Implementasi Pendidikan Holistik dalam Al-Qur’an: Suatu Tinjauan Maqashid al-Syariah Jasser Auda

Authors

  • Muhammad Suaib Tahir Institute PTIQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4266

Abstract

Pendidikan Holistik menawarkan suatu konsep pendidikan berbasis pada seluruh potensi peserta didik secara kompleks. Artinya melibatkan seluruh aspek baik secara kognitif, spiritual, budaya dan spiritual. Dalam Al-Qur’an wawasan soal pendidikan disampaikan secara universal, oleh sebab itu perlu dikembangkan secara kontekstual melibatkan perangkat yang relevan dengan meninjau semangat dari syariat (maqashid al-Syariah). Kajian ini mengembangkan maqashid al-Syariah yang digagas oleh Jasser Auda. Temuan artikel ini bahwa ayat-ayat pendidikan disampaikan dengan kosa kata yang universal tetapi terdapat kata kunci yang bisa dikembangkan untuk menjawab tantangan yang kontekstual sesuai dengan kebutuhan pendidikan.

References

Abuddin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Ahmad Mustafa al-Maraghi. Tafsir Al-Maraghi. Kairo: Mustafa al-Halabi, 1996.

al-Raghib al-Asfihani. Al-Mufradat Li Al-Fadh Al-Qur’an. Beirut: Dar Kutub al-Ilmiah, 1996.

Amie Primarni. “Konsep Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Islam.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 5 (2014).

Aminah binti Mat Yusoff, dkk. “Metacognitives and Morals: The Qur’an As a Guide.†Tourkish Journal of Computer and Matematic Education 12, no. 4 (2021).

Arfan Muammar, dkk. Studi Islam: Perspektif Insider/Outsider. Yogyakarta: IKAPI, 2012.

Darmaningtyas, dkk. Membongkar Ideologi Pendidikan, Jelajah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Resolusi Press, 2014.

Ebrahim Jafari, dkk. “Holistic Education: An Aproach for 21 Century.†International Education Studies 5, no. 2 (2012).

Fakhruddin al-Razi. Mafatih Al-Ghaib. Lebanon: Dar al Fikr, 1981.

Hamka. Tafsir Al-Azhar: Diperkaya Dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra Dan Psikologi. Jakarta: Gema Insani Press, 2015.

Herry Widyastono. “Holistic Education In The Curriculum Of The Basic And Secondary Education.†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18, no. 4 (2012).

Jasser Auda. Maqashid Al-Syari’ah as Philosophy of Islamic Law A System Aproach. London: The International Institute of Islamic Thought, 2007.

Ki Hadjar Dewantara. Karja I (Pendidikan),. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa, 1965.

M. Zainuddin. “Paradigma Pendidikan Islam Holistik.†Ulumuna 11, no. 1 (2011).

Muhammad Abduh. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Mesir: Dar al-Mannar, 1947.

Muhammad Athiyyah al-Abrasyi. Ruh Al-Islam. Mesir: Maktabah al-Anjalu al-Mishriyyah, 1964.

Retna Gumanti. “Maqasid Al-Syariah Menurut Jasser Auda (Pendekatan Sistem Dalam Hukum Islam).†Jurnal al-Himayah 2, no. 1 (2018).

Rudgeâ€, Lucita T. “Holistic Education: An Analysis of Its Pedagogical Aplication.†The Ohio State University, 2008.

Siti Mutholingah dan Muh. Rohdi Zamzami. “Relevansi Pemikiran Maqashid Al-Syariah Jasser Auda Terhadap Sistem Pendidikan Multidisipliner.†Ta’limuna 7, no. 2 (2018).

Wikanti Iffah Juliani dan Hendro Wibowo. “Integrasi Empat Pilar Pendidikan UNESCO Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan.†Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2019).

Additional Files

Published

21-08-2023

Citation Check