PENGARUH MATERI CERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283Abstract
Materi cerita memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter seseorang, terlebih bagi seorang anak. Oleh karena itu, pemilihan materi cerita yang tepat akan membantu perkembangan kepribadian seorang anak.
Di dalam al-Qur’an, terdapat materi cerita yang dapat dijadikan rujukan bagi seorang pendidik. Materi tersebut bervariasi, mulai dari materi mengenai manusia, alam, hewan dan sejenisnya. Karakteristik materi cerita dalam al-Qur’an senantiasa menyiratkan pelajaran dan memiliki bukti sejarah yang akurat, sehingga anak didik tidak diajar dengan kebohongan.
Materi cerita tersebut dapat efektif jika disandingkan dengan faktor pendorong efektivitas cerita, yaitu dikemas dalam judul yang menarik, memiliki intensitas penyampaian, tepat waktu (saat anak relaks dan berada pada gelombang alfa 7-8 sampai 13 Hz), gaya bahasa sederhana dan memakai media yang tepat. Adapun faktor yang akan menjadi penghambat efektivitas materi cerita adalah gaya penyampaian bersifat formal, kaku, kering ide, disampaikan secara doktrinasi, durasi tidak tepat, disampaikan pada waktu yang tidak tepat (ketika anak dalam kondisi otak gelombang beta), memakai gaya bahasa menjemukan dan tidak sesuai tahapan perkembangan tingkat intelektual, sosial dan emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara materi cerita dengan faktor pendorong efektivitasnya, sehingga penyampaian materi cerita dapat mencapai tujuan yang diharapkan.References
Asmawati. 2009. Dongeng Bunda Cerahkan Masa Depan Anak. Jakarta, Majalah Ummi, No. 08/XXI, hlm 109.
Ath-Thuri, Hannan Athiyah. 2007. Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-Kanak.Jakarta: AMZAH.
Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Egan, Kieran. 2009. Pengajaran Yang Imajinatif (An Imaginative Approach to Teaching). Jakarta: Indeks.
Fajri, Em Zul dan Senja, Ratu Aprilia. t.t. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publiser.
Hawari. 2011. Bukan Dongeng Tapi Kisah Sebelum Tidur. Jakarta: Majalah Gerimis, Vol. 10/XI/2011.
Hurlock, Elizabeth B.. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Huda, Nurul F. 2010. Kiat Membentuk Anak Berkarakter Hebat. Yogyakarta: Bidadari Biru.
Istadi, Irawati. 2006. Mendidik dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.
Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mujahidin, Endin, Nasution, SA., Prasetyo, T., Amril, L., Retnadi, WRH., Siska, FW., Hartati,Y., Kurniawati,A. et al. 2016. Paradigma Baru Pendidikan Dasar. Bogor: UIKA Press.
Nur’ani, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.
Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Risnawati, E. dan Mujahidin, Endin. 2013. Telaah Materi Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Sekolah Dasar (Analisis Kurikulum Bahasa Sunda Sekolah Dasar Berbasis Tauhid). Jurnal Sosial Humaniora, 4(2).
Ronnberg, Margareta. 2002. Why is Disney So Popular? The Animated Feature Films From a Childish Perspective. Sweden: Filmforlaget, Uppsala.
Trelease, Jim. 2008. Read Aloud Handbook; Mencerdaskan Anak dengan Membacakan Cerita Sejak Dini. Jakarta: Hikmah.
Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Pasaribu dan Simandjuntak. 1984. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito.
Putra, Syailendra. 2009. Anakku Bertingkah Seperti Sponge Bob, Siasat Mendampingi Anak Anda dalam Menonton Film Kartun. Jakarta: Pustaka Widyamara.
Pustaka Lebah, 2010. Around The World Amazing Stories of Great Sites Book Three America. Jakarta: Pustaka Lebah.
Pasiak, Taufik. 2002. Revolusi IQ/EQ/SQ Menyingkap Rahasia kecerdasan Berdasarkan Al Qur‟an dan Nerurosains Mutakhir. Jakarta: Mizan.
Abidin S. Zainal, Aiyub, Amilah, Lubis, Haris ST. dan Siregar, Asrul. 1990. Pengaruh Cerita Rakyat Terhadap Kehidupan Masyarakat di Daerah Toba; Analisis Sosiologi. Medan: Lembaga Penelitian Universitas Sumatra Utara.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).