Konsep Pendidikan Jihad dalam Kitab Nashihatul Muslimin Karya Abdus Shamad Al-Palimbani

Authors

  • Haris Renaldi Universitas Ibnu Khaldun, Indonesia
  • Hidayati Hidayati STIQ Ar-Rahman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1841

Keywords:

Jihad, Nashihatul Muslimin, Abdus Shamad Al-Palimbani

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research) karena menganalisa konsep pendidikan jihad dalam kitab Nashihatul Muslimin dan dalam buku-buku yang terkait dengan penelitian. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, maka data-data yang didapat diolah secara ilmiah dan disimpulkan dalam bentuk teks tertulis. Ada dua sumber data dalam penelitian ini, yakni primer dan sekunder. Sumber primer adalah kitab Nashihatul Muslimin karya Syekh Abdus Shamad Al-Palimbani. Sumber sekundernya adalah buku-buku dan informasi-informasi tulisan berupa karya-karya ilmiah, tesis, disertasi, jurnal dan literatur lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan jihad dalam kitab Nashihatul Muslimin karya Abdus Shamad Al-Palimbani meliputi tujuan pendidikan jihad, materi, metode dan evaluasi dalam pendidikan jihad. Tujuan pendidikan jihad yaitu untuk menjadi mukmin yang beriman, memiliki adab dan amal sholeh, menjaga kaum muslimin, syahid fi sabilillah, dan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Materi pendidikan jihad terdiri dari materi tentang mukmin yang sempurna, adab dan amal shaleh, kesiapsiagaan, dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Adapun metode pendidikan jihad meliputi metode targhib dan tarhib, tanya jawab, metode perumpamaan, metode kisah, metode nasehat dan motivasi, metode wirid, serta metode perintah dan larangan. Sedangkan evaluasi dalam pendidikan jihad yaitu evaluasi dengan membandingkan, evaluasi dengan mujahadah dan kesungguhan, evaluasi dengan jumlah pasukan, evaluasi dengan memohon ampunan, evaluasi dengan ancaman, evaluasi dengan ketekunan, dan evaluasi dengan niat.

References

Abdullah, Mal An. 2003. Syaikh Abdus Samad Al-Palembani Biografi dan Warisan Keilmuan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Al- Qardhawi, Yusuf. 1993. Iman dan Kehidupan. terj. Fachruddin HS. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Hamat, Anung. 2015. Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhori, Bandung: Ummul Quro.

Al-Ja’fi, Muhammad bin Isma’il Abu ‘Abdullah al-Bukhari. 1987. al-Jami’ ash-Shahih al-Mukhtashar. Beirut: Dar Ibnu Katsir.

Al-Palembani, As-Syaikh Abdusshomad. 2013. Hidayatus Salikin. Surabaya: Pustaka Hikmah Perdana.

Al-Palembani, Syekh Abdu Shoamad. 2018. Nashihat Al-Muslimin Wa Tadzkirat Al-Mu’minin Fi Fadhail Al-Jihad Fi Sabilillah Wa Karamat Al-Mujahidin. Depok: Maktabah At-Turmusy Lituros

Al-Sam’ani, Abdul Karim ibn Muhammad Ibn Manshur Abu Sa’ad al-Tamimi. 1981. Adab al-Imla wa al-Istimla. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Az-zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqih Islam

Azra, Azyumardi. 2005. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Bandung: Mizan.

Husaini, Adian. 2015. Mewujudkan Indonesia yang Adil dan Beradab. Jakarta: INSISTS

Ma’luf, Louis. 1994. Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A’lam. Beirut: Darul Masyriq.

Moloeng, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qardhawi, Yusuf. 2009. Fiqih Jihad. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Ramayulis. 2015. Filsafat Pendidikan Islam, Analisis Filsafat System Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sabiq, Sayyid. 2008. Fiqih Sunnah. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Sanusi, Dzulqarnain M. 2013. Antara Jihad dan Terorirme. Makassar, Pustaka As-sunnah.

Tirmidzi, Imam. 2000. Kitab Al-Da’awat ‘An Rasulullah, Bab Sunnah. Dalam CD Mausu’tu Al-Hadits Al-Syarif Al-Kutub Al-Tis’ah, Syirkah Al-Baramij Al-Islamiyah Al-Dauliyah. Global Islamic Software Company.

Additional Files

Published

21-08-2023

Citation Check