STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MASTUHU: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam

Authors

  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Sekolah Tinggi Agama Islam(STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1076-6531
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.437

Keywords:

strategi, pendidikan Islam, evaluasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu Pendidikan Islam dalam perspektif Mastuhu. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan Teknik pengumpulan data kajian literatur bersumber primer dan sekunder. Adapun hasil penelitiannya bahwa dunia pendidikan tidak dapat berdiri sendiri, tetapi bergantung kepada pembangunan bidang-bidang lainnya. Perwujudan clean governance, peningkatan kesejahteraan rakyat, dan terwujudnya keamanan, penegakan hukum, dan stabilitas politik adalah sebuah kemestian pendidikan bagi keberhasilan. Kajian tema ini sangat berguna untuk memahami cara bagaimana strategi peningkatan mutu Pendidikan islam melalui pengembangan daya-daya positif dan menghilangkan daya negative, melaksanakan sebuah Pendidikan adalah ibadah, terjalin hubungan baik dan guru, pesantren dipandang sebagai tempat mencari ilmu, penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan Pendidikan, nilai Pendidikan dengan system asrama, dan Pandangan hidup jangka panjang dan menyeluruh, bagi orang yang benar-benar percaya kepada Allah

 

References

Fadjar, Malik. (1998). Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI.

Nata, Abuddin. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maulida, Ali. (2016). “Dinamika dan Peran Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Islam Sejak Era Kolonialisme Hingga Masa Kiniâ€. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.05 No.09 Januari, Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hidayah Bogor.

Mastuhu.(1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

________. (2003). Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21.Yogyakarta: Safiria Insania Press.

________.(1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

________. (2004). “Dilema Pendidikanâ€, UNISIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, No. 53/XXVII/111. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Nizar, Samsul, ed. (2008). Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tafsir, Ahmad.(2008). Strategi Meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

http://www.nu.or.id/post/read/10262/in-memoriam-prof-dr-mastuhu-med

https://docplayer.info/31628410-Profil-ban-pt-ban-pt-badan-akreditasi-nasional-perguruan-tinggi.html

https://pid.baznas.go.id/badan-amil-zakat-nasional/

Published

29-08-2019

Citation Check