PENGARUH MATERI CERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK

Authors

  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283

Abstract

Materi cerita memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter seseorang, terlebih bagi seorang anak. Oleh karena itu, pemilihan materi cerita yang tepat akan membantu perkembangan kepribadian seorang anak.

Di dalam al-Qur’an, terdapat materi cerita yang dapat dijadikan rujukan bagi seorang pendidik. Materi tersebut bervariasi, mulai dari materi mengenai manusia, alam, hewan dan sejenisnya. Karakteristik materi cerita dalam al-Qur’an senantiasa menyiratkan pelajaran dan memiliki bukti sejarah yang akurat, sehingga anak didik tidak diajar dengan kebohongan.

Materi cerita tersebut dapat efektif jika disandingkan dengan faktor pendorong efektivitas cerita, yaitu dikemas dalam judul yang menarik, memiliki intensitas penyampaian, tepat waktu  (saat anak relaks dan berada pada gelombang alfa 7-8 sampai 13 Hz), gaya bahasa sederhana dan memakai media yang tepat. Adapun faktor yang akan menjadi penghambat efektivitas materi cerita adalah gaya penyampaian bersifat formal, kaku, kering ide, disampaikan secara doktrinasi, durasi tidak tepat, disampaikan pada waktu yang tidak tepat (ketika anak dalam kondisi  otak  gelombang  beta), memakai gaya bahasa menjemukan dan tidak sesuai tahapan perkembangan tingkat intelektual, sosial dan emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara materi cerita dengan faktor pendorong efektivitasnya, sehingga penyampaian materi cerita dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Author Biography

Endin Mujahidin, Universitas Ibn Khaldun

Program Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam

Lektor Kepala

References

Asmawati. 2009. Dongeng Bunda Cerahkan Masa Depan Anak. Jakarta, Majalah Ummi, No. 08/XXI, hlm 109.

Ath-Thuri, Hannan Athiyah. 2007. Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak-Kanak.Jakarta: AMZAH.

Baharuddin. 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Egan, Kieran. 2009. Pengajaran Yang Imajinatif (An Imaginative Approach to Teaching). Jakarta: Indeks.

Fajri, Em Zul dan Senja, Ratu Aprilia. t.t. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publiser.

Hawari. 2011. Bukan Dongeng Tapi Kisah Sebelum Tidur. Jakarta: Majalah Gerimis, Vol. 10/XI/2011.

Hurlock, Elizabeth B.. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Huda, Nurul F. 2010. Kiat Membentuk Anak Berkarakter Hebat. Yogyakarta: Bidadari Biru.

Istadi, Irawati. 2006. Mendidik dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujahidin, Endin, Nasution, SA., Prasetyo, T., Amril, L., Retnadi, WRH., Siska, FW., Hartati,Y., Kurniawati,A. et al. 2016. Paradigma Baru Pendidikan Dasar. Bogor: UIKA Press.

Nur’ani, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.

Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Risnawati, E. dan Mujahidin, Endin. 2013. Telaah Materi Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Sekolah Dasar (Analisis Kurikulum Bahasa Sunda Sekolah Dasar Berbasis Tauhid). Jurnal Sosial Humaniora, 4(2).

Ronnberg, Margareta. 2002. Why is Disney So Popular? The Animated Feature Films From a Childish Perspective. Sweden: Filmforlaget, Uppsala.

Trelease, Jim. 2008. Read Aloud Handbook; Mencerdaskan Anak dengan Membacakan Cerita Sejak Dini. Jakarta: Hikmah.

Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Pasaribu dan Simandjuntak. 1984. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito.

Putra, Syailendra. 2009. Anakku Bertingkah Seperti Sponge Bob, Siasat Mendampingi Anak Anda dalam Menonton Film Kartun. Jakarta: Pustaka Widyamara.

Pustaka Lebah, 2010. Around The World Amazing Stories of Great Sites Book Three America. Jakarta: Pustaka Lebah.

Pasiak, Taufik. 2002. Revolusi IQ/EQ/SQ Menyingkap Rahasia kecerdasan Berdasarkan Al Qur‟an dan Nerurosains Mutakhir. Jakarta: Mizan.

Abidin S. Zainal, Aiyub, Amilah, Lubis, Haris ST. dan Siregar, Asrul. 1990. Pengaruh Cerita Rakyat Terhadap Kehidupan Masyarakat di Daerah Toba; Analisis Sosiologi. Medan: Lembaga Penelitian Universitas Sumatra Utara.

Published

06-09-2018

Issue

Section

Articles

Citation Check