Peluang Dan Tantangan Industri Halal di Indonesia

Authors

  • Hasnil Hasyim Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5536

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang industri halal di Indonesia sangat besar. Indonesia bisa menjadi top player global pada industri halal, mengingat potensi yang dimilikinya sangat besar, mulai dari sumber daya alam yang melimpah, penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, dan seterusnya. Namun tantangannya juga cukup berat mulai dari hulu sampai ke hilir. Peluang tersebut dapat diraih manakala literasi halal dapat meningkatkan utilisasi halal pada masyarakat Indonesia dan masyarakat global. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan konsep ekonomi dan syariah dan studi pustaka. Penelitian fokus mengkaji berbagai potensi yang dapat dihimpun untuk mendorong Indonesia menjadi top player halal global dalam berbagai klaster halal, baik dalam makanan dan minuman halal, fesyen muslim, pariwisata halal, kosmetika halal, farmasi dan obat-obatan halal, konten kreasi halal, dan energi terbarukan. Posisi penelitian memperkuat penelitian-penelitian sebelumnya tentang peluang dan tantangan industri halal Indonesia. Distingsi penelitian ini adalah semua klaster halal dibahas secara terperinci untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik.

References

Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428–435. https://doi.org/10.29040/JIEI.V6I3.1146

Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia Warto, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112. https://doi.org/10.31000/ALMAAL.V2I1.2803

Produk Halal, P., Astuti, M., Kunci, K., Hidup, G., & Sitasi, C. (2020). Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55357/IS.V1I1.16

Rachman, A. (2021). PELUANG INVESTASI DANA HAJI PADA INDUSTRI HALAL DI INDONESIA. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(2), 131–152. https://doi.org/10.21093/EL-BUHUTH.V3I2.3254

Ramadhona, F., Lubis, A., Azizah, N., Zakiyyah, A., Sukarniati, L., Rahman, H. Y., Ramdhan, M. A., Putra, G., Studi, P., Pembangunan, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). POTENSI INDUSTRI HALAL TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 57–61. http://www.marsipature.makarioz.org/index.php/marsipature/article/view/20

Saputri, O. B. (2020). Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2). https://doi.org/10.30651/JMS.V5I2.5127

Sungkawaningrum, F., & Nasrullah, A. (2019). Eksplorasi Peran Perbankan Syariah dalam Memajukan Industri Halal di Sektor Makanan Halal. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 32–48. https://doi.org/10.5281/WAHANAISLAMIKA.V5I2.72

Utari, D., Iqbal Fasa, M., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., & Negeri Raden Intan Lampung, U. (2022). INDUSTRI HALAL BERKONTRIBUSI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI ERA PANDEMI COVID-19: PELUANG DAN TANTANGAN. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 87–98. https://doi.org/10.46306/JBBE.V15I1.119

Adi Hamazana, A. (2018). Pelaksanaan Standarisasi Pelayanan Pariwisata Halal dalam Pengembangan Pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 17(2), 1–16. https://doi.org/10.31941/PJ.V17I2.545

Ahla, A., Hulaify, A., Budi, H. I. S., & Hp, E. N. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah Melalui Penguatan Halal Value Chain (Studi Kasus pada Industri Pariwisata Halal di Kota Banjarbaru). Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id, 1–12. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/1878/

Anwar Fathoni, M., Hadi Syahputri, T., Ekonomi dan Bisnis, F., & Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428–435. https://doi.org/10.29040/JIEI.V6I3.1146

Asri, K. H., & Ilyas, A. (2022). Strengthening the Halal Value Chain Ecosystem as the Development of the Halal Industry Towards Era 5.0. ALIF, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.37010/ALIF.V1I1.712

Hidayati, N. (2022). Komitmen BRIN Mendukung Pengembangan dan Inovasi Produk Halal. KNEKS. https://knks.go.id/isuutama/41/komitmen-brin-mendukung-pengembangan-dan-inovasi-produk-halal

Hudaefi, D., Al Kepastian Hukum Sertfikasi Halal Obat, E., Hudaefi, D., Roestamy, M., Achmad Jaka Santos Adiwijaya, D., & Djuanda Bogor Korespondensi, U. (2021). Kepastian Hukum Sertifikasi Halal Pada Obat-Obatan Dikaitkan Dengan Jaminan Produk Halal. Jurnal Ilmiah Living Law, 13(2), 122–131. https://ojs.unida.ac.id/livinglaw/article/view/4402

Julistia, C., Julistia, C. E., Nasution, A. S., Imfazu, M. Y., & Pradesyah, R. (2021). Analisis Ekosistem Halal Value Chain Pada UMKM di Kota Medan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(2), 247–255. https://doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.247-255

KNEKS. (2019). Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal Indonesia.

Maulana, N. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia di Tengah Persaingan Halal Global. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 136–150. https://doi.org/10.24252/IQTISADUNA.V8I2.32465

Nurrachmi, R. (2017). The Global Development of Halal Food Industry : A Survey Halal industry is the latest trend in the world market . With Moslem Halal food market is one of the largest consumer markets in the world as reported by the Stated of The Global Islamic Economy Rep. Tazkia Islamic Finance and Business Review, 11(1), 41–56.

Qoni’ah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.12962/J22759970.V2I1.246

Rohaeni, Y., & Sutawidjaya, A. H. (2020). Pengembangan Model Konseptual Manajemen Rantai Pasok Halal Studi Kasus Indonesia. Jati Undip: Jurnal Teknik Industri, 15(3), 177–188. https://doi.org/10.14710/JATI.15.3.177-188

Saputri, O. B. (2020). Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2). https://doi.org/10.30651/JMS.V5I2.5127

Setwapres, B. (2022). Atasi Kendala Kawasan Industri Halal, Wapres Minta Teliti untuk Temukan Solusi - Wakil Presiden Republik Indonesia. https://www.wapresri.go.id/atasi-kendala-kawasan-industri-halal-wapres-minta-teliti-untuk-temukan-solusi/

Syarif, D., & Tilopa, M. N. (2021). Potensi Ekonomi Kreatif Kerajinan dan Kuliner Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang. Jurnal AL-AHKAM, 12(1), 17–36. https://doi.org/10.15548/ALAHKAM.V12I1.2913

Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112. https://doi.org/10.31000/ALMAAL.V2I1.2803

Zein, L. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33–57. https://doi.org/10.26905/JREI.V1I2.5437

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Hasyim, H. (2023). Peluang Dan Tantangan Industri Halal di Indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5536

Citation Check