URGENSITAS MENDIRIKAN MADRASAH DI SAMPING MASJID (Studi Sejarah Pendidikan Islam Masa Pembaruan)

Khairuddin Khairuddin, Muhammad Shaleh Assingkily

Abstract


Madrasah merupakan lembaga pendidikan formal pertama dalam sejarah pendidikan Islam. lembaga madrasah yang didirikan pertama kali oleh Nizhamiyah al-Mulk, identik dengan lokasinya yang berada di samping masjid. Ini menunjukkan betapa syiar Islam di masa pembaruan “dihiasi” dengan nuansa ilmu (intelektual). Tulisan ini bertujuan menganalisa urgensitas mendirikan madrasah di samping masjid. Adapun fokus pembahasan yaitu bagaimana urgensitas mendirikan madrasah di samping masjid serta dampaknya bagi kemajuan pendidikan Islam di masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research), selanjutnya keabsahan data diuji berdasarkan literatur (referensi) yang bersumber dari karya ilmiah, meliputi tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi), artikel ilmiah dan prosiding (nasional-internasional). Melalui penelitian ini, ditemukan hasil bahwa pendirian madrasah di samping masjid sangat urgen. Hal ini didasari dengan fungsi masjid dalam syiar Islam, selain sebagai tempat ibadah salat, masjid juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, bahkan kombinasi masjid dan madrasah adalah simbol pembaruan pendidikan Islam yang dinamis dan memberi ruang ijtihad seluasnya terhadap kajian Islam yang bersifat zanni. Dengan demikian, mendirikan madrasah di samping masjid merupakan syiar Islam secara komprehensif di bidang pendidikan.

Keywords


Masa Pembaruan; Madrasah; Masjid; Sejarah pendidikan Islam.

References


Affandi, M. Arief. (2020). “Kuttab dan Institusi Pendidikan Islam Pra-Lahirnya Sistem Madrasah” Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/taujih/article/view/187.

Ahid, Nur. (2009). “Madrasah Sebagai Institusi Pendidikan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 20(1). https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/91.

Ahmad, Entus Riyadhy. (2015). “Madrasah Nizhamiyah Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dan Aktivitas Ortodok Sunni” Tarbiya: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/140.

Ahmad, Mohd Yusuf. (2010). “Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam di Masjid” Seminar Pengajaran Pembelajaran Berasaskan Masjid 2010, 18-19 Februari, Masjid Negeri Sultan Salahuddin Abdul Aziz, Shah Alam. http://library.oum.edu.my/repository/550/.

Akhiruddin, KM. (2015). “Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara” Tarbiya: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/143.

Alawiyah, Faridah. (2014). “Pendidikan Madrasah di Indonesia” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1). http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449.

Ali, Aizah Hj. & Mat Zin. (1999). “Islamic Institution of Education in British India: A Study on Deoband Madrasah” Jurnal Ushuluddin, 9. http://jice.um.edu.my/index.php/JUD/article/view/3766.

Amalia, Rizky. (2019). “Pemanfaatan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Nonformal (Studi Kasus di Masjid Al-Jami’ Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2019)” Skripsi. IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5538/.

Anee, Umme Salma, et.al. (2020). “Knowledge, Attitude and Practice on Female Hygiene Management Among Madrasa Girls in Dhaka, Bangladesh” Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3(1). https://asianjournal.org/online/index.php/ajms/article/view/231.

Asari, Hasan. (2007). Menyingkap Zaman Keemasan Islam: Kajian atas Lembaga-lembaga Pendidikan. Bandung: Mizan, Citapustaka Media. http://scholar.google.com/scholar?cluster=13994691716094774962&hl=en&oi=scholarr.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Pusdikra Mitra Publishing.

Atmaja, Fajar Fandi & Syaifulloh Yusuf. (2021). “Model Pendampingan Manajemen Masjid Ramah Anak dan Aman Covid-19 di Masjid Al-Musthofa Dusun Jaten, Sendangadi, Mlati, Sleman” Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3). https://penerbitgoodwood.com/index.php/jpm/article/view/222.

Azhar, Muhammad. (2002). “Mengenal dari Dekat: Organisasi Konferensi Islam (OKI)” Tarjih: Jurnal Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam, 3(1). https://www.jurnal.tarjih.or.id/index.php/tarjih/article/view/3106.

Basri, Hasan. (2017). “Disorientasi Pendidikan Madrasah di Indonesia” Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1). http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v3i1.3470.

