UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS V DI SDN SIRNAGALIH 02 KECAMATAN TAMANSARI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Irfandi Irfandi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sujian Suretno Dosen Prodi Manajemen Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.713

Keywords:

usaha, pendidik, membentuk, karakter terpuji

Abstract

Pendidikan merupakan upaya terencana dalam proses pembimbingan bagi individu agar tumbuh berkembang menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak (berkarakter) mulia. Dalam tugasnya seorang pendidik bukan hanya mentransfer ilmu kepada siswa tetapi juga mengarahkan dan membetuk akhlak yang baik. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian di antaranya: (a) kondisi akhlakul karimah siswa Kelas V SDN Sirnagalih 02 cukup baik, (b) upaya penanaman akhlakul karimah oleh guru PAI dan budi pekerti sudah cukup baik, (c) faktor pendukung penanaman akhlakul karimah sudah diarahkan untuk mendukung upaya guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah, (d) faktor penghambat penanaman akhlakul karimah, yakni pada sarana dan prasarana yang belum ideal, kompetensi guru yang harus ditingkatkan dan letak peraturan sekolah yang belum ideal, (e) solus yang dilakukan dengan memaksimalkan fungsi dan kegunaan sarana dan prasarana, meningkatkan kompetensi guru serta memperbaiki kondisi dan letak peraturan sekolah.

References

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Sahnan, A. (2019). Multiple Intellegenci dalam Pembelajaran PAI (Al-Quran Hadits SD/MI). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Pendidik Madrasah Ibtidaiyah.

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga dalam pendidikan Anak: Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(03).

Harahap, R.L. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di Mts Swasta Al-Ulum. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sumatra Utara Medan.

Azzahra, H.I.R. (2018). Konsep Guru Menurut Ahmad Tafsir: Kontribusinya terhadap Pendidikan di Indonesia. Skripsi. Fakultaf Agama Islam Prodi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Suyani. (2010). Upaya Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi. Fakultas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Safrudin. (2010). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Siswa SMA Islam Kepanjen Kabupatem Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sumber dari Buku

Hamalik, O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khalid, A. (2014). Semua Akhlak Nabi S.A.W. Solo: Aqwam.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Nugraha, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Rauf, A.A.A. (2019). Al-Quran Hafalan Mudah Terjemahan dan Tajwid Warna. Bandung: Cordoba.

Sani, R.A. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugono, D. dkk. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daradjat, Z. dkk. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumber dari Website

Http://www. Djpp. Depkumham. Go. Id diakses pada 14 Juli 2019 pukul 08:00 WIB.

Hasil Wawancara

Hasil wawancara tidak langsung dengan YS pada Sabtu 30 November 2019 pukul 10:47 WIB.

Wawancara langsung dengan FRF lima pada Senin 2 Desember 2019 Pukul 10:15 WIB.

Wawancara tidak langsung dengan R pada Sabtu 30 November 2019.

Downloads

Published

2020-03-02

How to Cite

Irfandi, I., Wahidin, U., & Suretno, S. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS V DI SDN SIRNAGALIH 02 KECAMATAN TAMANSARI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 79–91. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.713

Citation Check