PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS VIII A DI SMP PGRI 3 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Restu Ghifary F Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Fachri Fachrudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.876

Keywords:

peran, perilaku Islami, siswa

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam meningkatkan perilaku Islami sangat penting dalam dunia pendidikan. Karena perilaku merupakan ekspresi dan manifestasi dari gejala-gejala hidup yang bersumber dari kemampuan fisik yang berpusat adanya kebutuhan sehingga segala perilaku manusia diarahkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan perilaku Islami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis deskriftif interpretatif Hasil penelitian Pertama peran guru dalam meningkatkan perilaku Islami adalah (a) melalui bidang studi; (b) melalui pengawasan; (c) melalui pembiasaan; dan (d) melalui contoh atau keteladanan. Kedua faktor pendukungnya adalah (a) adanya dukungan dari kepala sekolah; (b) adanya kekompakan guru dan staff sekolah; (c) sarana dan prasarana yang mendukung; dan (d) adanya kegiatan rohis. Ketiga faktor penghambatnya adalah (a) penyalahgunaan media sosial; (b) lingkungan keluarga yang kurang mendukung; (c) teman sebaya di kelas; dan (d) lingkungan masyarakat yang buruk. Keempat solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) mengarahkan siswa agar menggunakan media sosial dengan bijak; (b) membentuk lingkungan keluarga yang harmonis; (c) mengarahkan siswa agar lebih baik dalam bergaul dengan teman sebayanya; dan (d) mengawasi dan menghindarkan siswa dari lingkungan masyarakat yang buruk yang dapat merusak perilaku Islaminya.

References

Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi. Jurnal Al Lubab, 1(1).

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqiin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-Ittiba. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maya, R. (2018). Implikasi Relasi Eksploratif (Alaqah Al-Taskhir) dalam Pendidikan Islam: Telaah Filosofis atas Pemikiran Majid Irsan Al-Kilani. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(02).

Wahidin, A. (2017). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Sumber dari Buku

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kementrian Agama RI. (2010). Alquran Tajwid & Terjemah. Bandung: CV Diponogoro.

Mahfud et.all. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Yogyakarta: Deepublish.

Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Supadie, D. Ahmad. (2011). Pengantar Studi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Ghifary F, R., Maya, R., & Fachrudin, F. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS VIII A DI SMP PGRI 3 BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 101–111. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.876

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5