Diskursus Pengaturan Barang Konsumsi Dalam Ekonomi Syariah Kota Surabaya

Authors

  • Fitryani Fitryani Universitas Wijaya Putra, Indonesia
  • Aditya Surya Nanda Universitas Wijaya Putra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4918

Keywords:

Discourse, Consumer Goods, Sharia Economics

Abstract

Penerapan prinsip Sharia sesuai dengan kaidah-kaidah Al-Quran dan Hadist merupakan cita-cita bagi sebagian masyarakat Kota Surabaya. Urgensi penelitian ini merupakan pengarusutamaan prinsip Sharia dalam perekonomian yang hendaknya dikaji lebih kompleks, sehingga dapat berdampak pada ketahanan bangsa dan negara. Rumusan masalah penelitian ini mengacu pada tiga hal yaitu: 1) Bagaimana pengaturan barang konsumsi dalam perspektif Sharia? 2) Bagaimana implementasi penerapan prinsip-prinsip Sharia di Kota Surabaya? 3) Bagaimana strategi menjaga eksistensi penerapan prinsip Sharia? Tahapan metode penelitian ini melaui penggunaan kualitatif dengan teknik pengumpulan data indepth interview, focus group discussion dan observasi. Hasil penelitian terdapat kesesuaian pada larangan bersikap kikir dan menumpuk harta berlebihan sedangkan larangan berlebihan dan bermewahan dalam mengkonsumsi barang masih banyak dilakukan oleh mayoritas masyarakat Kota Surabaya yang merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur. Konsistensi peran lembaga pemerintah dalam hal ini untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat muslim sangat intens dan menunjukkan kesesuaian dengan prinsip kedua yaitu konsumsi terhadap harta atau barang halal. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kesederhanaan merupakan hal yang utama dalam Islam beriringan dengan beberapa dalil yang menjelaskan tentang larangan berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi barang makanan atau minuman.

 

References

Abdulahanaa. (2020). Synergy Sharia Banking and Sharia Cooperation in Farmer Economic Empowerment After Change Function of Agricultural Lands. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 5020–5026.

Afrina, D., & Achiria, S. (2018). Rasionalitas Muslim Terhadap Perilaku Israf dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 23–38.

Bakry, M., Masse, R. A., Arake, L., Amiruddin, M. M., & Syatar, A. (2021). How to attract millennials? Indonesian sharia banking opportunities. WSEAS Transactions on Business and Economics, 18, 376–385. https://doi.org/10.37394/23207.2021.18.38

Cahya, B. T. (2018). Diskursus Islamic Social Reporting sebagai Akuntabilitas Berbasis Syariah. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 22(1), 49. https://doi.org/10.29300/madania.v22i1.882

Fachrudin, F. (2018). Kajian Teori Laba Pada Transaksi Jual Beli Dalam Fiqh Mu’amalah (Studi Komparasi Teori Laba Ekonomi Konvensional). Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(01), 68. https://doi.org/10.30868/ad.v1i01.228

Fadilah, N. (2020). Teori Konsumsi, Produksi dan Distribusi dalam Pandangan Ekonomi Syariah. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 17–38. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Habibullah, E. S. (2017). Etika Konsumsi Dalam Islam. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 90–102.

Hana, K. F., & Dimam, I. (2022). Diskursus Akad Pembiayaan Bank Syariah dalam Perspektif Hukum di Indonesia. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 5(1), 59. https://doi.org/10.21043/tawazun.v5i1.13731

Hartono, M. J. (2018). Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Lutfi, M. (2019). Konsumsi Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Syar’ie, 1, 95–109.

Maghfirah, F. (2020). Diskursus Jaminan dan Urgensinya Pada Akad Bagi Hasil di Bank Syariah. Al - Muamalat: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 5(Vol 5 No 2 (2020): Al-Muamalat: Jurnal Hukum & Ekonomi Syariah), 55–69. https://doi.org/10.32505/muamalat.v5i1.1444

Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim : Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), 409–412.

Muhit, M., Darsono, M. M., & Syarif, N. (2022). Interkoneksi Nilai Filsafat Syariah Dan Filsafat Ekonomi Syariah. Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(3), 61–88.

MUI. (2020). Konsumsi Halal Mengawal Etika Dan Moral Sosial. https://muijatim.or.id/2020/12/01/konsumsi-halal-mengawal-etika-dan-moral-sosial

Muthoifin. (2021). The Performance of Sharia Financing Amid the Covid-19 Pandemic in Indonesia. Universal Journal of Accounting and Finance, 9(4), 757–763. https://doi.org/10.13189/ujaf.2021.090421

Nahar, M. H., & Hidayatulloh, M. K. (2021). Diet Dalam Perspektif Islam: Kontekstualisasi Surat Al-A’raf Ayat 31. Alif Lam: Journal of Islamic Studies, 2(2), 77–88.

Nasruddin, M. R., & Aulia, R. (2022). Pemaknaan Lafal Jama’a Malam Wa’addadah Dalam Q.S. Al-Humazah [104]: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure. 2(November), 33–50.

Nurdin, I. B. (2018). Sistem Ekonomi Islam Berlandaskan Etika Bisnis. Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(01), 1. https://doi.org/10.30868/ad.v1i01.224

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2020). Budaya Hedonisme dan Konsumtif dalam Berbelanja Online Ditinjau dari Perpektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 731. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1486

Priyono, S. (2018). Analisis Konsep Nishab Kontemporer; Kontekstualisasi Zakat di Abad Modern. Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(01), 40. https://doi.org/10.30868/ad.v1i01.227

Putra, A. P. (2023). Digital Economy Externalities In Disruption Occupational: A Case Study Of Indonesia. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 11(2), 422–433.

Putra, A. P., & Aristyanto, E. (2021). Analysis of Existential Feminism Struggle of Women Online Drivers During the Covid-19 Pandemic. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 5(2), 143–158.

Sarie, R. F., Panglipursari, D. L., & Putra, A. P. (2022). Social Culture Change Sebagai Eksternalitas Transformasi Digital Di Indonesia. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 319–328. https://doi.org/10.31294/eco.v6i2.13367

Sholeh, A., & Uyun, Q. (2021). Overcome Stress during the Covid-19 Pandemic by Surah Al-Insyirah: Harmonization between the Koran and Clinical Neuroscience. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–7. https://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/593%0Ahttps://press.umsida.ac.id/index.php/iiucp/article/view/593/439

Ulum, M., & Adlina, A. U. (2020). Metodologi Studi Islam (Prinsip-Prinsip Konsumsi Keluarga Dalam Islam). Nizham Journal of Islamic Studies, 8(02), 191. https://doi.org/10.32332/nizham.v8i02.2699

Published

2023-09-30

How to Cite

Fitryani, F., & Nanda, A. S. (2023). Diskursus Pengaturan Barang Konsumsi Dalam Ekonomi Syariah Kota Surabaya. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4918

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.