Kurikulum Malim Sekampung Terhadap Pemahaman Ajaran Islam (Studi Terhadap Dayah Darul Iman Aceh Tenggara)

Authors

  • Syadidul Kahar STI Babussalam Aceh Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4328

Keywords:

Kurikulum, Malim Sekampung, Pemahaman Islam

Abstract

Tuntutan modernisasi dalam kehidupan masyarakat membawa orientasi hidup masyarakat untuk memperbaiki ekonomi dengan mengikut alur pola hidup modern yang meletakkan agama tidak lagi lebih utama. Tentu dalam bidang pendidikan agama, memberikan dampak sehingga keinginan masyarakat untuk memasukkan anaknya ke pesantren/dayah semakin berkurang. Hal inilah yang menjadi dasar utama dilakukannya penelitian ini khusus di Dayah Darul Iman Aceh Tenggara. Untuk memproleh data agar informasi didapat dengan baik, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendektan fonomenologi dan sosial historis. Temuan penelitian diproleh bahwa dayah Darul Iman telah berperan dalam arus modernisasi dan mampu berkontribusi dalam berbagai instansi pemerintahan dan swasta. Dayah Darul Iman berupaya dalam menyikapi fonomena tersebut dengan mengkonstruk kurikulum yang kompleks agar santri dapat mandiri dan berkontribusi di masayarakat. Di sisi lain, kurikulum khas Dayah Darul Iman yaitu Kurikulum Malim Sekampun merupakan kurikulum wajib bagi santri agar santri paham dan dapat memahamkan agama Islam yang berkaitan dengan fardu a'in dan fardu kifayah. Dayah Darul Iman mewarnai pendidikan Islam di Aceh Tenggara dengan memperlihatkan kekhasan Dayah sebagai Lembaga Pendidikan Islam secara kultural tanpa mengurangi unsur substansi nilai-nilai agama. Jadi, pengembangan dayah Darul Iman yang dikembangkan tidak terlepas dari konsep tradisional dan modern

References

Asari, Hasan, Abd Mukti dan Syadidul Kahar. (2020) “Pathways To Islamic Education Renewal In Aceh (A Case Study of Dayah Ma'had al Ulum Diniyyah Mesjid Raya Samalanga).†Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam (Islamic Education Journal), Vol. 14, Issue. 2, h. 223-240. DOI: 10.21580/nw.2020.14.2.6661

Asmani, Jamal Ma’mur. (2016). “Pesantren Sebagai Kiblat Pendidikan Dan Pengetahuan Indonesiaâ€, JIE (jurnal islamic reviu). Vol. V. Issue. 1, h. 59-84 https://doi.org/10.35878/islamicreview.v5i1.105

Amiruddin, M. Hasbi.(2008). Menatap Masa Depan Dayah Di Aceh, Banda Aceh:Yayasan Pena.

AR. Muhammad AR, (2010). Alkuturasi Nilai-Nilai PersaudraanIslam Model Dayah Aceh, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur Keagamaan, Kemenag RI.

Abbas, Syahrizal, (2007) dalam Pemikiran Ulama Dayah Aceh, Jakarta: Prenada Media Group.

Arfiansyah dan Muhammad Riza. (2016) “Dampak Peraturarn Gubernur Aceh Nomor 451.2/474/2003 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Dayah,†Jurnal Ilmiah Islam Futura, 15. no. 2, h. 184

Azra, Azyumardi. (1999). Esai-Esai Intelektual Muslim Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu

Daulay, Haidar Putra, (2007) Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Jamaluddin, Muhammad (2012) “Metamorfosis Pesantren di Era Globalisasiâ€, KARSA: Journal of Social and Islmic Culture. Vol. 20 Issue. 1, h. 127-139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57

K. Baihaqi A. (1983) “Ulama dan Madrasah di Aceh,†dalam Taufik Abdullah (ed.), Agama dan Perubahan Sosial, Jakarta: Rajawali.

Kahar, Syadidul. (2021). Merengkuh Modernisasi: Pengalaman Yayasan Pendidikan Islam Al Aziziyah Samalanga, Panyabungan: Madina Publisher.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Muhaimin & Abdul Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Trigenda Karya.

Muhajir, Dudung. (2006) “Pendekatan Sejarah.†in Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Multidisiplinerâ€, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006

Madjid, Nurcholish. (1997). Islam Kemodernan, dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan.

Mashuri, (2013). “Dinamika Sistem Pendidikan Islam di Dayah,†Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. xiii, Issue. 2, h. 269-275. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v13i2.477

Marhamah, (2018). “Pendidikan Dayah dan Perkembangannya di Aceh,†At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, Issue. 1

Nasution, Harun. (1996). Pembaharuan Dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Ismail Fahmi Arrauf, Miswari, sabaruddin. (2019) “Preserving Identity through Modernity: Dayah al-Aziziyah and Its Negotiations with Modernity in Aceh, Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 3, Issue. 2 h. 211–232. https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.06

Nasr, Seyyed Hossein, (1990). Traditional Islam in The Modern World, New York: Columbia University Press.

Nur, Ismet. (2019). “Modernization Of Integrated Dayah Educational System In Darul Mukhlisin Burnijimet,†Epistemé, vol. 14, Issue. 2.

Priyatnya,Yana. (2020). “Rihlah Ilmiah dan Kitabah dalam Tradisi Intelektualisme Islam Nusantaraâ€, MUQODDIMA: Jurnal Pemikiran dan Riset Sosiologi Vol.1, Issue. 1,h. 19-30 https://doi.org/10.47776/MJPRS.001.01.02

Triayudha, Anna, dkk. (2019). “Relation Between Morque and Social History Of Islamic Education.†Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol.16, Issue. 1. H. 142-153 . https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v16i1.531.

R. Zaini Tamim A. (2017), “Genealogi Peran Kaum Santri Dalam Sketsa Politik Nasionalâ€. jurnal Al-Ibroh, Vol. 2 Issue. 1, h. 33-59

Rofiq, M. Nafiur. (2019). “Tipologi Dan Teori Pendidikan Islam. Dalam Falasifaâ€, Vol. 10 Issue.1. h. 153-188

Silahuddin, (2015). “Transformasi Budaya Pendidikan Dayah di Aceh,†Mudarrisuna, Vol. 5, Issue. 2, h. 333-347. 10.21274/epis.2019.14.2.

Sholichin, Mujianto. (2015) “Perkembangan Pendidikan Meunasah dan Dayah di Aceh,†Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol.1, Issue. 1, h, 124-151 https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i1.509

Saridjo, Marwan. (1982). Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta: Dharma Bhakti,

Saifuddin, Ahmad (2016) “Eksistensi Kurikulum Pesantren dan Kebijakan Pendidikan†Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.3, Issue. 1. H. 207-234 https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.

Sulasman dan Suparman. (2013). Jejak Islam di Asia & Eropa: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, Bandung: Pustaka Setia

Qurnati, Tri. (2007) “Budaya Belajar dan Ketrampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar†Banda Aceh: Ar-Raniry Press

Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakan Tradisi: Esai-Esai Pesantren, Yogyakarta: LkiS.

Wiranata, RZ. Ricky Satria (2019). “Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0â€, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 8, Issue.1, h. 61-92/ https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.99

Zuriah, Nurul. (2009) Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Additional Files

Published

29-06-2022

Citation Check