Begum, Momotaj & Humayun Kabir. (2012). “Reflections on the Deobandi Reformist Agenda in a Female Quomi Madrasah in Bangladesh” South Asia: Journal of South Asian Studies, 35(2). https://doi.org/10.1080/00856401.2012.659650.

Darodjat & Wahyudhiana. (2014). “Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan untuk Membentuk Peradaban Islam” Islamidina: Jurnal Pemikiran Islam, 13(2). http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/1675.

Daulay, Haidar Putra & Nurgaya Pasa. (2013). Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah (Kajian dari Zaman Pertumbuhan Sampai Kebangkitan). Jakarta: Kencana.

Deswita. (2010). “Pendidikan Berbasis Kecerdasan Ruhaniah (Membentuk Insan Paripurna/Insan al-Kamil)” Ta’dib, 13(2). http://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/viewFile/190/189.

Drajat, M. (2018). “Sejarah Madrasah di Indonesia” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies. http://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/17.

Embong, Rahimah. (2020). “Perkembangan Pendidikan Islam di Nusantara: Malaysia dan Indonesia” Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 21(1). http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1385.

Hadisaputra, Prosmala & Ahmad bin Yussuf. (2020). “Karakteristik Guru dalam Tradisi Pendidikan Nahdlatul Wathan, Lombok” At-Tafkir, 13(1). https://doi.org/10.32505/at.v13i1.1441.

Hanifah, Umi. (2018). “Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia)” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). http://ojs3.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/1972.

Harahap, Musaddad & Lina Mayasari Siregar. (2017). “Konsep Pendidikan Islam dalam Membentuk Manusia Paripurna” Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1040.

Harahap, Arfiansyah. (2018). “Madrasah: From Early TIME to Nizhamiah (Sejarah Sosial dan Kelembagaan Pendidikan Islam)” Jurnal Progress, 6(1). https://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v6i1.2204.

Hardaker, Glenn & Aishah Ahmad Sabki. (2018). “A Spiritual Understanding of Islamic Education” Pedagogy in Islamic Education. https://doi.org/10.1108/978-1-78754-531-120181005.

Hasanuddin. (2014). “Dominasi Peradaban Barat dalam Pendidikan Islam” Al-Hikmah: Journal for Religious Studies, 15(3). https://www.neliti.com/publications/30630/dominasi-peradaban-barat-dalam-pendidikan-islam.

Hasyim, Wakhid. (2018). “Kajian Hadis Mengenai Masjid Ramah Perkembangan Anak” Jurnal Living Hadis, 3(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/Living/article/view/1697.

Husein, Saddam. (2015). “Peran Masjid dalam Pendidikan Islam Nonformal untuk Pembinaan Umat (Studi Kasus di Masjid Mardhatillah Gempol Ngadirejo Kartasura Sukoharjo)” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/34921/.

Isbir, Moh. (2017). “Studi tentang Madrasah Nizhamiyah” Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 24(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3174.

Ismawati. (2015). “Peran Madrasah Nizhamiyah pada Masa Nizham Al-Mulk 1065-1072” Skripsi. Jakarta: Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29668/1/ISMAWATI%20-%20FAH%20.

Jalaluddin. (2014). “Peran Universitas Islam Negeri (UIN) Menyongsong Kebangkitan Tradisi Keilmuan Islam” Jurnal Conciencia, 14(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia/article/view/93.

Kafrawi. (2019). “Pendidikan Islam dan Madrasah” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/al-liqo/article/view/17.

Khairuni, Nisa & Anton Widyanto. (2018). “Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam dalam Menyelesaikan Krisis Spiritual Remaja di Banda Aceh” Dayah: Journal of Islamic Education, 1(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/JIE/article/view/2482.

Khikmawati, Nurlaili. (2020). “Pemberdayaan Berbasis Religi: Melihat Fungsi Masjid Sebagai Ruang Religi, Edukasi dan Kultural di Masjid Darussa’adah, Kota Bandung” Islamic Management and Empowerment Journal, 2(2). https://www.e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/imej/article/view/5283.

Kurniawan, S. (2014). “Masjid dalam Lintasan Sejarah Umat Islam” Journal of Islamic Studies, 4(2): 169-184. https://www.academia.edu/download/54388882/Masjid_dalam_Lintasan_Sejarah_Umat_Islam.pdf.

Kurniawan, Syamsul. (2019). “Tantangan Abad 21 Bagi Madrasah di Indonesia” Intizar, 25(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/3242.

Maghrifal, Siti Amatul. (2019). “Profil Madrasah Unggul (Studi Deskriptif pada MIN 1 Temanggung Kabupaten Temanggung) Tahun Pelajaran 2018/2019” Skripsi. IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5512/.

