekolah Dasar, (2) menguraikan kendala yang dihadapi dalam implementasi nilainilai pendidikan karakter berbasis islami di Sekolah Dasar, (3) menguraikan upaya yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam meningkatakan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis islami di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat atau lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 06 Juli Kabupaten Bireuen. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) implementasi nilai-nilai karakter berbasis islami di SD Negeri 06 Juli dilakukan melalui program-program sekolah, antara lain budaya 5S, berdoa sebelum dan sesudah belajar, kegiatan membaca asmaul husna, program yasinan setiap hari jumat, sedekah jumat, sholat dhuha dan memperingati hari-hari besar keagamaan, (2) dalam implementasi nilai-nilai karakter bebasis islami ada beberapa kendala yang dihadapi pada SD Negeri 06 Juli yaitu motivasi siswa yang rendah, siswa kurang percaya diri, adanya pengaruh IPTEK dan kurangya kerjasama pihak sekolah dengan orang tua, (3) Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pembentukan nilai-nilai karakter islami, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan melalui figur, melalui kegiatan intrakurikuler dan melalui pesan-pesan moral.
References
Adibah, Y.W.D.I.Z., 2021. Impresi Shalat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spritual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Butuh 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inspirasi, 5(1).
Agustin, I.T. and Nafiah, N., 2019. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 4(2), pp.21-31.
Basofi, M.H., 2017. Hakikat Doa. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 2(1), pp.1-22.
Fitrianingsih, R.A., Fitri, A.Z. dan Sulistyorini, S., 2022. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jurnal Koulutus, 5(2), pp.55-70.
Gumati, R.W., 2020. Pengaruh Pembiasaan Tilawah Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(02), pp.38-57.
Hidayat, R., 2016. Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam di Kota Medan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 1(1).
Isnawati, I., Yusuf, M. and Saepudin, D., 2023, May. The Urgency of Developing Islamic Education (PAI) Curriculum to Answer the Global World Challenges: A Study At An Inclusive School. In Proceedings of the 5th International Graduate Conference in Islam and Interdisciplinary Studies, IGCIIS 2022, 19-20 October 2022, Mataram, Lombok, Indonesia.
Jalaludin, A., 2022. Model kepemimpinan Kepala Madrasah dalam penguatann pendidikan karakter di MTsN Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Jannati, Z., & Hamandia, M. R. (2022). Konsep Doa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 6(1), 36-48.
Junaedi, D., 2016. Estetika: Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. ArtCiv.
Kesuma, D., 2011. Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Khoirunnisa, L. 2018. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ma Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 51–68. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-04
Khotimah, D.N., 2019. Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Kumari, R., Nurhayati, S., Harmiasih, S. and Yunitasari, S.E., 2023. Menumbuhkan Sikap Empati Pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Sedekah Jumat Berkah di PAUD Insan Mandiri Kota Bogor. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), pp.1067-1074.
Kusumaningrum, R. A. (2020). Pentingnya Mempertahankan Nilai Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 20–28. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.47
Lickona, T., 2009. Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Lubis, R.R., 2016. Kompetensi kepribadian guru dalam persfektif islam. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).
Marisa, R., 2022. Pengaruh Peran Guru Terhadap Problematika Siswa SD. Jurnal PGSD UNIGA, 1(2), pp.20-28.
Megawangi, R., 2010. Pengembangan program pendidikan karakter di sekolah: pengalaman sekolah karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Moleong, L.J., 2012. Metodologi penelitian kualitatif, Bandung. Pariwisata Pedesaan Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan (Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi) Yogyakarta.
Mubbin, A., Aviva, S.D.N., Salvatore, A.A., Setianti, S., Septiani, L. and Masyhuri, M., 2023, January. ANALISIS BUDAYA KONTINYUITAS ‘YASINAN’SEBAGAI PEREKAT UMAT LOWOKSARI. In Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022.
Narimo, S., 2020. Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 32(2), pp.13-27.
Norianda, N., Dewantara, J.A. and Sulistyarini, S., 2021. Internalisasi Nilai Dan Karakter Melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), pp.45-57.
Omeri, N., 2015. Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Pambudi, Z.E., Sa’dullah, A. and Ardiansyah, A., 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yasin dan Asmaul Husna di SMK Negeri 3 Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(6), pp.195-205.
Putra, P., 2017. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi multi kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), pp.147-156.
Putry, R., 2019. Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), pp.39-54.
Ridha, M., 2020. Teori motivasi Mcclelland dan implikasinya dalam pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), pp.1-16.
Rohman, M.A.A., 2019. Pendidikan karakter di Sekolah menengah pertama (smp): teori, metodologi dan implementasi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(2), pp.265-286.
Rohmawati, dkk. 2023. Nilai Religius dalam Film Ajari Aku Islam dan Relevansinya terhadap Materi Pendidikan Agama Islam. Tadarus, 12(1).
Sopyan, I.I., 2010. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Salahnya Kodok (Bahagia Mendidik Anak bagi Ummahat) karya Mohammad Fauzil Adhim (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprayitno, A. and Wahyudi, W., 2020. Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Tanjung, Z. and Amelia, S., 2017. Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Umikar, T., Subekti, A. and A’yun, Q., 2021. Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Ahmad Yani Jabung Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(4), pp.213-219.
Yunus, M., 2020. Tradisi Perayaan Kenduri Maulid Nabi Di Aceh Besar. Jurnal Adabiya, 22(2), pp.32-48.
Zola, N. and Mudjiran, M., 2020. Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal Educatio, Vol. 6. No. 2
Zubairi, Z., Muljawan, A. and Illahi, N., 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Asma’ul Husna (Al-Rahman, Al-Rahiim, Al-Lathiif, Al-Haliim, Al-Syakuur). TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), pp.59-67.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).