Pendidikan Akhlak di Perguruan Tinggi Islam sebagai Bekal di Dunia Kerja
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2874Keywords:
moral education, Islamic colleges, working worldAbstract
References
[BKKBN] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, [BPS] Badan Pusat Statistik, [Kemenkes] Kementerian Kesehatan, dan USAID. 2018. “Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017: Kesehatan Reproduksi Remaja.†Jakarta. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/656894/mod_resource/content/1/SDKI_KRR 2017.pdf.
Akbar, Dinnul Alfian, Ricardo Parlindungan, Fernando Africano, dan Siti Khairani. (2017). “Relevansi Fraud Triangle pada Bank Syariah.†In Simposium Nasional Akuntansi XX, Jember, 2017, 1–25. Jember: Universitas Jember. https://core.ac.uk/download/pdf/147566154.pdf.
AR, Aisyah. (2014). Pemberian Layanan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Lulusan Berahlak Mulia. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing 1(1): 1–22. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/view/1135.
Budiman, Amat. (2017). Pendidikan Anti Korupsi sebagai Pendidikan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam. Pigur: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1): 1–13. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5408.
Buyung, Pingkan. (2016). Prilaku Seks Bebas bagi Mahasiswa di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(4): 60–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13209.
Dimyati, Taufiqur Rahman. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1): 17–32. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/1716.
Fitria, Nurul. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi (Studi Komparatif tentang Metode, Strategi dan Konten). UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28896/1/1420410210_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.
Fitriyani, Diyah, Ocky Sundari, dan Johnson Dongoran. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Etos Kerja Pegawai Kecamatan Sidorejo Salatiga. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1): 24–34. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21351.
Hulukati, Wenny, dan Moh. Rizki Djibran. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1): 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80.
Ito’, Ahmad Izzul. (2016). Efek Membangun Pendidikan Karakter di Lingkungan Perguruan Tinggi: Strategi, Budaya, dan Kinerja. RONTAL: Jurnal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1): 1–14. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/323.
Kurniawan, Ade. (2019). Pendidikan Anti Korupsi dalam Perspektif Islam. Tsamratul Fikri: Jurnal Studi Islam, 13 (2): 221–33. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/tf.v13i2.377.
Kusumaningtyas, Dian. (2016). Religiusitas pada Motivasi dan Etika Profesi Akuntan dalam Prespektif Islam. JICA: Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 4(3): 116–26. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/346.
Miftah, Zaini. (2015). Implementasi Core Value (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Inti di Perguruan Tinggi). Cendekia: Media Komunikasi Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 7(1): 69–96. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/13.
Muhibah, Siti. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Tirtayasa Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1): 54–69. https://doi.org/https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683.
Ningsih, Tutuk. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Diedit oleh Abdul Wachid B.S. dan Arif Hidayat. Purwokerto: STAIN Press. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2464/1/BUKU IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf.
Nugroho, Puspo. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12 (2): 355–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2491.
Pardede, Ficki Padli. (2022). Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Islam Berbasis Multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(1): 353–64. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2127.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter. n.d. Indonesia. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/PMA No. 2 Tahun 2020 .pdf.
Pravitasari, Dyah. (2015). Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Islam di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2): 85–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/an.2015.1.2.85-110.
Rai, Ida Bagus. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.†Widyasrama: Majalah Ilmiah Universitas Dwijendra Denpasar 28 (2): 1–14. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/451.
Riza, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal As-Salam 1 (1): 73–82. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/46.
Sahal, Sakinah. (2014). Korupsi dalam Perspektif Hukum Islam. Et-Tijarie, 1(1): 61–73. https://journal.trunojoyo.ac.id/ettijarie/article/view/4591.
Sahlan, Asmaun. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-Hikmah, 9(2): 139–49. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2261.
Saifulloh, Saifulloh. (2010). Etos Kerja dalam Perspektif Islam. Jurnal Sosial Humaniora, 3(1): 54–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v3i1.654.
Samal, Abdul Latif. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ 11(1): 25–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v11i1.576.
Setiawan, Agus. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji). Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 14 (1): 1–12. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/4.
Setyo, Tri. (2016). Etos Kerja Tinggi Cermin Kepribadian Muslim Unggul. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3 (2): 137–49. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1149.
Su’ud, Sudarmi. (2011). Remaja dan Perilaku Menyimpang (Studi Kasus pada Masyarakat Boepinang, Bombana). Selami IPS, 1(34): 34–43. https://www.neliti.com/publications/221401/remaja-dan-perilaku-menyimpang-studi-kasus-pada-masyarakat-boepinang-bombana#cite.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumara, Dadan, Sahadi Humaedi, dan Meilanny Budiarti Santoso. (2017). Kenalakan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2): 346–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393.
Sunardi, Didi. (2014). Etos Kerja Islami. JISI UMJ: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(1): 82–94. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/928.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).