Manti, Biltiser Bachtiar, et.al. (2016). “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/view/589.

Mohamad, Aminuddin. (2020). “Pendidikan Islam Berbasis Masjid Baitul Arqam Studi Kasus di Komplek Perumahan Griya Satria Indah II Sumampir” Tesis. IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7571/.

Mukhlis, Abdul. (2017). “Sejarah Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Nusantara (Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah)” Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3005.

Mulyadi, Edi. (2018). “Strategi Pengembangan Budaya Religius di Madrasah” Jurnal Kependidikan, 6(1). https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1688.

Mulyanto, et.al. (2019). “Modernisasi Madrasah Awal Abad XIX: Studi Analisis Madrasah Mambaul Ulum Surakarta (1904-1945)” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/537.

Mulyono. (2017). “Rekonstruksi Peran dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Islam” Muaddib: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(1). http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.555.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. (2013). “Aktualisasi Pendidikan Islam di dalam Institusi-Institusi Madrasah Terkemuka Abad Klasik” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/3287.

Muspiroh, Novianti. (2017). “Madrasah Nizhamiyah: Sebuah Momentum dalam Sejarah Pendidikan Islam” Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, 5(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/article/view/1997.

Mutaqin, Jaenal. (2020). “Semangat Ilmuwan Muslim dalam Pengembangan Institusi Pendidikan Madrasah Nizhamiyah dan Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti Abbasiyah” Tesis. Jakarta: Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53690.

Muthoharoh, Miftakhul. (2018). “Wajah Pendidikan Islam di Spanyol pada Masa Daulah Bani Umayyah” Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 25(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3324.

Muttaqin, Ahmad Izza & Riza Faishol. (2018). “Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’ An-Nur Desa Cluring Banyuwangi” 1(1). http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami/article/view/235.

Nasir, Muhammad. (2017). “Sejarah Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah) di Indonesia” al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 11(24). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/15.

Nasution, Harun. (1996). Pembaharuan dalam Islam (Sejarah Pemikiran dan Gerakan). Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Abdul Gani Jamora. (2018). Pendidikan Islam dalam Catatan Sejarah. Yogyakarta: Magnum.

Natsir, Ahmad, et.al. (2020). “Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Pengajaran Alquran Melalui Pelatihan Manajemen Madrasah Diniyyah di Dusun Selungguh Kabupaten Magetan” InEJ: Indonesian Engangement Journal, 1(1). https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/inej/article/view/2047.

Nizah, Nuriyatun. (2016). “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/810.

Nurhayati, Anin. (2013). “Fenomena Madrasah Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan Implikasinya Terhadap Dunia Pendidikan Islam” 1(2): 133-144. https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.133-144.

Nurriqi, Afida. (2021). “Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Perspektif Kebijakan Pendidikan” Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1152.

Pakpahan, Rustam. (2018). “Konsep Masjid Ramah Anak dalam Pandangan Badan Kemakmuran Masjid (BKM)” Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/3976.

Prastowo, Andi. (2014). Pembelajaran Konstruksivistik-Scientific untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah: Teori, Aplikasi dan Riset Terkait. Jakarta: Rajawali Pers.

Pratama, Yoga Anjas. (2019). “Integrasi Pendidikan Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kebijakan Pendidikan Madrasah di Indonesia)” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3838.

Prayitno. (2010). “Masjid Besar Kota Salatiga” Undergraduate Thesis. Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/20448/.

Purwaningrum, Septiana. (2021). “Optimalisasi Peran Masjid sebagai Sarana Ibadah dan Pendidikan Islam (Studi Kasus di Masjid Namira Lamongan)” Inovatif, 7(1). http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/210.

Putra, Ahmad & Prasetio Rumondor. (2019). “Eksistensi Masjid di Era Rasulullah dan Era Millenial” Tasamuh, 17(1). https://doi.org/10.20414/tasamuh.v17i1.1218.

Rafiq, M Nafiur. (2017). “Integrasi Ilmu Agama dan Sains dalam Praksis Pendidikan” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 8(1). http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/43.

Rahim, Abdan. (2014). “Peran Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Masa Kini (Studi Tradisi dan Perubahan)” At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 9(2). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/312.

Rahman, Fazlur. (2000). Islam. Terj. Ahsin Mohamad. Bandung: Pustaka

Rahmawati, Farida. (2019). “Manajemen Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Siswa Madrasah Aliyah” Seminar Nasional Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 28 September 2019, 1(1). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp2019/article/view/5416.

Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Reezt, Dietrich. (2005). “Dar al-‘Ulum Deoband and its Self-Representation on the Media” 44(2): 209-227. https://www.jstor.org/stable/20838962?seq=1.

