IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPIT KAIFA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Mukhlis Ridwanulloh Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Fachri Fachrudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.859

Keywords:

implementasi, metode Ummi, Al-Qur’an.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) Mengetahui implementasi metode Ummi di SMPIT Kaifa Ciomas Bogor Tahun Ajaran 2019/2020; (2) Mengetahui faktor pendukung implementasi metode Ummi di SMPIT Kaifa Bogor; (3) Mengetahui faktor penghambat implementasi metode Ummi di SMPIT Kaifa Bogor; dan (4) Mencari solusi dari faktor penghambat implementasi metode Ummi di SMPIT Kaifa Bogor. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya melalui deskriptif interpretatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, tentang implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa cukup baik, terkait metodologi yang diterapkan, dari metode privat/individu, klasikal individu, klasikal baca simak serta klasikal baca simak murni. Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) managemen cukup baik; (b) standarisasi dalam pembelajaran meliputi waktu dan metode yang digunakan baik dan mencukupi; dan (c) sarana dan prasarana yang mendukung. Ketiga, faktor penghambatnya adalah (a) kurangnya kedisiplinan guru; (b) kurangnya kedisiplinan siswa ketika mengikuti pembelajaran; dan (c) masih kurangnya tenaga pendidik. Keempat, solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) meningkatkan pengawasan oleh managemen; (b) dibuatkan aturan yang tegas dan dibimbing terus supaya lebih disiplin lagi; dan (c) menambah kembali tenaga pengajar.

References

Sumber dari Jurnal/Penelitian

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Kelas IV SDIT KAIFA Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B).

Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01) h. 3.

Maya, R. dan Syafri, U.A. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01). h. 241.

Maya, R., (2017). Perspektif Al-Qur‘an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Rahman, A., Maya, R., & Sholahudin. (2018). Konsep Al-Ṣiraṭ Al-Mustaqim dalam Al-Quran (Studi Tafsir Tematik Ayat-ayat yang Menjelaskan Term Al-Ṣirat Al-Mustaqīm). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(02).

Riyani. I. (2016). Menelusuri Latar Historis Turunnya Al-Qur’an dan Proses Pembentukan Tatanan Masyarakat Islam. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1).

Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode UMMI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di SDIT Kaifa Bogor. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 2(02).

Izatun, N. (2015). Studi Komparasi Metode Yanbu’a dan Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ At-Taslimiyyah Samban Kec. Bawen Kab. Semarang dan TPQ Al-Huda Calombo Kec. Tuntang Kab. Semarang (Doctoral Dissertation) IAIN Salatiga.

Muhaemin, S. (2018). Strategi Mudarris Tahfizh dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Modern Muara Istiqomah Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor.

Sumber dari Buku:

Ali, Muhammad Daud. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Robbani. Bogor: Marwah Indo Media.

Hasil Wawancara:

Hasil wawancara dengan Key Informant 1 & 2 pada tanggal 16 Desember 2019 pukul 11.15 WIB.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Ridwanulloh, M., Maya, R., & Fachrudin, F. (2020). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPIT KAIFA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 63–71. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.859

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5