LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 10 BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.276Abstract
Lingkungan pendidikan islami dan hubungannya dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bogor.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Lingkungan pendidikan islami dan hubungannya dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 yang berjumlah 295, dan yang dijadikan sampel berjumlah 45 siswa.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kuesioner sebagai instrumen, pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi, Analisis data menggunakan analisis statistik Pearson Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan positif antara variabel lingkungan pendidikan islami dan variabel minat belajar Pendidikan Agama Islam dihitung dengan Pearson Correlation, dan diperoleh nilai koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0.770. Nilai koefisien determinasi dalam analisis ini diperoleh nilai 0,541 yang berarti 59,3 % variabel minat belajar Pendidikan Agama Islam bisa dijelaskan dari variabel lingkungan pendidikan islami.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa lingkungan pendidikan islami (X1) memiliki hubungan dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam (Y) siswa SMA Negeri 10 Bogor.
Â
Keywords : lingkungan, pendidikan islami, minat belajar, PAI
Â
References
Anwar, Muhammad. 2016. Lingkungan Pendidikan Dalam Alqur’an, Istiqra; Jurnal Penelitian Ilmiah, LP2M IAIN Palu, Vol. 4, No. 2, Desember.
Arifin,M.1994. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara.
AS, A. Syafi’i. 2015. Perubahan Lingkungan Pendidikan dan cara mengantisipasinya, Dirasat; Jurnal Menejemen dan Pendidikan Islam. Vol. 01; No. 01; Juli-Desember
Choiri, Moh. Miftahul. 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak, Jurnal Refleksi Edukatika 8 (1)
Dimyati.2013. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: PT Asdi Mahasaty.
Djamarah, Syaiful Bahri.2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Khodijah, Nyayu.2014. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kunaryo, Hadi.1999. Pengantar Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Press.
Latief, Abdul. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di Smk Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, Jurnal Pepatuzdu, Mei: Vol. 7, No. 1
Ma’luf, Louis. 1987. Al Munjid fî allughah wal a’lâm, Beirut: Dar al Masriq.
Majid, Abdul.2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja RosdaKarya
Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhlis, Muhammad Muhlis. 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 SDN Limbangan, Syntax Literate;Jurnal Ilmiah Indonesia, Desember: Vol. 1, No. 4
Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Musthafa, Syaikh Fuhaim.2015. Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, Surabaya: Pustaka elba
Nasution.2014. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nata, Abuddin 2013. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nizar, Samsul. 2000. Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Padang : IAIN IB Press.
Nursyaida. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Agama Islam IAIN-Padang, Edisi Khusus Juli-Desember.
Purwanto,Ngalim.2007. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, Abdul. 2012. Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi – Materi, JURNAL EKSIS Polnes, Vol.8 No.1, Maret.
Ramayulis. 2010. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Ramdhani, Muhammad Ali. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 08; No. 01.
Slameto.2013. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
SM., Ismail.2009. Strategi Pembelajaran PAIKEM, Semarang: Rasail Media Graup.
Su’dadah. 2014. Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November
Sukmadinata, Nana Syaodih.2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosakarya Offset.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.3.No.1
Surya,Mohamad.2014. Psikologi Guru: Konsep Dan Aplikasinya, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada media Grup.
Syah, Muhibbin.2014. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad, 2008. Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utami, Sri , Marthinus, Marzuki.2013. Peningkatan Minat Belajar Dengan Menggunakan Metode Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untar, vol.2 No.4
Watieni, Setyo, Lingkungan Sekolah dalam pendidikan, https:// setyowatieni. wordpress.com/ 2011/06/21/peran -lingkungan -sekolah-dalam-pendidikan/#more-48, (diakses 20 maret 2017 pukul 14.30)
Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remedial, Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Zuhairini.1983. Metode Khusus Pendidikan Islam, Surabaya: Usaha Nasional.
Muhaimin, dkk.2001. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).