Rifa’i, Ahmad. (2016). “Revitalisasi Fungsi Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Modern” Universum: Jurnal Keislaman dan Kebudayaan, 10(2). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/256.

Rohana, Syarifah. (2020). “Institusi Pendidikan pada Masa Dinasti Saljuq” Bidayah: Jurnal Studi Ilmu-ilmu Keislaman, 11(1). http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/338.

Rumondor, Prasetio & Rohit Mahatir Manese. (2020). “Eksistensi Masjid di Perkotaan dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam” Proceeding the First International Conference on Islamic Thought (ICIT) IAI Al Khairat Pamekasan 18 Januari 2020. https://osf.io/s3cjh.

Salim, Ahmad. (2015). “Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya)” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(2). http://103.20.188.221/index.php/tarbawi/article/view/1999.

Sassi, Komaruddin. (2019). “Pendidikan Islam pada Era Kemunduran Pasca Kejatuhan Baghdad dan Cordova” Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/taujih/article/view/153.

Shalaby, Ahmad. (1976). Sejarah Pendidikan Islam. Terj. Mukhtar Yahya, dkk. Singapura: Pustaka Nasional.

Sholeh, M. Asrorun Ni’am & Lutfi Humaidi. (2016). Panduan Sekolah dan Madrasah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga.

Silfia, Lina. (2013). “Peran Masjid dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam (Studi Kasus di Masjid At-Taqwa Ngares, Kadireso, Teras, Boyolali)” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/25843/.

Siren, Nor Raudah Hj., et.al. (2014). “Sistem Pendidikan Islam Sekolah Agama (Madrasah) di Singapura” Jurnal of Al-Tamaddun, 9(2). https://jati.um.edu.my/index.php/JAT/article/view/8674.

Styaningsih, Rini. (2016). “Kontinuitas Pesantren dan Madrasah di Indonesia” At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 11(1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/651.

Sudarsono. (2018). “Kebijakan Pendidikan Islam di Madrasah (Pra dan Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003)” Widya Balina: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 3(6). http://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/17

Sukma, Wahida, et.al. (2019). “Implementasi Pendidikan Ramah Anak Madrasah di MI Tarbiyatul Ulum Batu Malang” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/3228.

Surajudeen, Ahmad Tijani & Muhammad Zahiri Awang Mat. (2013). “Classification and Integration of Knowledge: The Qur’anic Educational Model” Revelation and Science, 3(2). https://journals.iium.edu.my/revival/index.php/revival/article/view/95.

Susilawati, Samsul. (2008). “Eksistensi Madrasah dalam Pendidikan Indonesia” 1(1). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/1852.

Sutarman & Heru Tjahjono. (2019). “The Effectiveness of Spiritual Quotient and Adversity Quotient Values Education of Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Indonesia” Proceedings of the 2019 Ahmad Dahlan International Conference Series on Education & Learning, Social Science & Humanities. https://www.atlantis-press.com/proceedings/adics-elssh-19/125924469.

Syahid. (2018). “Pertumbuhan Madrasah (Periode Awal Hingga Madrasah Nizhamiyah)” Qathruna: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan, 5(1). http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/2968.

Syamsul, Huda. (2020). Integrasi Ilmu antara Wacana dan Praktik: Studi Komparatif UIA Malaysia & UIN Malang. Kediri: Spasi Book.

Syarifuddin, Nur. (2017). “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Kemajuan Islam, 2(2). http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/29.

Tamrin, M. Isnando. (2018). “Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup” Menara Ilmu, 12(1). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/489/428.

Wage. (2018). “Memfungsikan Masjid Sebagai Tempat Pendidikan Islam” Islamidina: Jurnal Pemikiran Islam, 19(2). http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2476.

Wardi, Moh., et.al. (2019). “Perbandingan Pendidikan; Pemahaman Simbolis dan Substantif PAI di Madrasah dan PAI di Sekolah Umum” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/104.

Wekke, Ismail Suardi, et.al. (2018). “Pasar, Masjid, dan Madrasah: Pendidikan Islam di Minoritas Muslim” Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.33506/jq.v7i1.352.

Zaimuddin. (2018). “Kemunduran Pendidikan Islam” I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2). http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/view/144.

Zuhdi, A. (2012). “Madrasah Sebagai Tipologi Lembaga Pendidikan Islam (Kajian tentang Berbagai Model Madrasah Unggulan)” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/2230.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i01.1338 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Khairuddin Khairuddin, Muhammad Shaleh Assingkily

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats