Manajemen Pendidikan Dasar dan Pengembangannya (Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Pengembangan Organisasi di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Lau Dendang)

Authors

  • Jailani Syahputra Sigerar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Agus Suryadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Khairani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Mesiono Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2807

Keywords:

Basic Education Management, Islamic Education Management, Organizational Development.

Abstract

Lembaga pendidikan Islam adalah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam yang bersamaan dengan proses pembudayaan salah satu contoh lembaga pendidikan yang ada saat ini adalah Yayasan Al Hijrah. ... Adapun secara umum teknik pengumpulan data terdapat tiga macam teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa model pengembangan organisasi di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Lau Dendang sekolah yang menerapkan full day, dan menggunakan dua kurikulum sekaligus yaitu kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional dan Kurikulum Kementerian Agama, sehingga diakhir pembelajaran siswa akan mendapatkan dua ijazah sekaligus. Faktor pendukung dan penghambat pengembangan organisasi di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Lau Dendang, faktor pendukung letak lokasi yang sangat strategis, dukungan kuat dari masyarakat sekitar lingkungan sekolah, dukungan dari orang tua siswa, guru yang profesioal di bidangnya, memiliki program unggulan seperti tahfiz, tahsin, dhuha dan program unggulan lainnya seperti renang, memanah, dan tilawah. Sedangkan faktor penghambat proses pengembangan organisasi di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Lau Dendang ialah mengenai dengan keterbatasan lahan. Lahan yang dimiliki Yayasan Al Hijrah sangat terbatas di samping setiap tahunnya minat calon pendaftar meningkat namun tidak diterima disebabkan jumlah kuota sudah habis dan sangat terbatas. Kebijakan kepala sekolah kuotan calon siswa ditambah karena akan dibangun lokal di lahan parkiran sekolah namun tidak mengubah fungsinya sebagai tempat parkir.

References

Al-Buraey, Abdullah, Muhammad, (1986) Islam Landasan Akternatif Administrasi Pembangunan Jakarta, Rajawali Press.

Amirullah, (2015), Pengantar Manajemen, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Faisal, Sanapiah, (1989), Format-format Penelitian Sosial, (Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.

Fathoni, Abdurrahmat, (2006), Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hafidudin, D dan Tanjung H, (2003), Manajemen Syariah dalam Prkatik, Jakarta, Gema Insani.

Istianda, Meita dkk (2014), Pengembangan Organisasi, Tangerang Selatan UT.

Istianda, Meita dkk, (2011), Pengembangan Organisasi, (Magetan, Universitas Terbuka Cetakan.

Kartono, Kartini, (1992), Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Komaruddin , (2006), Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lumbantoruan, Magalena (1992), Eksiklopedi Ekonomi Bisnis dan Management, Jakarta, Cipta Adi Pustaka.

Martono, Nanang (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Masganti (2012), Metode Penelitian pendidikan Islam, Medan: IAIN PRESS.

Mesiono (2012), Manajemen Organisasi, Bandung. Citapustaka Media Perintis.

Messiono, (2012), Manajemen Organisasi, Medan Cipta Pustaka

Mulyadi, Deddy dan Veithzal Rivai, (2009), Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta, Rajawali Press.

Nasaruddin, E, (2010), Psikologi Manajemen, Bandung, Pustaka Setia.

Poerwadarminta, W.J.S.,(1984), Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta, PN. Balai Pustaka.

Prastowo, Andi (2014), Metode Penelitian Dalam Prespektif Rancangan Penelitian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,

Qomar, Mujamil, (2007,) Manaemen Pendidikan Islam, Jakarta Erlangga.

Rifai, M dan Fadhli, M. (2013) Manajemen Organisasi Bandung, Citapustaka Media Perintis.

Rijal, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Tumbuhan Hijau Di Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Rijal, F. (2018). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1).

Rijal, F., Nudin, B., & Samad, I. A. (2022). LEARNING INNOVATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT MTsN MODEL IN ACEH. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2).

Rumengan, Jemmy, (2010), Metodologi penelitian dengan SPSS, Batam: UNIBA PRESS

Salim dan syahrum, (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media.

Shihab, Quraish, (2006), Menabur Pesan Ilahi Al-qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Jakarta, Lentera Hati.

Shihab, Quraish, M, (2006) Menabur Pesan Ilahi; Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Jakarta, Selatan, Lentera Hati.

Sugiyono, (2014) Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Suppriyatno, Triyo dan Marno,(2008) Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung, Refika Aditma.

Sutarto, (2000) Dasar-dasar Organisasi, Yogyakarta, UGM Press.

Syafaruddin, (2015), Manajemen Organisasi Pendidikan Medan, Perdana Publishing.

Taliziduhu, (1999), Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tanthowi, (2007), Unsur-unsur Manajemen, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Toha, Miftah , (2007), Pembinaan Organisasi Proses Diagnosa dan Intervensi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

W.G, Wayan dan Sintaasih D.K, (2015) Pengantar Perilaku Organisasi,Denpasar Timur, CV. Setia Bakti.

Wahyosumidjo, (2010), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik dan permasalahnya, Jakarta, Rajawali Press.

Wibowo (2010), Manajemen Perubahan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, Atmodiwirjo,S, (2002), Manajemen Pelatihan, Jakarta, PT Ardadizya.

Winardi, J (2008), Manajemen Perubahan, Jakarta, Kencana

Yahya R, (2004), Memilih Pemimpin Dalam Perspektif Islam, Jakarta, Pustaka Nawaitu.

Additional Files

Published

27-02-2023

Citation Check